Sukses

Tembus Kualifikasi 2 MotoGP San Marino, Marc Marquez Ternyata Manfaatkan Dani Pedrosa

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez "mengintil" Dani Pedrosa agar bisa ikut terbawa cepat saat sesi latihan resmi Jumat. Marquez akhirnya berhasil finis di posisi keenam.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez meraih hasil yang di luar dugaan saat mengikuti latihan resmi di MotoGP San Marino di sirkuit Misano, Jumat (8/9/2023). Marquez tak disangka bisa meraih posisi enam sekaligus menyegel tiket lolos langsung ke kualifikasi 2.

Seperti diketahui, pembalap yang menduduki posisi 1-10 pada sesi latihan sore di Jumat bakal lolos langsung ke kualifikasi 2 MotoGP San Marino. Marquez hanya terpaut 0,371 detik dari pembalap terdepan Marco Bezzecchi.

Rupanya, Marquez kembali mengulangi cara lama yang sering digunakannya belakangan ini. Dia mengikuti pembalap tercepat saat sesi latihan dan pilihannya jatuh ke mantan rekannya di Repsol Honda, Dani Pedrosa yang kini jadi pembalap penguji.

Dani Pedrosa yang menjalani wild card kedua musim ini berhasil finis di posisi ketiga dengan jarak waktu 0,255 detik dari pembalap tercepat. Cara ini rupanya berhasil membuat Marquez terbawa cepat.

"Pekan lalu di Montmelo Barcelona, saya tak cari siapapun untuk diikuti karena tak punya peluang lolos kualifikasi dua, jadi saya tak coba," kata Marquez seperti dikutip crash.

"Namun hari ini saya melihat ada peluang dan benar satu-satunya cara melakukan itu ada di belakang pembalap lain, untuk menambah akselerasi. Dan yah saya memilih yang terbaik, Dani Pedrosa. Dia menjajal motor MotoGP dengan cara terbaik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Marc Marquez Ikuti Dani Pedrosa Karena Tak Sengaja

 

Ternyata, Marquez sebelumnya tak pernah sengaja ingin mengikuti pembalap manapun. Namun kesalahan di tikungan satu membuat dia jumpa Pedrosa.

"Sebenarnya saya tidak mentargetkan dia di ban pertama, tapi saya melakukan kesalahan," kata Marquez.

"Saya melebar di tikungan pertama dan dia lalu datang. Saya lalu mengikuti dia dan saya bilang "oke" dia orangnya untuk diikuti dengan ban kedua. Dia membalap dengan cara terbaik."

 

3 dari 5 halaman

Honda Salah Tak Rekrut Dani Pedrosa Jadi Pembalap Penguji?

 

Marc Marquez ditanyai soal mengapa Repsol Honda tak merekrut Dani Pedrosa sebagai pembalap penguji. Padahal Pedrosa adalah legenda di Honda.

"Dani tentu pembalap terbaik untuk menjejal motor Honda dan beri masukan. Tapi buat saya, hal terpenting untuk seorang pembalap penguji adalah teknisinya," ujar Marquez.

"Anda lihat, Aprilia dan Ducati punya pembalap penguji yang biasa saja, tidak seperti Dani Pedrosa. Namun mereka berkembang. Jadi yang paling penting itu teknisi dan bagian pengembangan."

"Seperti yang Anda lihat di sini, Stefan Bradl jadi pembalap penguji dan sekarang banyak muka baru di garasi, teknisi baru, yah Jepang bereaksi dan itu bagus," Marquez menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Marquez Gunakan Dua Setelan Mesin Berbeda

 

Marquez, yang membuat heboh dengan rumor kepindahan ke Gresini Ducati, menggunakan dua setelan mesin berbeda di motor RCV nya pada sesi latihan Jumat.

"Aneh juga karena di Austria, saya pilih setelan mesinnya, di Barcelona Bradl yang pilih, di sini saya lagi yang pilih. Motor Honda lain pilih setelan Bradl tapi di sore hari gunakan setelan saya dan membaik," ujarnya.

Marquez menjadi satu-satunya motor Jepang yang bisa masuk 10 besar. Sedangkan Fabio Quartararo dari Yamaha harus finis di posisi ke-12.

5 dari 5 halaman

Hasil Latihan Resmi Jumat Penentu Kualifikasi 2

Peringkat-Pembalap-Asal-Tim (Motor)

1 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

2 Maverick Vinales SPA Aprilia (RS-GP23)

3 Dani Pedrosa SPA KTM (RC16)

4 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

5 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

6 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

7 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

8 Alex Marquez SPA Ducati Gresini (GP22)

9 Brad Binder RSA KTM (RC16)

10 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)

11 Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)

12 Aleix Espargaro SPA Aprilia (RS-GP23)

13 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

14 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

15 Stefan Bradl GER HRC (RC213V)

16 Michele Pirro ITA Aruba.it Ducati (GP23)

17 Jack Miller AUS KTM (RC16)

18 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

19 Fabio Di Giannantonio ITA Ducati Gresini (GP22)

20 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

21 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

22 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)

23 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

24 Takumi Takahashi JPN LCR Honda (RC213V)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.