Sukses

Jadi Gelandang saat Lawan Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Sandy Walsh Masih Perlu Banyak Belajar

Sandy Walsh ditempatkan sebagai gelandang saat Timnas Indonesia menjamu Brunei Darussalam di leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (12/10/2023). Pelatih Shin Tae-yong mengakui masih banyak kekurangan dalam penampilannya di laga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia baru saja melakoni laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda sukses memetik kemenangan besar 6-0 kala menjamu Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Penampilan Shin Tae-yong bersama anak-anak asuhnya sontak mencuri perhatian di laga tersebut. Bukan cuma karena torehan gol yang signifikan, pelatih asal Korea Selatan juga disorot berkat keberaniannya melakukan eksperimen dengan menurunkan debutan Hokky Caraka sebagai starter hingga menempatkan bek naturalisasi Sandy Walsh menjadi gelandang.

Sekadar informasi, Sandy Walsh sebenarnya berperan menempati pos bek kanan kala membela klubnya KV Mechelen. Namun, pelatih Timnas Indonesia berani mendorong sang pemain beroperasi di tempat berbeda, bahkan membiarkannya tampil penuh waktu sejak menit pertama kala menjamu Brunei Darssalam di SUGBK.

Shin Tae-yong menjelaskan siasat ini diambilnya setelah menimbang potensi Indonesia bertemu tim-tim kuat lain di masa mendatang. Ia hendak mengasah kemampuan Sandy yang konon pernah menempati posisi gelandang 10 tahun silam, sebagai antisipasi jika bertemu lawan lebih tangguh.

"Sandy memang di tim posisinya sebagai full-back kanan, dan saya memang mencoba menjadikan dia sebagai gelandang karena (antisipasi) ketika kita bertemu dengan lawan yang lebih kuat daripada kita, itu yang saya pikirkan," papar Shin Tae-yong selepas melihat performa Sandy Walsh di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

STY Sebut Sandy Walsh Masih Banyak Kekurangan

Kendati membiarkan Sandy Walsh bermain penuh waktu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam, Shin Tae-yong menilai sang pemain masih punya banyak kekurangan saat beroperasi sebagai gelandang.

Juru taktik asal Korea Selatan pun berharap Sandy Walsh dapat terus mengasah potensinya dan tampil lebih bail lagi di pertandingan mendatang.

"Posisi Sandy tadi (sebagai gelandang memang pernah dia mainkan, tetapi itu 10 tahun lalu. Kalau saya lihat memang masih banyak kekurangan," ujar STY dalam konferensi pers pasca pertandingan, Kamis (12/10/2023) malam WIB

"Saya berharap dia bisa tunjukkan yang lebih baik lagi seteleah ini," tambah sosok yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

3 dari 4 halaman

Sandy Walsh Legawa Dimainkan di Posisi Berbeda

Di sisi lain, Sandy Walsh juga sempat buka suara menanggap posisinya yang dimainkan sebagai gelandang dalam laga melawan Brunei Darussalam.

Ia menggarisbawahi adanya perbedaan pos yang ia tempati di Timnas Indonesia dari laga FIFA Matchday melawan Turkmenistan hingga Kualifikasi Piaal Dunia 2026.

Walau begitu, Sandy Walsh nampak legawa mengikuti eksperimen Shin Tae-yong. Dia mengaku siap melakukan apa pun demi membantu Timnas Indonesia.

"Perasaan saya sangat bagus, saya sudah menunggu momen ini selama bertahun-tahun, kami juga bisa meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia dan dapat clean sheet, jadi saya senang," tutur Sandy Walsh saat ditemui awak media di mixed zone SUGBK selepas laga.

"Saya ke sini bermain untuk Timnas Indonesia. Waktu lawan Turkmenistan saya bermain sebagai bek tengah dan melawan Brunei saya bermain di posisi gelandang bertahan. Saya siap melalukan apapun untuk timnas demi membantu tim ini bertumbuh," tambah dia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 2 Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Adapun setelah Timnas Indonesia bakal gantian bertandang ke markas Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 leg kedua. Simak jadwalnya berikut ini. 

Selasa, 17 Oktober 2023

19.15 WIB: Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

Stadion Sultan Hassanal Bolkiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.