Sukses

Mason Greenwood Tinggalkan Manchester United, Gary Neville: Prosesnya Cukup Mengerikan

Garry Neville mengecam mantan klubnya Manchester United dalam menangani kasus Mason Greenwood setelah mengumumkan kepergian pemain berusia 21 tahun itu.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United telah merilis pernyataan pada Senin (21/8/2023) bahwa Mason Greenwood bakal meninggalkan klub. Penyerang berusia 21 tahun itu ditangkap atas tuduhan pelecehan seksual pada Januari 2022, tetapi dakwaan dibatalkan awal tahun ini.

MU kemudian melakukan penyelidikan internal atas masalah itu. Setelah memakan waktu berbulan-bulan, para fans Setan Merah mendapat sedikit informasi tentang kemajuannya atau pemikiran para petinggi di Old Trafford.

Dilaporkan bahwa Man Utd bersiap untuk mengembalikan Greenwood ke tim sehingga reaksi memicu reaksi massal dari para fans. Raksasa Inggris itu kemudian melakukan U-turn atas keputusan mereka yang membuat marah banyak publik karena sifatnya.

Gary Neville ikut mengecam mantan klubnya karena penyelidikan kontroversial mereka. Meski begitu, mantan kapten MU itu menilai keputusan yang diambil sudah tepat.

"Ya, saya pikir (mereka membuat keputusan yang tepat). Sudah jelas sejak hari pertama, bagi saya dan semua orang yang melihat apa yang dirilis, bahwa dia tidak akan pernah bermain untuk Manchester United," kata Neville kepada Sky Sports.

Menurut pria yang sekarang menjadi pundit itu, penyelidikan internal MU atas kasus Mason Greenwood mengerikan. "Mereka sampai di sana, tetapi menurut saya proses untuk sampai ke sana cukup mengerikan," ujar Neville.

"Saya pikir ketika Anda memiliki situasi penting dan sulit seperti ini, itu membutuhkan kepemimpinan yang kuat, berwibawa, dan datang dari atas. Manchester United tidak memilikinya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manchester United Seharusnya Tidak Memutuskan Kasus Mason Greenwood

Gary Neville menjelaskan bahwa Manchester United seharusnya tidak diizinkan untuk memutuskan masalah Mason Greenwood yang dinilainya krusial.

"Dan pada masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan terhadap perempuan, itu membawa saya ke poin ketiga: dibutuhkan kemandirian," katanya.

"Manchester United tidak boleh menjadi hakim dan juri pada masalah yang begitu penting, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk permainan," pungkas Neville.

 

3 dari 4 halaman

Manchester United dan Mason Greenwood Sepakat

Meski semua tuduhan terhadapnya telah dicabut, Mason Greenwood sulit untuk melanjutkan kariernya di Manchester United. Karena itu, penyerang berusia 21 tahun itu akan meninggalkan Old Trafford.

"Semua yang terlibat, termasuk Mason, mengakui kesulitan dengan dia memulai kembali kariernya di Manchester United. Oleh karena itu. telah disepakati bersama bahwa akan paling tepat baginya untuk melakukannya jauh dari Old Trafford, dan sekarang kami akan bekerja dengan Mason untuk mencapai hasil itu," bunyi pernyataan Manchester United.

"Keputusan hari ini telah menjadi bagian dari proses kolaboratif antara Manchester United, keluarga saya. dan saya. Keputusan terbaik bagi kita semua, adalah melanjutkan karier sepak bola saya jauh dari Old Trafford, di mana kehadiran saya tidak akan mengganggu klub," ucap Greenwood.

Mason Greenwood telah berada di Old Trafford sepanjang kariernya. Dimulai dari jajaran pemain muda sebelum melangkah ke tim senior pada 2018.

Sebelum ditangkap, Greenwood membuat 129 penampilan untuk tim utama Man United, mencetak 35 gol dan membuat 12 assist. Dia membuat satu-satunya penampilan untuk timnas Inggris dalam kemenangan Nations League atas Islandia pada September 2020.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Mason Greenwood adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang saat ini membela Manchester United
    Mason Greenwood adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang saat ini membela Manchester United

    Mason Greenwood

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Gary Neville

  • Berita Bola