Sukses

Dilirik Suwon FC, Pratama Arhan Dapat Restu Shin Tae-yong ke Liga Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi respons soal rumor keterkaitan anak asuhnya, Pratama Arhan, dengan klub divisi sepak bola teratas Korea Selatan, K League 1, Suwon FC.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi respons soal rumor keterkaitan anak asuhnya, Pratama Arhan, dengan klub divisi sepak bola teratas Korea Selatan, K League 1, Suwon FC.

Juru taktik berusia 52 tahun itu menilai eks bintang PSIS Semarang bakal lebih cocok main di negeri ginseng ketimbang berkarier di Liga Jepang.

Sebagaimana diketahui, nama Pratama Arhan belakangan ini cukup santer dikaitkan dengan kampung halaman Shin Tae-yong.

Kabar kepindahan ini menyeruak usai media Korea, Chosun, memberi laporan terkait upaya penandatanganan sang pemain oleh Suwon FC.

Mengutip pemberitaan media tersebut pada 26 September, Pratama Arhan memang berpotensi menjadi rekrutan pertama Suwon FC yang berasal dari Asia Tenggara.

Pihak klub kabarnya telah mencapai kesepakatan terkait hal ini dan berencana memindahkan penggawa Timnas Indonesia dengan status bebas transfer usai kontraknya di Tokyo Verdy berakhir pada Januari 2024.

"Pada 26 (September), seorang pejabat yang mengetahui bursa transfer K-League mengungkap bahwa Suwon FC nyaris merekrut pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan. Kesepakatan telah dicapai dengan pihak Arhan, yang menyandang status bebas transfer, dan detailnya akan diumumkan segera setelah diselesaikan," tulis Chosun dalam laporannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Setuju Pratama Arhan ke Liga Korea Selatan

Shin Tae-yong yang menyadari keterkaitan Arhan dengan Suwon FC pun turut memberi komentar mengenai hal ini. Juru taktik Timnas Indonesia setuju jika Arhan melanjutkan karier di Liga Korea Selatan lantaran dinilai lebih cocok dibanding Liga Jepang.

Kendati begitu, Shin Tae-yong hingga kini belum mendapat pembaruan terkait progres transfer Arhan menuju Suwon FC. Ia mengaku tidak tahu-menahu apakah sang pemain sudah memperoleh kontrak dari Suwon FC atau belu.

"Memang tim Suwon FC itu tim yang sangat baik, dan (kalau) Arhan datang ke Korea, menurut saya lebih cocok di Korea daripada Liga Jepang," ujar Shin Tae-yong saat ditanyai awak media di Lapangan A Kompleks GBK Senayan, Senin (9/10/2023) malam.

"Akan tetapi, saya sampai sekarang belum tahu mengenai (apakah Arhan) sudah dikontrak apa belum," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Pratama Arhan Ogah Beri Komentar

Sementara itu di kesempatan berbeda, Pratama Arhan juga sempat dimintai keterangan soal rumor transfernya menuju klub Liga Korea Selatan. Sayangnya, pemain berusia 21 tahun enggan memberi konfirmasi mengenai hal ini.

"Saya tidak bisa jawab pertanyaan itu (soal transfer ke Korea Selatan)," tegas Arhan saat ditemui awak media termasuk Liputan6.com di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Senin (9/10/2023) siang WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.