Sukses

Hasil BRI Liga 1: Gol Kenzo Nambu Antar PSM Makassar Taklukkan Persita Tangerang

PSM Makassar sukses memetik poin penuh saat bertandang ke markas Persita Tangerang dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024. Juku Eja unggul tipis 1-0 atas tuan rumah berkat gol tunggal Kenzo Nambu di menit 89.

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar sukses memetik poin penuh saat bertandang ke markas Persita Tangerang dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024. Tampil di Indomilk Arena, Senin (7/8/2023), pasukan Juku Eja menang tipis 1-0 atas tuan rumah berkat gol tunggal yang dicetak Kenzo Nambu mendekati pengujung babak kedua.

Duel Persita Tangerang vs PSM Makassar sejatinya berlangsung alot sejak awal. Kedua tim tampil saling menyerang di permulaan babak pertama, tetapi sama-sama kesulitan mencetak gol.

Penggawa PSM Yakob Sayuri mencoba peruntungan pada menit ke-7 dengan melepas tendangan spekulatif ke gawang Persita. Sayang, upayanya masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi oleh Rendy Oscario.

Pendekar Cisadane lantas membalas ancaman Juku Eja tak lama berselang. Ezequiel Vidal beberapa kali melakukan penetrasi ke lini belakang PSM Makassar. Namun, rapatnya pertahanan tim tamu mengakibatkan belum ada gol yang tercipta hingga laga berjalan lebih dari 15 menit.

Kesempatan kembali diperoleh PSM Makassar memasuki menit ke-20. Kali ini giliran Adilson Silva yang mengirim tendangan on target ke jaring Persita. Malang aksinya itu gagal dikonversi menjadi gol. Rendy Oscario dengan sigap mementahkan si kulit bundar yang bergulir ke areanya.

PSM Makassar dan Persita Tangerang belum mampu memecah kebuntuan hingga pertandingan berjalan lebih dari 30 menit. Pendekar Cisadane cukup aktif melancarkan tekanan, tetapi masih kesulitan menemukan strategi terbaik untuk mencetak angka.

Justru Juku Eja yang gantian mendapat peluang untuk membobol jaring tuan rumah di menit ke-38. Umpan silang Yance Sayuri coba disambar oleh Yakob Sayuri, tetapi upayanya masih melebar.

Tak ada perubahan signifikan yang terjadi di lima menit akhir pertandingan waktu normal. Ramiro Fergonzi sempat nyaris membuka keunggulan Persita di menit ke-44 kalau saja tendangan kerasnya tidak membentur mistar gawang.

Tambahan waktu empat menit di pengujung babak pertama belum bisa dimaksimalkan Persita dan PSM untuk pecah teur. Alhasil skor imbang tanpa gol bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Persita Tangerang vs PSM Makassar

Bernardo Tavares coba membuat perubahan pada skuad PSM Makassar di awal babak kedua. Maklum, sang juara bertahan memang sedikit kalah dibanding Persita dalam hal penguasaan bola dan penciptaan peluang di babak pertama.

Adilson Silva pun ditarik keluar untuk digantikan oleh Everton sesaat setelah jeda. Akan tetapi, upaya tersebut nyatanya belum cukup menghasilkan dampak signifikan terhadap skuad Juku Eja. Kedudukan 0-0 tak berubah hingga laga memasuki menit ke-60.

Malah Persita Tangerang yang lagi-lagi menebar ancaman ke gawang PSM Makassar di menit 66. Ramiro Fergonzi mencoba melakukan chip ball yang amat berpotensi membuahkan gol andai Reza Arya Pratama gagal membaca datangnya bola.

Sejumlah pergantian sempat dilakukan lagi oleh kedua kesebelasan setelahnya. Akan tetapi, tak ada satu pun tim yang berhasil menjebol jaring lawan hingga memasuki 10 menit akhir pertandingan waktu normal.

Barulah pada menit ke-89 PSM Makassar mampu memecah kebuntuan. Kenzo Nambu yang baru dimaksukkan di babak kedua mampu membuktikan kiprahnya sebagai pencetak gol andal bagi Juku Eja.

Pemain asal Jepang itu dengan cepat menembus lini belakang Persita sebelum melepas tembakan yang menyusur tanah. Bola bergulir sejatinya tak terlalu cepat ke jaring pendekar Cisadane. Akan tetapi, Rendy Oscario yang berada di posisi tidak siap pada akhirnya gagal mengantisipasi si kulit bundar.

Belum lama merayakan gol pembuka, PSM Makassar sudah tertimpa nestapa di menit 90+3. Juku Eja dipaksa bermain dengan 10 penggawa setelah Victor Dethan diganjar kartu kuning kedua oleh wasit.

Malang keunggulan jumlah pemain yang dimiliki Persita gagal dimanfaatkan untuk menyeimbangkan kedudukan. Pendekar Cisadane harus rela menelan hasil minor di kandang sendiri setelah dipaksa tunduk 0-1 oleh PSM Makassaar hingga bubaran.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Persita Tangerang vs PSM Makassar

Persita Tangerang: Rendy Oscario; Muhammad Toha, Javlon Guseynov, Christian Rontini, Mario Jardel; Bae Sin-yeong; Ezequiel Vidal, Fahreza Sudin; Esal Sahrul Muhrom, Ramiro Fergonzi, Irsyad Maulana

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Yakob Sayuri, Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Akbar Tanjung, Muhammad Arfan; Dzaky Asraf, Wiljan Pluim,Rizky Eka Pratama; Adilson Silva

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.