Sukses

Tanpa Rivan Nurmulki, Simak Jadwal Tim Voli Putra Indonesia di Asian Men's Volleyball Champions 2023

Ada 2 alasan Rivan Nurmulki absen di kejuaraan Men's Volleyball Champions 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Voli Putra Indonesia dipastikan tanpa Rivan Nurmulki pada Asian Men's Volleyball Champions 2023. Kejuaraan ini dijadwalkan berlangsung di Iran, 16-26 Agustus mendatang.

Rivan yang pernah main di liga Jepang absen bukan karena kritik yang sempat dilontarkannya kepada pengurus olahraga voli Tanah Air, PBVSI. Ketua Binpres PP PBVSI, Loudry Maspaitella memastikannya pihaknya bukan lembaga antikritik.

"Rivan tidak ikut ke Iran bukan karena kritikannya di media sosial. Kita di PBVSI melihat itu tidak sebagai sesuatu yang luar biasa. Biasa saja kritikan itu," kata Loudry kepada Liputan6.com. 

Menurut Loudry, ada dua alasan Rivan absen pada kejuaraan Asian Men's Volleyball Champions 2023. Yang pertama adalah terkait proses pemberhentian dari polisi. Sementara alasan kedua adalah karena istri mantan pemain VC Nagano Tridents itu sedang hamil tua.

"Dia sudah datang sendiri ke Pak Heyzer (Harsono, Sekjen PBVSI) dan jelaskan ke saya," tutur Loudry.

Seperti diketahui, Rivan sempat membuat heboh volimania saat menanggapi sebuah unggahan salah satu akun Instagram yang menyatakan Voli Indonesia "Tak Punya Ranking Dunia karena Tak Pernah Ikut Kompetisi". Akun tersebut juga membandingkan nasib yang menimpa voli Tanah Air dengan PSSI.

"Ternyata PSSI tidak tidak seburuk itu. Ini ada lagi yang agak laen, ikut kompetisi hanya sebatas SEAGames doang dan Asian Games, yang mana enggak pengaruh sama sekali dengan ranking dunia. Itupun ikut kompetisi VNL karena tekanan dari netijen dan terbukti bisa juara grup dan ngalahin Bahrain dan sekarang lolos 12 besar."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kritik Rivan Nurmulki

Rivan lalu mengunggah ulang konten tersebut sembari memberi beberapa tanggapan. "Setiap kompetisi alasan tidak ada dana. Gimana mau berkembang anak bangsa. Negara lain banyak yang mengandalkan sponsor untuk kemajuan olahraga. Nah. Kalau engga bisa dapat sponsor, yoo enggak usah jadi pengurus to yoo," tulis Rivan.

"Sekarang Alhamdulillah sering ikut event. Tapi baru-baru ini saja. Mungkin karena panas dengar cocot-nya netijen," Rivan menambahkan.

Rivan membenarkan dirinya absen pada Asian Men's Volleyball Champions 2023. Begitu juga dengan dua alasan yang disampaikan oleh Loudry Maspaitella. (Simak beritanya di sini).

Kepada Liputan6.com, Rivan menyatakan sedang menunggu sidang kode etiknya di kepolisian selesai. "Dan di sisi lain istri lagi hamil tua, ingin dekat sini dulu aja. Nemenin. Tahun lalu kan di tinggal terus," lanjutnya sambil tertawa.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap Asian Men's Volleyball Champions 2023

Tanpa Rivan, timnas voli putra akan bertanding di Iran mulai 19 Agustus mendatang. Di laga pertama, Indonesia yang bergabung di grup C akan bertemu China. Setelah itu, Timnas Voli Putra Indonesia bakal menjajal Kazakhstan.

Berikut adalah jadwal selengkapnya :

  • 19 Agustus 2023: Indonesia vs China
  • 21 Agustus 2023: Kazakhstan vs Indonesia

Partai Lainnya di Grup C

  • 21 Agustus 2023: China Vs Kazakhstan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.