Sukses

Peserta Maybank Marathon 2023 Meningkat Pesat, Keamanan dan Keselamatan Jadi Prioritas

Peserta Mybank Marathon 2023 terbagi dalam tiga kategori lomba, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21,0975 km), dan 10K.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 13.600 pelari bakal ambil bagian pada Maybank Marathon 2023. Tahun ini, lomba lari yang telah memasuki edisi ke-12 itu berlangsung di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023). 

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, jumlah peserta meningkat 37 persen bila dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menyusul meningkatnya mobilitas masyarakat memasuki masa endemi COVID-19. 

Peserta Mybank Marathon 2023 terbagi dalam tiga kategori lomba, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21,0975 km), dan 10K. Mayoritas merupakan warga negara Indonesia. Sementara peserta dari luar negeri berasal dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan negara lainnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang ini juga akan melombakan nomor children sprint dan kategori wheelchair. "Kami menyambut positif antusiasme para peserta lari di Maybank Marathon 2023, dan sangat terkesan dengan peningkatan jumlah peserta pada semua kategori pada tahun ini," ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Taswin menambahkan, jumlah peserta tahun ini jadi yang tertinggi sejak Maybank Marathon pertama kali digelar pada 2012 lalu. "Di lain sisi, peningkatan jumlah peserta ini juga mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olah raga atletik, khususnya marathon, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olah raga lari,” kata Taswin Zakaria. 

Taswin juga menjelaskan, Maybank Marathon telah berevolusi dan jadi bagian dari jaringan 'Elite' label road race oleh World Athletics. Karena itu, pihak penyelenggara telah mengundang setidaknya 12 pelari elite internasional untuk ambil bagian demi memenuhi syarat untuk menyandang label bergengsi itu.

Sementara untuk hadiah, pihak penyelenggara telah menyiapkan lebih dari Rp 2,7 Miliar yang akan dibagi kepada 86 pemenang, termasuk peserta yang mampu memecahkan rekor. Maybank Marathon tahun ini juga menjalin kerjasama dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon di Thailand. 

Dengan demikian, 40 peserta yang berhasil finis pada nomor Marathon Open, Marathon Nasional, dan Marathon Master di ajang Mybank Marathon bakal dapat slot gratis untuk tampil di Thailand bulan November mendatang. Sebaliknya, 40 pelari yang berhasil finis di Bangsaen42 Chonburi Marathon nanti juga akan mendapat slot gratis untuk mengikuti lomba lari Maybank Marathon 2024 mendatang. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Keamanan dan Keselamatan Jadi Prioritas

Project Director Maybank Marathon, Widya Permana mengatakan, faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari jadi prioritas pihak penyelenggara tahun ini. "Sejak penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 diumumkan pada Januari lalu, panitia telah melakukan serangkaian persiapan yang meliputi pengecekan rute lari agar tetap dalam kondisi prima dan memenuhi standar serta sertifikasi yang ditetapkan World Athletics, serta aspek pendukung lainnya guna memastikan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi seluruh peserta,” katanya.

Widya melanjutkan, pada 13 Agustus lalu, program pelatihan Road to Maybank Marathon telah selesai dilaksanakan secara serentak di enam kota yakni, Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. Agenda berlangsung sejak 14 Mei lalu dan diikuti lebih dari 5000 peserta komunitas lari. 

Pelatihan yang dilakukan meliputi sesi lari jarak dekat hingga jarak jauh (long run), strength training, running clinic, edukasi terkait asupan nutrisi dan waktu istirahat, dipandu oleh coach yang berpengalaman di bidang sport recovery & mobility. Pelatihan ini juga merupakan bagian dari penerapan aspek keselamatan, khususnya kesiapan fisik pelari untuk mengikuti lomba.

3 dari 3 halaman

Terapkan Aturan You Register, You Run

Panitia juga akan menerjunkan 45 pacer berpengalaman dalam penanganan First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) serta 850 marshall dan sekitar 180 staf paramedis. Di samping itu, terdapat 30 unit ambulans terdiri dari 12 mobil ambulans, 17 sepeda motor ambulans dan satu mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat (IGD) di sepanjang rute perlombaan.

Panitia juga masih memberlakukan aturan ‘You Register, You Run’ yang mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil race pack sesuai nama yang terdaftar dan tidak dapat diwakilkan. Demikian juga, slot lari tidak dapat dipindahtangankan dan peserta hanya dapat berlari di kategori yang telah dipilih.

Penerapan ‘You Register, You Run’ adalah untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan para pelari saat mengikuti lomba. Tahun ini, Maybank Marathon akan memanfaatkan teknologi face recognition untuk mendukung penerapan ‘You Register, You Run’ pada proses pengambilan race pack atau Race Pack Collection (“RPC”) pada 25-26 Agustus 2023 di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa, Bali.

"Pengambilan race pack akan dilangsungkan dalam sebuah festival hiburan yang akan diramaikan oleh penampilan pengisi acara ternama di Indonesia, booth eksibisi program keberlanjutan Maybank Indonesia hingga booth produk-produk sponsor kami," kata Widya Permana menjelaskan. 

"Kami juga menggelar kegiatan promosi melalui Maybank Interactive Lounge dan memanfaatkan pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia pada aplikasi digital banking M2U untuk mengenalkan layanan perbankan Maybank Indonesia kepada para peserta." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini