Sukses

Meriahkan MotoGP Mandalika 2023, Para Pembalap Bakal Pawai di Kota Mataram

Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 akan berlangsung di Pertamina International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 atau MotoGP Mandalika yang akan berlangsung di Pertamina International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023 akan dimulai dengan serangkaian kegiatan yang melibatkan para pembalap dan masyarakat lokal.

Salah satunya adalah Riders' Parade yang akan diselenggarakan pada Rabu, 11 Oktober 2023. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggelar parade di Jakarta, kali ini kegiatan tersebut akan diadakan langsung di Mataram, Lombok.

Kota Mataram akan menjadi lokasi di mana parade ini diselenggarakan, memberikan peluang kepada penduduk Lombok untuk berinteraksi secara langsung dengan para pembalap. 

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA), Priandhi Satria, menyatakan, “Pawai yang diadakan di Mataram ini akan menjadi suguhan yang menarik bagi masyarakat lokal yang sejak tahun lalu telah turut mensukseskan MotoGP Mandalika," ucapnya.

Pawai akan berlangsung di pusat Kota Mataram, dimulai dari Kantor Polda NTB dan berakhir di Kantor Gubernur NTB. Penggemar dapat berinteraksi langsung dengan para pembalap saat parade dimulai pukul 12:30 WITA.

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat lokal, khususnya di Kota Mataram, untuk bisa menyapa langsung para riders yang akan berlaga di MotoGP Mandalika 2023," tuturnya.

Ia juga menyatakan bahwa pertimbangan untuk mengubah lokasi parade sebagai bagian yang membedakan acara dari tahun sebelumnya, yang diadakan di ibu kota negara, dan bahwa parade tahun ini akan menjadi bagian dari ibu kota NTB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terdapat Aktivitas Pembersihan Pantai Serta Penanaman Terumbu Karang.

Pawai pembalap Indonesian GP 2023 akan melalui rute termasuk Jalan Langko dan Jalan Pejanggik. Selain Riders' Parade, penyelenggara juga mengundang pembalap untuk ikut serta dalam program membersihkan pantai dan menanam terumbu karang (coral planting). Kegiatan ini akan diselenggarakan di Pantai Kuta Mandalika pada tanggal 12 Oktober 2023.

“Dengan mengajak para riders untuk berpartisipasi, kami rasa ini bisa jadi pesan kuat bahwa kegiatan Indonesian GP 2023 memiliki tanggung jawab juga bagi masyarakat sekitar dan lingkungan,” kata Priandhi.

3 dari 3 halaman

Presiden RI, Joko Widodo Direncanakan Hadir

Di samping pawai dan penanaman terumbu karang yang melibatkan para pembalap, rangkaian acara Indonesian GP 2023 juga akan menghadirkan upacara pembukaan yang dapat dinikmati oleh seluruh penonton, dengan rencana kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Opening ceremony Indonesian GP 2023 akan menampilkan berbagai pertunjukan yang dimulai dengan penyanyian Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Finalis America's Got Talent, Putri Ariani.

Acara pembukaan ini juga akan menampilkan musik instrumen tradisional Lombok, yaitu Gendang Beleq, serta pertunjukan seni dan permainan tradisional dari Desa Sade, Tari Gandrung. Selain itu, akan ada pertunjukan mode yang menampilkan baju tradisional dari 38 provinsi.

Selain itu, penonton Indonesian GP 2023 juga akan disuguhi pertunjukan spektakuler Jupiter Jet Show oleh Tim Jupiter Aerobatic Show Pesawat TNI AU yang akan memamerkan keterampilan mereka di atas Sirkuit Mandalika.

Pertunjukan ini diharapkan akan menghidupkan semangat penonton, sebagaimana yang terjadi pada Jupiter Jet Show di Indonesian GP tahun 2022 sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini