Sukses

Hasil BRI Liga 1 2023/2024: PSS Sleman Imbangi PSIS Semarang, Borneo FC Hajar Barito Putera

PSS Sleman dan PSIS Semarang ahrus puas berbagi poin dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2023/2024. Tampil di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (21/7/2023) sore WIB, Super Elang Jawa cuma mampu bermain imbang 2-2 dengan Laskar Mahesa Jenar.

Liputan6.com, Jakarta - PSS Sleman dan PSIS Semarang harus puas berbagi poin dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2023/2024. Tampil di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/7/2023), Super Elang Jawa cuma mampu bermain imbang 2-2 dengan Laskar Mahesa Jenar.

PSIS langsung mengancam lini pertahanan PSS di menit-menit awal. Tendangan bebas Alfeandra Dewangga coba disambut oleh Carlos Fortes dan Boubakary Diarra, tetapi bola gagal bersarang di gawang kawalan Anthony Pinthus.

Super Elang Jawa balas menebar ancaman ke jaring PSIS Semarang di menit ke-12. Yevhen Bokhashvili mencoba mengayunkan bola ke kubu pertahanan Adi Satryo. Namun, upayanya masih belum akurat sehingga gagal berbuah gol.

Kebuntuan akhirnya berhasil dipecah oleh PSIS Semarang pada menit ke-24. Berawal dari blunder pemain PSS Sleman, Septian David Maulana yang sudah mengintai berhasil mencuri bola sebelum mengirim umpan ke Carlos Fortes.

Pesepak bola berusia 28 tahun itu langsung menyambut assist rekannya dengan tembakan yang menusuk ke gawang Pinthus. Skor sementara berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

PSS Sleman mencoba memanaskan persaingan setelahnya. Super Elang Jawa mendapat peluang untuk menyamakan skor di menit ke-28 lewat header Wahyudi Hamisi. Malang, kesempatan ini gagal dikonversi menjadi angka. Bola yang dikirim justru memantul dan berubah arah, sehingga batal menemui jaring PSIS Semarang.

Situasi panas tersaji setelahnya PSIS dan PSS membuat pelanggaran yang memaksa wasit mengambil keputusan tegas. Kedua tim diharuskan bermain dengan 10 penggawa pada menit ke-33. Carlos Fortes dan Wahyudi Hamisi diganjar kartu merah, sehingga harus meninggalkan lapangan permainan lebih cepat.

Kehilangan satu penggawa, PSS Sleman jadi makin terdorong untuk menyeimbangkan kedudukan. Upaya Super Elang Jawa mulai menunjukkan tanda-tanda positif di lima menit akhir waktu normal babak pertama.

Kei Sano mengirim umpan tarik yang dikonversi menjadi gol oleh Ricky Cawor pada menit ke-42, tetapi wasit menganulir aksi tersebut lantaran dianggap offside. Barulah pada masa injury time Kei Sano berhasil mencatatkan namanya di papan skor, yang memaksa skor sementara menjadi imbang 1-1 saat turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua PSS Sleman vs PSIS Semarang

PSIS Semarang kembali mencoba menebar ancaman di awal babak kedua. Kali ini giliran Fredyan Wahyu yang berpeluang membobol jaring PSS Sleman, tetapi aksinya segera diselamatkan oleh Anthony Pinthus.

Laskar Mahesa Jenar baru bisa mengembalikan keunggulan pada menit ke-57. Adalah Paulo Gali Freitas yang berjasa mencetak angka kedua bagi tim tamu. Anthony Pintus salah melakukan pergerakan dan justru pergi cukup jauh meninggalkan gawang.

Situasi ini dimanfaatkan oleh Freitas dengan mengrim tendangan dari luar kotak penalti. Bola langsung bersarang di gawang PSS tanpa hambatan. Kedudukan sementara berubah 1-2 untuk kepemimpinan PSIS Semarang.

Super Elang Jawa kembali dipaksa mengejar ketertinggalan. Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh tuan rumah demi menembus kubu pertahanan PSIS. Namun, hingga laga berjalan lebih dari 70 menit, belum ada gol tambahan yang mampu dicetak PSS Sleman.

PSS Sleman lagi-lagi berhasil menemukan jalan keluar untuk bangkit di saat-saat yang tidak diduga. Memanfaatkan situasi bola mati, Jihad Ayoub mengirim tembakan ke sudut kanan gawang Adi Satryo, yang mengantar skor lagi-lagi imbang 2-2.

Super Elang Jawa dan Laskar Mahesa Jenar kembali menghadapi kebuntuan di menit-menit akhir waktu normal. Tak ada gol baru yang mampu diciptakan, hingga wasit memberi injury time cukup panjang selama 4 menit.

Drama akhirnya terjadi di pengujung babak kedua. Pelanggaran yang dilakukan pemain PSIS Semarang di kotak terlarang berbuah hadiah tendangan penalti bagi PSS Sleman.

Malang, Kim Jeffrey Kurniawan yang ditunjuk sebagai algojo justru gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Bola yang ia kirimkan gagal bersarang di jaring Adi Satryo, sehingga skor 2-2 bertahan sampai bubaran.

3 dari 4 halaman

Hasil Borneo FC vs Barito Putera

Sementara itu di tempat berbeda, Borneo FC sanggup menciptakan keunggulan pada menit ke-9. Sepak pojok Stefano Lilipaly yang dituntaskan dengan header oleh Leo Lelis gagal diamankan kiper tim tamu. Alhasil, kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Laskar Antasari mencoba mengejar ketertinggalan setelahnya. Namun, tak ada satu pun kesempatan yang mampu diubah menjadi gol di sisa waktu babak pertama. Skor 1-0 mau tak mau bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda turun minum.

Memasuki babak kedua, justru Borneo FC yang berhasil menambah keunggulan. Stefano Lilipaly lagi-lagi memainkan peran penting dengan memanfaatkan kesalahan di kubu tim tamu, sekaligus melesakkan bola ke gawang Laskar Antasari pada menit ke-57.

Barulah pada menit ke-82 Barito Putera sanggup menjawab tantangan tuan rumah. Laskar Antasari memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 setelah Hasyim Kipuw mencatatkan nama di papan skor.

Malang, pencapaian tersebut belum cukup mengantar Barito selamat dari kekalahan. Laskar Antasari tetap harus mengakui keunggulan tim tuan rumah usai dipaksa takluk 2-1 sampai wasit meniupkan peluit panjang.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.