Sukses

Eks Kiper Manchester United, Edwin van der Sar Lewati Masa Kritis

Edwin van der Sar dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami pendarahan otak di Kroasia, pada Jumat lalu (7/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan kiper legendaris Manchester United, Edwin van der Sar sudah mulai membaik. Mantan penjaga gawang Timnas Belanda itu sudah melewati masa kritis setelah sebelumnya dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan di otak.

Seperti dilansir Goal, van der Sar juga sudah bisa berkomunikasi dengan pihak keluarga. Meski demikian, pria berusia 52 tahun tersebut masih harus berada di ruang perawatan intensif (ICU) rumah sakit ditemani oleh istri tercinta, Annemarie.

"Edwin masih di ruang unit perawatan intensif, tapi kondisinya stabil," bunyi pernyataan resmi mantan klub van der Sar, Ajax Amsterdam melalui Twitter.

"Dia sudah tidak dalam masa kritis. Setiap kali kami mengunjunginya, dia sangat komunikatif. Kami harus menunggu dengan sabar untuk melihat bagaimana perkembangan situasinya ke depan," klub Ajax Amsterdam menambahkan.

Edwin van der Sar sebelumnya mengalami pendarahan otak saat berada di Kroasia. Dia terpaksa dilarikan ke rumah sakit, dengan helikopter, Jumat lalu (7/7/2023).

Kabar ini tentu saja mengejutkan berbagai pihak, termasuk klub-klub yang pernah diperkuatnya. Seperti diketahui, van der Sar pernah menghabsikan sembilan tahun bermain untuk Ajax Amsterdam sebelum pergi ke Juventus pada tahun 1999 lalu.

Dia juga pernah memperkuat Fulham hingga menjadi kiper andalan Manchester United sejak 2005 hingga 2011. Sebelum mengakhiri kariernya di VV Noordwijk, dia telah mengumpulkan dua gelar Liga Champions, 4 Liga Inggris dan 4 Eredivisie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Edwin van der Sar Baru Saja Meninggalkan Jabatannya di Ajax

Di usia 52 tahun, van der Sar kembali ke klub asal, Ajax Amsterdam. Dia menjabat sebagai direktur marketing pada tahun 2012 dan menjadi CEO empat tahun kemudian sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri pada bulan Mei lalu.

Baik Ajax maupun MU sama-sama mengirim doa untuk kesembuhan van Der Sar.

"Setelah mendengar berita kalau kiper legendaris kami jatuh sakit, pikiran Manchester United tidak pernah lepas dari Edwin van der Sar dan keluarganya," bunyi pernaytaan resmi Manchester United.

3 dari 4 halaman

Van der Sar Mengagumi Cristriano Ronaldo

Van der Sar merupakan salah satu kiper terbaik dalam sejarah Manchester United. Dia membuat 266 penampilan untuk Setan Merah dengan mencatatkan 135 clean sheet.

Selama bermain di Manchester United, Edwin van der Sar berbagi lapangan sebanyak 167 kali dengan Cristiano Ronaldo. Mereka memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Van der Sar baru-baru ini tampil dalam acara High Performance Podcast. Dia mengatakan bagaimana Ronaldo biasa menghabiskan waktu bersama anak-anaknya selama mereka bersama sebagai rekan setim.

"Cristiano adalah pria yang baik. Banyak orang yang memiliki pendapat yang sangat berbeda tentang dia. Tetapi, saya menganggapnya lucu di ruang ganti. Jika saya membawa anak-anak saya, dia akan selalu bermain dengan mereka. Saya pikir apa yang dia lakukan sangat luar biasa," kata Van de Sar

Sama seperti Ronaldo, Van der Sar merupakan bagian penting dari Setan Merah di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Namun, sang penjaga gawang sedang mengalami masalah kesehatan yang serius.

4 dari 4 halaman

Mantan Bek MU, Rio Ferdinand Kirim Dukungan

Sementara itu, mantan rekan setimnya di MU, Rio Ferdinand juga mengirimkan dukungannya kepada rekan Edwin van der Sar. "Ed adalah seorang pejuang. Pikiran kami bersama keluarga Van Der Sar!" tulis Rio di akun Twitter pribadinya.

Fulham, mantan klub Edwin van der Sar, juga mengirim pesan dukungan" "Semua orang di Fulham Football Club berharap Edwin cepat sembuh. Kami memikirkanmu."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.