Sukses

Brasil Juara Piala Dunia U-17 2019, di Mana Talenta Selecao Muda Sekarang?

Piala Dunia U-17 2023 berlangsung di Indonesia, 10 November hingga 2 Desember mendatang. Ajang ini jadi panggung utama talenta-talenta muda terbaik dari seluruh penjuru muka bumi untuk unjuk gigi.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia U-17 2023 berlangsung di Indonesia, 10 November hingga 2 Desember mendatang. Ajang ini jadi panggung utama talenta-talenta muda terbaik dari seluruh penjuru muka bumi untuk unjuk gigi.

Dari 18 edisi sebelumnya, Piala Dunia U-17 sudah melahirkan pemain yang kemudian memiliki karier mentereng. Sebut saja Luis Figo, Alessandro Del Piero, Carlos Tevez, Cesc Fabregas, Neymar, hingga Phil Foden. Beberapa dari mereka bahkan sukses menjadi juara di ajang ini.

Brasil merupakan pemenang terakhir Piala Dunia U-17. Selecao muda berjaya di depan pendukung sendiri pada edisi 2019 untuk membawa pulang gelar keempat sepanjang sejarah. Torehan tersebut sekaligus membantu Brasil U-17 mendekati Nigeria (5) sebagai kolektor trofi terbanyak.

Lalu, di mana anggota skuad Brasil sekarang setelah empat tahun berlalu?

Gabriel Veron adalah bintang utama Brasil kala menjuarai Piala Dunia U-17 2019. Kinerja impresif pada turnamen tersebut membuahkan gelar Bola Emas alias pemain terbaik.

Setelah mengikuti Piala Dunia U-17 2019, Veron terus melanjutkan perkembangan bersama Palmeiras. Dia mendapat transfer ke Eropa ketika raksasa Portugal FC Porto meminangnya tahun 2022.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Striker Brasil U-17 Dipinang Raksasa Italia Juventus

Kaio Jorge adalah pemuda lain yang cemerlang bersama Brasil di 2019. Catatan lima gol dan satu assist membuatnya merebut Sepatu Perunggu pada persaingan top skor kompetisi. Jorge hanya kalah dari Nathanaël Mbuku (5 gol, 1 assist) dan Sontje Hansen (6 gol, 3 assist).

Seperti Veron, Jorge melanjutkan pendidikan di klub lokal yakni Santos. Dia kemudian dipinang klub besar Italia Juventus pada 2021. Sulit mendapat waktu bermain di Turin, Jorge tengah dipinjamkan ke Frosinone untuk melanjutkan perkembangan.

Bintang terakhir Brasil di Piala Dunia U-17 2019 adalah kiper Matheus Donelli. Cuma kemasukan enam gol dari tujuh laga menuju gelar juara membantunya merebut penghargaan Sarung Tangan Emas.

Namun, capaiannya tersebut belum membuahkan transfer ke klub Eropa. Dia masih membela Corinthians.

3 dari 3 halaman

Juara Piala Dunia U-17 2019 Gagal Lahirkan Bintang?

Secara garis besar, tidak ada juara Piala Dunia U-17 2019 yang sukses menggebrak panggung senior sepak bola. Jorge punya CV terbaik karena membela Juventus, tapi peminjamannya ke Frosinone menunjukkan jalan terjal masih menanti.

Sedangkan mayoritas anggota skuad Brasil U-17 tahun 2019 masih berkarier di kampung halaman. Bahkan belum ada yang dipercaya membela timnas senior.

Meski waktu mereka masih panjang, dengan rata-rata pemain masih berumur 21 tahun, anggota skuad Piala Dunia U-17 2019 semestinya kini sudah sering jadi berita utama jika benar-benar memiliki kemampuan istimewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.