Sukses

Rumor Pengganti Marc Marquez Berseliweran di MotoGP Jepang, Kandidatnya Sosok Mengejutkan

Marc Marquez diyakini pasti meninggalkan Repsol Honda pada MotoGP 2024. Maka itu, nama-nama calon pengganti mulai bermunculan saat dia mengikuti balapan di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta MotoGP Jepang sudah berakhir pada akhir pekan kemarin tapi rumor apakah Marc Marquez bertahan atau tidak terus berseliweran. Kali ini bukan soal bertahan atau tidak, tapi kandidat pengganti Marc Marquez di Repsol Honda sudah berhembus di paddock-paddock MotoGP Jepang lalu.

Ada beberapa nama kandidat yang mengejutkan muncul di sela-sela balapan di sirkuit Motegi. Salah satunya yaitu pembalap Moto2 Jake Dixon.

Pembalap yang membela GasGas Aspar Team ini kabarnya jadi kandidat kuat untuk menggantikan Marc Marquez. Rumor ini dihembuskan Neil Hodgson, mantan pembalap MotoGP yang kini jadi pengamat.

"Saya juga mendengar nama Jake Dixon muncul. Ya Jake masih terikat kontrak di Moto2, tapi itulah yang muncul ke permukaan," katanya seperti dikutip crash.

"Apakah ini bakal atau tidak terjadi? Tebakan Anda bakal sebagus tebakan saya. Namun Marquez tinggalkan Honda, itu pasti!"

Jake Dixon tentu menjadi rumor yang paling liar di MotoGP saat ini. Berdasarkan kariernya sejauh ini, Jake Dixon belum pernah gabung tim MotoGP meski sempat dibujuk ke Gresini Ducati musim lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandidat Lain Menurut Neil Hodgson

 

Selain Jaxe Dixon, Neil Hodgson juga membicarakan kandidat lain. Dia mengatakan banyak nama yang kini dikaitkan dengan pengganti Marquez.

"Soal siapa penggati bakal jadi pertanyaan 1 juta dollar dan tak ada yang tahu pasti," kata Hodgson.

"Secara logis, pembalap berpengalaman seperti Johann Zarco mungkin bakal direkrut Honda tapi dia sudah gabung LCR Honda musim depan. Ada juga rumor Iker Lecuona yang tampil cukup baik gantikan Marquez di MotoGP musim ini."

 

3 dari 4 halaman

Jake Dixon Punya Opsi Dikontraknya

 

Sementara itu, Jake Dixon memang baru saja teken kontrak baru di Moto2. Namun dia meyakini ada opsi dia bisa pindah ke MotoGP kalau ada peluang.

Di luar itu semua, Hodgson menilai Marc Marquez harus memastikan dulu dirinya bakal tinggalkan Repsol Honda.

"Saya yakin 100 persen Marquez pergi. Di seri terakhir nanti, peluangnya pergi itu 70 bandin 30 persen," dia mengatakan.

"Kenapa belum diumumkan? Jangan bingung soal ini, dia punya kontrak hingga musim depan di Honda."

4 dari 4 halaman

Jorge Lorenzo Bocorkan Masa Depan Marquez

Mantan rekan Marquez di Honda, Jorge Lorenzo ikut berspekulasi mengenai manuver juara dunia delapan kali tersebut. Meski begitu, dia memiliki keyakinan Marquez sudah deal untuk tinggalkan Repsol Honda dan gabung Gresini Ducati.

Keputusan Marquez akan diambil di sela-sela balapan di MotoGP Jepang berlangsung. Meski begitu, Lorenzo yakin Marquez sudah mengambil keputusan untuk tinggalkan gaji besar di Honda dan gabung Ducati demi hasil lebih baik.

"Yah, wacana Marquez pindah dari Honda ke Gresini Ducati terus isi kepala saya. Saya pikir sepertinya sudah deal," ujarnya seperti dikutip crash.

"Saya pikir Marquez tak peduli betul dengan uang. Dia hanya peduli agar kompetitif lagi di 2024 dan bakal terbuka untuk lebih kompetitif lagi pada 2025."

Gresini Ducati memang masih menyisakan satu kursi di 2024. Sedangkan tim pabrikan akan membuka satu lowongan di MotoGP 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.