Sukses

5 Skandal Manchester United yang Mengguncang Dunia

Ini lima skandal yang pernah menyeret pemain Manchester United yang mengguncang dunia.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United telah diguncang oleh serangkaian kontroversi dan skandal selama bertahun-tahun. Sebagai salah satu klub terbesar dan tersukses di dunia, tidak jarang MU selalu menjadi headline pemberitaan di berbagai media di pelosok dunia.

Dari semua pemberitaan positif atas penampilan mereka di lapangan, ada pula pemberitaan negatif terkait kontroversi dan skandal yang ada di dalamnya.

Mulai dari dengan sepatu terbang, tendangan kung-fu, dan tekel yang mengakhiri karier hingga skandal kekerasan terhadap wanita. Berikut,intip 5 Kontroversi dan Skandal yang Mengguncang Manchester United

Antony

Yang terbaru adalah kasus Antony. Pemain asa Brasi itu tersandung dugaan kasus kekerasan terhadap tiga wanita sekaligus. Salah satu tuduhan kekerasan bahkan berasal dari mantan pacarnya, Gabriela Cavallin.

Seorang influencer dan mahasiswa hukum, Rayssa de Freitas juga turut mengajukan laporan polisi terhadap Antony pada Mei 2022 lalu.

Melalui tuduhan tersebut, diketahui ia menderita luka dari insiden yang melibatkan Antony dan wanita lain setelah keluar malam di Sao Paulo.

Melansir dari CBS Sports, saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas tuduhan pada pemain berusia 23 tahun tersebut.Adapun Antony juga telah dikeluarkan dari skuad Brasil setelah tuduhan tersebut.

Baru-baru ini, Manchester United merilis berita terbaru terkait kasus yang dialami Antony. Pihak MU mengakui tuduhan yang dilayangkan kepada Antony dan memutuskan untuk menunda kepulangan Antony ke Old Trafforf sampai ada pemberitahuan lanjut.

 

"Manchester United mengakui tuduhan yang dilayangkan terhadap Antony. Pemain yang belum berpartisipasi dalam pertandingan internasional akan kembali berlatih pada hari Senin. Namun, Antony telah sepakat bahwa dia akan menunda kepulangannya hingga pemberitahuan lebih lanjut untuk mengatasi tuduhan tersebut," jelas keterangan resmi MU.

Adapun pihak MU juga menegaskan jika klub ini mengutuk keras tindakan kekerasan dan pelecehan. Manchester United juga menyadari perlindungan bagi para pihak yang terlibat terutama dampaknya.

"Sebagai klub kami mengutuk tindakan kekerasan dan pelecehan. Kami menyadari pentingnya melindungi semua pihak yang terlibat dalam situasi ini, dan mengakui dampak tuduhan ini terhadap para penyintas pelecehan," ungkap manajemen klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Paul Pogba

Pada tahun 2009, Manchester United berada di tengah badai ketika mereka merekrut Paul Pogba dari Le Havre. Klub Prancis tersebut menuduh United membayar "jumlah yang sangat besar" kepada orang tua sang gelandang untuk memikatnya ke Old Trafford.

Pogba, yang saat itu berusia 16 tahun, pada saat itu masih terikat kontrak dengan Le Havre namun para pejabat klub mengklaim bahwa orang tua sang pemain menolak untuk menepati perjanjian tersebut sehingga mereka malah bisa mendorong transfer putra mereka ke Old Trafford.

United bereaksi keras terhadap tuduhan tersebut, mengancam akan menuntut klub Prancis dan bersikeras bahwa semuanya dilakukan sesuai pedoman UEFA.

Perselisihan tersebut akhirnya diselesaikan oleh hakim yang ditunjuk FIFA yang membersihkan Setan Merah dari segala kesalahan dan memutuskan bahwa Le Havre tidak bisa mencapai kesepakatan bagi Pogba untuk menandatangani kontrak profesional seperti yang mereka klaim.

Pogba kemudian bermain untuk United selama tiga tahun tetapi kesulitan untuk masuk ke tim utama dan dijual ke Juventus pada tahun 2012, di mana ia menjadi salah satu pesepakbola muda terbaik Eropa.

3 dari 5 halaman

Wayne Rooney

Manchester United dua kali diguncang oleh klaim bahwa striker bintang mereka Wayne Rooney ingin keluar dari klub. Insiden pertama terjadi pada tahun 2010 ketika mantan pemain Everton itu menolak menandatangani kontrak baru di Old Trafford, dengan alasan kurangnya ambisi klub, sementara hubungannya dengan manajer Sir Alex Ferguson rapuh.

Namun, dua hari kemudian, dia kemudian membatalkan klaim tersebut dan menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun untuk bertahan. Insiden kedua terjadi tahun lalu, ketika Rooney kembali berselisih dengan Ferguson dan mengeluh karena dimainkan di luar posisinya.

Sang penyerang terkenal mengatakan bahwa dia merasa "marah dan bingung" dengan posisinya di klub, dan Ferguson tampaknya lebih memilih Robin van Persie sebagai striker utamanya.

Rumor menyebutkan dia akan menyerahkan permintaan transfer, namun ditolak Rooney - meskipun Ferguson bersikeras bahwa pemain tersebut telah meminta untuk pergi.

Perselisihan ini diselesaikan dengan pensiunnya Ferguson musim panas itu dan penunjukan David Moyes sebagai penggantinya, yang mengelola Rooney selama hari-harinya di Everton dan membantu memadamkan beberapa kebakaran yang timbul dari hubungan buruk sang striker dengan Fergie.

4 dari 5 halaman

Evra Skandal Rasis

Pada Oktober 2011, Manchester United terseret ke dalam skandal rasisme ketika striker Liverpool Luis Suarez melakukan pelecehan rasial terhadap bek Patrice Evra.

Suarez tertangkap kamera mengatakan sesuatu di telinga Evra dan kemudian didakwa oleh FA karena membuat komentar rasis. Insiden tersebut, dan adegan selanjutnya, sangat disesalkan.

FA menghukum Suarez dengan larangan delapan pertandingan setelah menyatakan dia bersalah atas pelecehan tersebut, sementara Liverpool terus mendukung pemain mereka dan mengenakan kaus selama sesi latihan untuk mendukung striker yang dipermalukan tersebut - sebuah tindakan yang mendapat kecaman luas dari dunia sepak bola dan dunia.

Meskipun United adalah pihak yang tidak bersalah dalam kontroversi ini, ini masih merupakan salah satu skandal terbesar yang mengguncang klub, dan mereka tidak ingin dikaitkan lagi dengan hal tersebut.

5 dari 5 halaman

Roy Keane

Pada tanggal 27 September 1997, serangkaian peristiwa terjadi yang diakhiri dengan cedera yang mengakhiri karier Alf-Inge Haaland empat tahun kemudian.

Semuanya dimulai ketika Manchester United menghadapi rival sengitnya di Yorkshire, Leeds. Keane, yang menjadi kapten Setan Merah pada saat itu, terlibat dalam serangkaian perselisihan dengan Haaland dan sifat buruknya menguasai dirinya.

"Saya mencoba untuk menjegalnya daripada menendangnya. Saya tahu itu mungkin berarti kartu kuning, tapi sial..."

Keane kemudian merenung. Pemain Irlandia itu melakukan pelanggaran terhadap Haaland, tetapi dalam prosesnya, studnya tersangkut di rumput dan mengalami cedera lutut yang serius.

Gelandang itu mendapat kartu kuning saat dia berbaring sujud di tanah sementara Haaland berdiri di dekatnya sambil meneriakkan pelecehan.

Empat tahun kemudian, Keane membalas dendam. Pada tahun 2001, saat Derby Manchester melawan City, sang gelandang mendaratkan pukulannya di tempurung lutut kanan Haaland saat hasil imbang 1-1. 'Aku sudah menunggu cukup lama. Aku memukulnya dengan keras. Bolanya ada di sana (menurut saya). Ambillah itu, c***"

Keane kemudian mengakuinya. Haaland hanya akan bermain 48 menit lagi di sepak bola profesional setelah pelanggaran tersebut, dan karier bermainnya berakhir dengan tekel tersebut.

Insiden itu mencoreng reputasi Keane dan mengaitkan United dengan perilaku premanisme. , dan fakta bahwa salah satu dari mereka dengan sengaja ingin mengakhiri karier rekan profesionalnya hanya memberikan mimpi buruk bagi Setan Merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Antony, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai sayap kanan untuk klub Manchester United dan tim nasional Brasil.
    Antony, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai sayap kanan untuk klub Manchester United dan tim nasional Brasil.

    antony

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU