Sukses

Manchester United Salah Ganti David De Gea dengan Andre Onana

Ben Foster menilai Manchester United telah melakukan kesalahan dengan mengganti David de Gea dengan Andre Onana pada musim panas ini.

Liputan6.com, Jakarta - David de Gea meninggalkan Old Trafford dengan status bebas transfer pada musim panas lalu. Kerena, kontrak kiper asal Spanyol tersebut tidak diperpanjang Manchester United.

MU kemudian mendatangkan Andre Onana dari Inter Milan untuk menggantikan De Gea. Namun, kiper Kamerun itu mengalami awal yang sulit di musim baru.

Andre Onana telah kebobolan 19 gol dalam 11 penampilan dan hanya mencatatkan tiga clean sheet. Ben Foster pun mengkritik keputusan Setan Merah mengganti De Gea dengan Onana.

"Ya, tanpa diragukan lagi itu adalah kesalahan (mengganti De Gea dengan Onana) yang tidak perlu terjadi," kata mantan kiper Man Utd itu seperti dikutip Sportskeeda.

"Ini seperti yang terjadi di Arsenal dengan Raya. Hal itu tidak perlu terjadi. Itu adalah posisi yang sudah ditetapkan, sudah diurutkan. Biarkan saja apa adanya.

Ben Foster melanjutkan: "Apakah menurut Anda kita akan kembali ke masa keemasan di mana penjaga gawang hanya menghentikan bola masuk ke gawang, padahal itu adalah hal terpenting yang diinginkan para manajer? Itu akan luar biasa."

David de Gea belum menandatangani kontrak dengan klub berikutnya dan masih tersedia sebagai agen bebas. Tetapi, dia hanya dapat didaftarkan ketika jendela transfer dibuka kembali pada Januari 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peter Schmeichel Semprot Andre Onana

Andre Onana juga mendapat sortan tajam dari Peter Schmeichel saat Manchester United mengalahkan Brentford 2-1 di Liga Inggris, Sabtu (7/10) lalu. Menurutnya, kiper Kamerun tersebut sudah kehilangan kepercayaan dari rekan-rekannya usai berulang-ulang melakukan kesalahan.

Schmeichel menyoroti ketidakmampuan Onana dalam menghalau tembakan pemain Brentford Matthias Jansen. "Kiper MU belum jago betul mengatasi tembakan seperti itu," kata Schmeichel, saksi sejarah MU saat meraih treble winners di 1999 seperti dikutip Metro.

Sebagai kiper, Schmeichel heran dengan teknik yang dipakai Onana saat menjaga gawang MU. Menurut pria Denmark itu, teknik tersebut tidak lazim.

"Tangannya naik ke atas saat akan turun ke bawah. Sebagai seorang kiper, Anda akan mencoba meluncur ke arah bola, Anda tak akan menggerakkan tangan ke atas saat akan menjatuhkan badan," kata Schmeichel.

"Kita lihat kesalahan yang sama saat melawan Bayern Munchen dan saya memperhatikan hal yang sama. Dia sering mengangkat tangan daripada langsung meluncur ke bawah untuk menghalau bola," dia menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Manchester United Diminta Cari Pengganti Andre Onana

Chris Sutton menyarankan Manchester United untuk segera mencari pengganti Andre Onana di jendela transfer mendatang. Menurutnya, kiper Kamerun itu sudah banyak melakukan blunder yang berbuntut pada bobolnya gawang MU.

"Saya pikir dia (memiliki permainan) yang di bawah De Gea. Saya benar-benar merasa begitu. Saya sudah cukup melihat dia. Apakah dia lebih baik dari De Gea dengan kakinya? Mungkin, (tetapi) hanya itu," ujar Sutton.

"Saya lebih tertarik dia menjaga bola tetap di luar gawang, dan saya pikir dia membuat banyak blunder musim ini. Banyak kesalahan (dalam) menjaga gawang."

"Anda lihat pertandingan melawan Bayern Munchen, ada beberapa kesalahan (yang dibuat Onana), dan bahkan pertandingan pekan ini (melawan Galatasaray)," ujar eks pemain Chelsea dan Aston Villa itu.

4 dari 4 halaman

Peringkat Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Andre Onana

  • Berita Bola