Sukses

Timnas Indonesia Hajar Turkmenistan, Terungkap Shin Tae-Yong Pakai 3 Formasi

Shin Tae Yong mengapresiasi kerja keras pemain Timnas Indonesia yang banyak tidak diperkuat pemain inti saat melawan Turkmenistan.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Turkmenistan dengan skor 3-0 pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023). Dua gol Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Pada laga tersebut, kedua tim bermain hati-hati di menit-menit awal. Turkmenistan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang.

Setelah itu, timnas Indonesia menguasai jalannya laga dan mencoba bongkar pertahanan Turkmenistan. Usaha Indonesia berhasil saat Dendy Sulistyawan mencetak gol di menit ke-19 usai manfaatkan umpan Jordi Amat.

Turkmenistan hampir membobol gawang Timnas Indonesia, andai bola tendangan kaki kiri sang kapten, Tagayev Elman tidak melebar tipis di samping kanan gawang Nadeo. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, Egy Maulana Vikri mencetak gol melalui sepakan kaki kiri. Skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong beber strategi yang dipakainya. Terungkap, STY sampai pakai 3 formasi untuk kalahkan Turkmenistan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Shin Tae Yong soal 3 Formasi

 

STY mengungkapkan, babak pertama dirinya menggunakan formasi 3-5-2 dengan tiga pemain bertahan di belakang, kemudian pada babak kedua menggunakan formasi 4-5-1 dan fokus menyerang.

Namun pada menit terakhir, lanjutnya, timnas Indonesia senior menggunakan formasi 3-4-3 dan semua pemain mengikuti instruksinya dengan baik.

"Dari hasil itu kami akhirnya menang. Ada beberapa pemain inti yang harus berada di U-23, jadi pemain saat ini belum lengkap. Apresiasi kepada pemain yang telah bermain baik dan mampu meraih kemenangan malam ini, " kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs PSSI.

 

3 dari 5 halaman

Shin Tae-Yong Puji Nadeo Argawinata

 

Selain itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengapresiasi penjaga gawang Nadeo Argawinata yang cukup banyak melakukan penyelamatan meskipun masih ada kesalahan yang dilakukan.

"Nadeo bermain bagus, dia cukup banyak melakukan save, meskipun melakukan beberapa kesalahan tapi hal itu ditutup dengan penyelamatan yang bagus," katanya.

:Semua pemain yang kami panggil, merupakan pemain yang bermain bagus di klub asalnya, termasuk Nadeo dan Egy, namun jika ada yang bermain tidak baik di klubnya saya tidak akan panggil lagi," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Timnas Indonesia Sudah Bekerja Keras

Sementara itu, Dendy Sulistyawan mengaku kemenangan ini pantas diraih Indonesia. Soalnya, semua pemain sudah bekerja keras dengan melakukan persiapan terbaik.

"Dalam permainan ini semua pemain bermain cukup bagus karena telah bekerja keras semua," katanya.

Ini menjadi kemenangan pertama Indonesia sejak Juni 2023 lalu. Sebelumnya, Indonesia gagal petik poin penuh saat imbang 0-0 lawan Palestina dan Argentina.

Kemenangan terakhir Indonesia diraih saat mengalahkan Burundi 3-1 pada FIFA Matchday Maret 2023 lalu. 

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain Indonesia vs Turkmenistan

Indonesia: Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Alfeandra Dewangga; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Edo Febriansah; Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, Adam Alis

Turkmenistan: Baba Yev Batyr; Annagulyyev Guychmyrat, Bashimov Abdy, Mammedov Tbayym, Soyunov Shihrat; Annatev Myrat, Ballakov Velmyrat, Mingazov Ruslan, Ramurkin Ilya; Tagatev Elman, Tirkishov Shanazar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.