Sukses

Erik ten Hag Pusing Tujuh Keliling, Asisten Kepercayaannya di Manchester United Berpotensi Dibajak Ajax

Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag nampaknya tak henti-henti menghadapi tantangan pada awal musim 2023/2024. Juru taktik berkepala plontos juga berpotensi kehilangan asistennya Mitchell van der Gaag yang diincar menjadi pelatih kepala Ajax Amsterdam.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag nampaknya tak henti-henti menghadapi tantangan pada awal musim 2023/2024.

Usai menorehkan sejumlah catatan buruk di ajang Liga Inggris dan Liga Champions serta dilanda badai cedera, juru taktik berkepala plontos juga berpotensi kehilangan asistennya Mitchell van der Gaag yang diincar menjadi pelatih kepala Ajax Amsterdam.

Sekadar informasi, Van der Gaag sejatinya baru saja diboyong Erik ten Hag ke Old Trafford pada musim panas lalu. Ia mengikuti jejak pelatih MU dengan memutuskan hijrah dari klub Belanda demi menukangi raksasa Premier League.

Sayangnya, laporan Metro mengeklaim kekacauan yang tengah terjadi di Ajax Amsterdam berpeluang memaksa pihak klub menawarkan jalan pulang kepada Van der Gaag.

De Godenzonen diprediksi akan memburu pelatih anyar menyusul serangkaian hasil negatif yang membuat mereka saat ini terjerembap di urutan 16 klasemen sementara Eredivisie, serta baru mengumpulkan 5 poin dari 6 pertandingan pembuka yang dilakoni.

De Telegraaf menyebut Erik ten Hag sangat ingin mempertahankan Van der Gaag dalam struktur kepelatihannya di Manchester United. Masuknya sang asisten dalam daftar incaran Ajax sebagai juru taktik baru tim pun tak dapat dimungkiri menjadi pukulan besar bagi manajer Setan Merah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajax Sudah Beberapa Kali Ganti Pelatih

Adapun Ajax sendiri sebenarnya sudah beberapa kali ganti pelatih pasca kepergian Erik ten Hag ke Manchester United. Pihak klub semula menunjuk Alfred Schreuder sebagai pelatih kepala anyar tahun lalu guna mengisi tempat yang ditinggalkan Ten Hag.

Sayangnya, karier Schreuder bersama Ajax Amsterdam tak bertahan lama, dengan dia meninggalkan jabatannya pada Januari menyusul capaian mengecewakan di awal musim.

Mantan bek Everton John Heitinga lantas mengambil alih kendali di kursi panas klub hingga akhir musim. Namun, kinerjanya juga boleh dikata kurang memuaskan, mengingat Ajax untuk pertama kalinya gagal dibawa lolos ke Liga Champions sejak 2009 silam.

Maurice Steijn pun gantian menduduki kursi manajer Ajax setelah dirinya mendapat kontrak tiga tahun pada Juni. Akan tetapi, Metro mengeklaim posisinya saat ini kembali diragukan akibat hasil buruk yang didapat anak-anak asuhnya di awal musim 2023/2024.

3 dari 4 halaman

Perekrutan Van der Gaag Masih Belum Pasti

Kendati demikian, Erik ten Hag nampaknya tak perlu buru-buru panik kehilangan asisten kepercayaannya dalam waktu dekat. Kabar menyebut upaya perekrutan Van der Gaag oleh Ajax belum 100 persen bakal terlaksana menyusul adanya sosok baru di balik layar klub.

Mengutip pemberitaan Metro, adalah Jan van Halst yang semula berencana memasukkan nama Van der Gaag sebagai calon pengganti potensial Steijn di Ajax Amsterdam.

Akan tetapi kedatangan eks pelatih MU Louis van Gaal berpotensi mengubah ketertarikan tersebut. Pria berusia 72 tahun baru-baru ini memang mendapat kepercayaan untuk menjadi penasihat klub bersama Michael van Praag dan Leo van Wijk.

Kabar menyebut belum diketahui apakah mantan juru taktik Timnas Belanda bakal tetap mendukung langkah perekrutan Mitchell van der Gaag sebagai calon pelatih baru untuk menggantikan Maurice Steijn di Amsterdam.

Apabila dia menemukan kandidat potensial lain, Erik ten Hag nampaknya tak perlu patah hati lantaran ditinggalkan tangan kanannya di tengah situasi Manchester United yang juga tidak menentu.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.