Sukses

Sergio Ramos Kembali Memperkuat Sevilla Setelah 18 Tahun

Sergio Ramos meninggalkan PSG karena kontraknya sudah habis. Dia memilih gabung klub masa kecil yang sudah ditinggalkannya selama 18 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sergio Ramos resmi gabung dengan Sevilla setelah kontraknya dengan Paris Saint-Germain atau PSG habis. Ramos kembali ke klub masa kecilnya yang sudah ditinggalkan selama 18 tahun.

Sevilla mengontrak Sergio Ramos dengan durasi 1 tahun. Dia bakal menghabiskan sisa kariernya di Liga Spanyol meski mendapatkan tawaran mewah dari Arab Saudi dan Galatasaray.

“Sevilla FC telah mencapai kesepakatan untuk penandatanganan Sergio Ramos. Lulusan akademi ini kembali ke klub 18 tahun setelah ia menandatangani kontrak dengan Real Madrid pada tahun 2005, pada usia 19 tahun,” tulis pengumuman resmi klub, Senin.

Lahir di Camas, beberapa kilometer dari pusat kota Sevilla, pada tanggal 30 Maret 1986, Ramos bergabung dengan akademi klub berjuluk Los Nervionenses itu pada usia 7 tahun, dan naik pangkat sebelum melakukan debut tim cadangan pada usia 16 tahun, pada musim 2002/2003.

Musim berikutnya, Joaquin Caparros, pelatih Sevilla saat itu memberi mantan kapten di Real Madrid tersebut debut di tim utama pada 1 Februari 2004 di ajang LALIGA, menggantikan Paco Gallardo dalam laga tandang yang berakhir dengan kekalahan 0-1 melawan Deportivo La Coruna.

Ramos lalu mencatatkan tujuh penampilan pada musim itu, dan dengan cepat menjadi andalan di sebelas pertama. Pada musim 2004/2005, Ramos tampil reguler dengan mencatatkan 41 penampilan di semua ajang dan mencetak 3 gol.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sergio Ramos Berjaya di Real Madrid

 

Pemain yang kini menginjak usia 37 tahun itu kemudian bergabung dengan Real Madrid jelang penutupan transfer musim 2005/2006. Kariernya di klub Ibukota Spanyol itu sangat sukses dimana pada musim pertamanya ia telah tampil 46 kali di semua kompetisi dengan catatan 6 gol.

Secara keseluruhan, memperkuat El Real selama 16 tahun, Ramos mengoleksi 671 penampilan di semua kompetisi dengan 40 gol dan 4 assists, serta mendapatkan 22 trofi termasuk lima gelar LALIGA dan empat Liga Champions.

Karier Ramos di Los Blancos berakhir pada musim panas 2021 dimana ia melanjutkan petualangannya di klub raksasa Prancis PSG yang saat itu membuat gebrakan dengan mendatangkannya bersama Gianluigi Donnarumma, Achraf Hakimi, Georginio Wijnaldum, dan Lionel Messi.

 

3 dari 5 halaman

Statistik Sergio Ramos dengan PSG

 

 

Ramos membuat 58 penampilan di semua ajang untuk klub Ibukota Prancis itu selama dua musim dengan 6 gol dan 1 assist, serta memenangkan tiga piala, 2x Ligue 1 dan Piala Super Prancis.

Pada level internasional, kesuksesan Ramos seperti kariernya di klub. Bek tengah bertinggi 1,84 meter itu memiliki 180 caps bersama timnas Spanyol sejak debutnya pada 26 Maret 2005 di bawah asuhan pelatih Luis Aragones.

Dengan 23 gol dan 8 assists-nya, ia membantu La Furia Roja memenangkan 2x Euro (2008 dan 2012) dan Piala Dunia 2010.

 

 

4 dari 5 halaman

Hari yang Indah untuk Sergio Ramos

Sergio Ramos lebih memilih untuk kembali menuju Sevilla meski diiming-imingi gaji yang fantastis dari Galatasaray dan Al-Ittihad.

"Hari ini merupakan salah satu hari yang sangat spesial bagi saya. Sangat emosional. Saya akhirnya kembali ke rumah (klub Sevilla) dan saya optimistis menatap ke depan untuk setiap momen dimana saya mengenakan lambang klub Sevilla di dada saya kembali," tulis Sergio Ramos dalam laman resmi X, Senin.

Usai mengabdikan diri dengan Real Madrid dengan memperoleh 22 trofi dan berseragam PSG dengan mengantarkan tiga trofi, Sergio Ramos kembali ke Sevilla karena alasan keluarganya yang merupakan penggemar berat Sevilla.

Ramos merupakan pemain asli didikan Los Nervionenses itu memulai debut di tim senior pada Februari tahun 2004 lalu. Satu tahun berselang, Ramos memutuskan untuk menandatangani kontrak dan bergabung dengan Los Blancos.

Saat berseragam Sevilla, pemain berusia 37 tahun itu telah tampil sebanyak 49 pertandingan dan mencetak tiga gol di semua kompetisi.

 

5 dari 5 halaman

Sergio Ramos Reuni dengan Eks Real Madrid

Ramos akan bereuni dengan mantan rekannya di Real Madrid, Mariano Diaz yang sehari lalu juga menandatangani kontrak dengan Sevilla.

Mariano yang berstatus bebas transfer usai tidak diperpanjang kontraknya oleh Real Madrid, memutuskan untuk berlabuh ke Sevilla di hari terakhir bursa transfer musim panas.

"Salah satu penandatanganan telah disetujui oleh LaLiga, Mariano diperbolehkan untuk memperkuat tim utama dan ia akan mengenakan jersei bernomor punggung 12," tulis Sevilla.

Dengan datangnya Sergio Ramos dan Mariano Diaz, diharapkan mampu mengangkat performa dari Sevilla yang saat ini berada di juru kunci LALIGA tanpa sekali pun meraih poin di tiga pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sergio Ramos adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Paris Saint-Germain dan Tim Nasional Spanyol.
    Sergio Ramos adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Paris Saint-Germain dan Tim Nasional Spanyol sebagai bek tengah.

    Sergio Ramos

  • Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol
    Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol

    Sevilla

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • LaLiga

  • Liga Spanyol