Sukses

Setahun Menuju PON Aceh-Sumut, KONI Pusat Gelar Fun Run dan Hitung Mundur PON XXI 2024

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggelar Fun Run di bilangan Senayan, Jakarta pada Minggu (17/9/2023). Acara ini sekaligus menandai htung mundur satu tahun menuju pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggelar Fun Run di bilangan Senayan, Jakarta pada Minggu (17/9/2023). Acara ini sekaligus menandai htung mundur satu tahun menuju pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Bendera start dikibarkan oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, yang menjadi tanda bagi 2.500 peserta untuk berlari sejauh 5 km

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, dan Pj Gubernur Sumut TB Hassanuddin ambil bagian bersama Ketum KONI Pusat untuk melakukan countdown jelang PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Kehadiran KONI Pusat, Pj Gubernur Aceh dan Pj Gubernur Sumut bukti komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk menyukseskan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut," ujar Dito Ariotedjo dalam acara Fun Run, seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

Adapun gelaran PON edisi ini menjadi kali pertama Pekan Olahraga Nasional digelar di dua provinsi sepanjang sejarah. Marciano Norman selaku Ketum KONI Pusat pun mengharapkan partisipasi seluruh elemen masyarakat guna menyukseskan gelaran PON XXI 2024 Aceh dan Sumut.

"Dukungan masyarakat untuk penyelenggaraan PON sangat besar sekali. Saya harap ini momen baik untuk pelaksanannya nanti yang diikuti 38 provinsi. Ini pekan olahraga pemersatu bangsa," ujar Marciano.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fun Run dan Countdown Pacu Motivasi Tuan Rumah Persiapkan PON 2024

Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menilai acara countdown menuju PON 2024 menjadi pemacu adrenalin pihaknya untuk bekerja keras mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. Ia mengeklaim segala pemantapan menuju PON di Sumatera Utara hingga kini terus berjalan.

"Tentu countdown ini memacu adrenalin kami untuk bekerja lebih keras sebagai tuan rumah PON bersejarah ini," ujar Hassanudin yang hadir dengan didampingi Kadispora Baharuddin Siagian, Kadisinfo Ilyas Sitorus dan Ketua KONI Provinsi Sumut John Lubis.

"Kami terus melakukan berbagai persiapan di semua sektor, karena kami serius ingin menuai sukses sebagai penyelenggara maupun prestasi. Sejauh ini pembangunan infrastruktur juga berjalan sesuai rencana. Kami telah meminta PB PON Sumut beserta panitia daerah untuk bekerja keras," papar Hassanudin.

Hal senada dilontarkan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki. Dia menyebut Fun Run Hitung Mundur PON yang diprakarsai KONI Pusat telah memacu semangat untuk bekerja maksimal jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional.

"Countdown ini mengingatkan kami bahwa PON XXI semakin dekat. Kami pun terpacu untuk bekerja maksimal. Aceh akam menggelar 32 cabor dan sudah siap semua," tandas Achmad Marzuki.

3 dari 3 halaman

Website Resmi PON 2024 Diluncurkan

Tak hanya melalui fun run serta acara hitung mundur, suasana penyelenggaraan PON 2024 juga mulai terasa berkat diluncurkannya website resmi setahun jelang pelaksanaan event.

Situs ini nantinya diharapkan dapat menjadi jendela informasi mengenai para atlet yang berlomba untuk menorehkan perstasi dalam perhelatan PON XXI Aceh-Sumut tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.