Sukses

Deretan Skandal Seks Memalukan Manchester United: Dari Wayne Rooney hingga Tamu Kehormatan MU

Manchester United tengah tertimpa skandal kekerasan dan pelecehan memalukan akhir-akhir ini. Mengilas balik cerita di masa lampau, ini bukanlah kali pertama Setan Merah kesulitan akibat kasus serupa. Simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United tengah tertimpa skandal memalukan akhir-akhir ini. Sejumlah nama bintang terseret kasus kekerasan dan pelecehan seksual dengan Mason Greenwood dan Antony menjadi salah duanya.

Greenwood, yang sempat masuk skuad Timnas Inggris dan baru hijrah ke Getafe, memang sudah cukup lama dicoret dari skuad utama Setan Merah lantaran dirinya masalah pada awal tahun 2022.

Ia dituduh melakukan kekerasan setelah kekasihnya, Harriet Robson, membeberkan hal tersebut melalui media sosial. Akan tetapi, Crown Prosecution Service belakanaan mencabut dakwaan terhadap Mason Greenwood akibat mundurnya saksi kunci.

Pesepak bola berusia 21 tahun itu bahkan sempat diperkirakan bakal kembali memperkuat skuad Setan Merah, sebelum MU akhirnya memilih untuk mengasingkan dia ke Getafe.

Belum surut pembahasan soal Greenwood, Manchester United kembali dihadapkan dengan kasus yang hampir mirip baru-baru ini. Antony gantian terjerat dugaan kekerasan yang dilayangkan oleh mantan pacarnya.

MU sempat mengeluarkan pernyataan yang mengeklaim pihaknya bakal berupaya menangani kasus dengan serius. Namun, bak jatuh tertimpa tangga, nama Manchester United kembali tercoreng setelah mereka mengundang terpidana pedofil Geoff Konopka sebagai tamu kehormatan.

Mengilas balik cerita di masa lampau, ini bukanlah kali pertama Setan Merah kesulitan akibat skandal berbau kekerasan dan pelecehan seksual. Terdapat sejumlah nama lain yang terseret kasus serupa dan sempat terafiliasi dengan MU di beberapa periode. Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Wayne Rooney

Wayne Rooney merupakan salah satu nama yang cukup populer di kalangan penggemar MU. Ia banyak memberi kontribusi kepada tim lewat performanya di masa-masa kejayaan.

Akan tetapi di balik gemerlap kariernya bersama Setan Merah, Soccer Souls melaporkan Rooney rupanya cukup sering terlibat skandal sejak muda.

Ia bahkan sempat dikabarkan beberapa kali mengunjungi panti pijat plus-plus dan menghabiskan dana 45 poundsterling untuk sekali kunjungan.

3 dari 7 halaman

2. Dwight Yorke

Nama Dwight Yorke juga menjadi sosok yang tak asing bagi para penggemar Manchester United. Meski cuma menghabiskan waktu empat tahun bersama Setan Merah, ia sempat menjelma menjadi pemain andalan MU kala meraih treeblee winner 1998-1999.

Namun, di balik kemilau kariernya, Yorke juga sempat teerlilit skandal seks. Ia bersama kiper Asto Villa Mark Bosnich kedapatan memasang kamera tersembunyi untuk mendokumentasikan aktvitas mereka bersama empat orag wanita.

Soccer Souls mencatat video seks eks pemain MU itu langsung menimbulkan kegemparan, sesaat setelah beredar di publik. Menurut laporan yang sama, rekaman itu ditemukan oleh seorang reporter usai Yorke membuangnya ke tempat sampah.

4 dari 7 halaman

3. Ryan Giggs

Ryan Giggs menjadi salah satu mantan pemain Manchester United dengan skandal paling memalukan. Meski cukup termsyhur di telinga penggemar berkat waktu yang dihabiskannya selama berseragam MU, Giggs rupanya pernah memperdaya adik iparnya sendiri.

Melansir laporan Soccer Souls, Giggs dituduh pernah berselingkuh selama delapan tahu deengan Natasha, wanita yang menjadi istri saudara laki-lakinya. Mantan pemain Setan Merah itu bahkaan diklaim telah membayar biaya aborsi untuk kekasih gelapnya.

5 dari 7 halaman

4. Mason Greenwood

Mason Greeenwood menjadi nama lain yang menambah panjang daftar skandal pemain Manchester United. Seperti disampaikan sebelumnya, pesepak bola asal Inggris itu dituduh telah melakukan kekerasan terhadap mantan kekasihnya Harriet Robson.

Namanya lantas dicoret dari daftar pemain tim utama Manchester United pada awal tahun 2022 dan sempat ditahan oleh pihak berwenang. Akan teetapi, Crown Prosecution Service memilih untuk mencabut dugaaan pada awal Februari 2023.

Setan Merah kemudian mengambil langkah dengan melakukan investigasi internal, sebelum MU memlilih untuk mengasingkan pemain asal Inggris ke Getafe dan tak mengembalikan dia ke skuad utama

6 dari 7 halaman

5. Antony

Seolah tak belajar dari kasus-kasus sebelumnya, Antony menjadi nama pemain Manchester United yang turut terseret skandal. Padahal, pesepak bola aasal Brasil itu sejatinya baru didatangkan dari Ajax pada musim panas 2022.

Antony dituduh melakukan penganiayaan terhadap mantan kekasihnya, Gabriela Cavallin. Pihak klub sendiri megakui bahwa ada tuduhan yang dialamatkan kepada Antony, denga kepolisian saat ini tengah melakukan penyelidikan.

7 dari 7 halaman

6. Geoff Konopka

Berbeda dari skandal-skandal sebelumnya, Geoff Konopka sejatinya bukanlah sosok yang memperkuat Manchester United. Hanya saja, namanya turut menambah panjang daftar kasus Setan Merah setelah ia diundang sebagai tamu kehormatan dalam pertandingan Liga Super Wanita yang dihadiri ribuan anak.

Geoff Konopka sendiri sebenarnya merupakan pelatih tim Manchester United Ladies dari 1983 hingga 2001. Dia dihukum empat tahun penjara pada 2011 dan masuk dalam daftar pelanggar seks selama satu dekade.

Hukuman itu dijatuhkan setelah Konopka diyakinkan atas 19 penyerangan dan tindakan tidak senonoh terhadap anak perempuan di bawah 16 serta 14 tahun. Dia juga masuk dalam daftar suspensi aktif FA, yang membuatnya dilarang bekerja atau melatih tim mana pun.

Meski ada larangan, MU justru memperingatinya dengan menampilkan Konopka dalam sebuah pameran di museum Old Trafford. The Times juga melaporkan bahwa Man Utd sempat membuat artikel online tahun lalu yang memuji terpidana pedofil. Akan tetapi, artikel yang dimaksud telah dihapus pada Selasa (5/9), atau sehari setelah klub dihubungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Mason Greenwood adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang saat ini membela Manchester United
    Mason Greenwood adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang saat ini membela Manchester United

    Mason Greenwood

  • Antony, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai sayap kanan untuk klub Manchester United dan tim nasional Brasil.
    Antony, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai sayap kanan untuk klub Manchester United dan tim nasional Brasil.

    antony

  • Berita Bola