Sukses

Hasil SEA V League 2023: Timnas Voli Putra Indonesia Gebuk Filipina

Timnas Voli Putra Indonesia mengalahkan Filipina 3-0 (25-20, 25-22, 25-19) pada pertandingan perdana SEA V League 2023 di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Jumat (21/7).

Liputan6.com, Bogor - Timnas voli putra Indonesia melewati laga perdana SEA V League 2023 dengan hasil positif. Tim asuhan Jiang Jie ini mengalahkan Filipina 3-0 (25-20, 25-22, 25-19) di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Jumat (21/7) malam WIB.

Dengan hasil ini, Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara SEA V League 2023. Posisi pertama ditempati Thailand yang unggul ratio poin usai menang atas Vietnam 3-0 (25-23, 28-26, 25-21).

Dio Zulfikri dan kawan-kawan selanjutnya akan menghadapi Vietnam, Sabtu (22/7) pukul 18:30 WIB. Di laga lainnya, Thailand melawan Filipina.

Dimas Saputra dan Fahran Halim menyumbang poin terbanyak untuk timnas voli putra Indonesia pada laga ini, yaitu masing-masing 15 poin. Sedangkan pencetak poin terbanyak Filipina ialah Steven Charles Rotter dan Joshua Umandal masing-masing 10 poin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan Timnas Voli Putra Indonesia vs Filipina

Melawan Filipina, pelatih timnas voli putra Indonesia Jiang Jie memainkan Dio Zulfikri, Dimas Saputra, Farhan Halim, Doni Haryono, Hendra Kurniawan, dan Malizi. Juru taktik asal China itu ingin skuadnya tampil langsung menyerang dengan menempatkan Dimas di posisi empat, Hendra tiga, dan Farhan dua.

Indonesia unggul 8-4 pada technical time out pertama. Dominasi berlanjut. Spike-spike Farhan, Dimas, dan Doni sulit diblok pemain-pemain Korea sehingga memimpin 16-11.

Memasuki poin-poin kritis, pelatih Jiang Jie memainkan Jasen N. Kilanta menggantikan Dimas dan Dio Zulfikri digantikan Boy Arnes Arabi. Pergantian ini berjalan baik karena Boy mampu menjalankan peran sebagai opposide. Indonesia pun menang 25-20.

 

3 dari 3 halaman

Set Kedua dan Ketiga Timnas Voli Putra Indonesia vs Filipina

Memasuki set kedua, timnas voli putra Indonesia turun dengan skuad yang sama. Pertandingan sempat terhenti beberapa menit karena pelatih Filipina Sergio Veloso memprotes hasil video challenge saat skor 4-3 untuk keunggulan timnya.

Dia menilai spike pemain Indonesia out, tetapi video challenge menunjukkan masuk. Skor pun berubah menjadi 4-4. Pertandingan pun berjalan ketat dan Dio Zulfikri cs hanya unggul 8-7.

Setelah technical time out, perolehan poin Indonesia menjauh dari Filipina dengan skor 16-12. Di kubu Filipina, pelatih Sergio terlihat frustasi karena para pemainnya sulit memblok spike dari Farhan. Skuad Merah Putih pun menang 25-22.

Di set ketiga pelatih Indonesia Jiang Jie memainkan Jasen N. Kilanta sejak awal laga menggantikan Dio Zulfikri sebagai setter. Indonesia pun langsung unggul 4-0 atas Filipina.

Filipina sepertinya semakin sulit untuk mengimbangi permainan Indonesia. Kim Malabunga dan kolega kembali harus mengakui keunggulan Indonesia dengan skor 19-25.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.