Sukses

Dari Fisik hingga Taktik, Elkan Baggot Ungkap Perkembangan Timnas Indonesia di Bawah Asuhan Shin Tae-yong

Bintang Timnas Indonesia Elkan Baggott mengungkap perkembangan Skuad Garuda di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong. Menurut dia, pelatih asal Korea Selatan berjasa dalam meningkatkan kualitas fisik pemain Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bintang Timnas Indonesia Elkan Baggott mengungkap perkembangan Skuad Garuda di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong. Menurut dia, pelatih asal Korea Selatan berjasa dalam meningkatkan kualitas fisik dan pemahaman taktik pemain Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, Elkan Baggott dan STY memang tiba pada waktu yang hampir bersamaan di Timnas Indonesia. Pemain Ipswich Town itu pertama kali dipanggil ke kelompok umur U-19 pada pertengahan 2020, beberapa bulan sejak Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Skuad Garuda.

Di bawah asuhan eks juru taktik Timnas Korea Selatan, Elkan Baggott berkembang menjadi salah satu andalan lini belakang Skuad Garuda. Ia juga kerap dipanggil untuk melakoni laga-laga internasional penting, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang segera dihelat pada 12 dan 17 Oktober mendatang.

Elkan Baggott pun mengeklaim dirinya sudah melihat perkembangan Timnas Indonesia sejak ditangani pelatih STY. Menurut dia, mayoritas penggawa Skuad Garuda saat ini memiliki kondisi fisik yang lebih baik serta didukung dengan pemahaman taktis mumpuni.

"Ketika saya pertama kali bergabung (dengan Timnas Indonesia), saya pikir itu juga tahun pertama Coach Shin di sini. Saya sudah melihat performa Timnas Indonesia sejak saat itu, dan kami banyak berubah," ujar Elkan saat ditemui awak media di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (9/10/2023).

"Sekarang semua pemain secara fisik berada di kondisi yang lebih baik. Kami juga punya pemahaman taktis yang baik tentang bagaimana cara bermain yang diinginkan pelatih. Makin banyak waktu yang kami habiskan (bersama timnas), makin baik pemahaman kami soal taktik (Shin Tae-yong)," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Jika menilik kiprah Shin Tae-yong selama menangani Timnas Indonesia, juru taktik asal Korea Selatan memang belum pernah mempersembahkan trofi bagi Skuad Garuda.

Walau begitu, ia terbukti mampu mendongkrak ranking Timnas Indonesia, yang tadinya bercokol di urutan 170-an menjadi naik ke peringkat 147 dunia berdasarkan data situs resmi FIFA hingga Senin, 9 Oktober 2023.

Di samping itu, Shin Tae-yong juga berhasil mengakhir penantian 16 tahun Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023. Skuad Garuda lolos ke putaran final yang digelar awal tahun depan, setelah terakhir kali mencatatkan prestasi serupa pada 2007 silam.

3 dari 3 halaman

Pembuktian Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Kompetisi Piala Asia 2023 pun nantinya bakal menjadi sarana pembuktian bagi Shin Tae-yong. Dengan kontraknya yang hampir berakhir, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjadikan AFC Asian Cup sebagai ajang penentuan masa depan juru taktik asal Korea Selatan di Timnas Indonesia.

"Kan (dengan) coach Shin kita punya komitmen sampai Juni (di Timnas Indonesia). Jadi penilaian saya nanti di Qatar yang (Piala Asia 2023) senior," papar Ketua Umum PSSI saat ditemui awak media di Stadion Madya, GBK, Senayan pada awal September lalu.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong sejatinya cuma diikat kontrak bersama Timnas Indonesia hingga Desember 2023. Akan tetapi, eks pelatih Timnas Korea Selatan masih diminta menukangi Skuad Garuda di Piala Asia 2023 yang dijadwalkan bergulir di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.