Sukses

Hasil BRI Liga 1 2023/2024: Borneo FC Ditahan Imbang Persik Kediri, RANS Nusantara Hajar Persikabo

Borneo FC gagal mencuri poin penuh di markas Persik Kediri dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2023/2024. Pesut Etam ditahan imbang 1-1 oleh tim tuan rumah berkat gol menit-menit akhir yang dilesakkan oleh Anderson Nascimento. Nasib berbeda dialami oleh RANS Nusantara. Mereka berhasil mencuri tiga poin usai menumbangkan Persikabo dengan 2-1 pada Senin (3/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta Borneo FC gagal mencuri poin penuh di markas Persik Kediri dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2023/2024.

Tampil di Stadion Brawijaya pada Senin (3/7/2023), Pesut Etam ditahan imbang 1-1 oleh tim tuan rumah berkat gol menit-menit akhir yang dilesakkan oleh Anderson Nascimento.

Persik Kediri dan Borneo FC memang menunjukkan penampilan agresif sejak permulaan laga. Kedua kesebelasan saling berjual beli serangan di menit-menit awal babak pertama.

Macan Putih lantas menebar ancaman berbahaya memasuki menit ke-5. Renan Silva memaksa kiper Borneo FC Nadeo Argawinata bekerja keras ketika melakukan eksekusi tendangan bebas yang menyusur di tanah.

Malang, upayanya itu belum mampu dikonversi menjadi gol. Nadeo dengan sigap mampu mengantisipasi upaya lawannya sekaligus mencegah terciptanya angka pembuka bagi kubu Persik Kediri.

Tak ada peluang terlalu berbahaya yang mampu diciptakan kedua tim setelahnya. Persik Kediri dan Borneo FC menemui jalan buntu, sehingga kedudukan sementara belum berubah sampai laga berjalan lebih dari 15 menit.

Barulah pada menit ke-23, Macan Putih kembali mampu membahayakan gawang Pesut Etam. Riyatno Abiyoso mengirim tembakan keras ke jaring Borneo, tetapi lagi-lagi berhasil diamankan oleh Nadeo yang tampil spartan di bawah mistar gawang.

Pesut Etam gantian mendapat peluang emas di menit ke-35. Pelanggaran yang dilakukan Yusuf terhadap Stefano Lilipaly membuahkan hadiah tendangan bebas bagi kubu Borneo. Namun, kesempatan ini pun gagal dimaksimalkan oleh Pesut Etam. Eksekusi Lilipaly berhasil diblok oleh pagar hidup yang dibangun penggawa Persik Kediri.

Sejumlah peluang emas lagi sempat diperoleh Borneo setelahnya. Akan tetapi, tak satu pun yang sanggup dikonversi menjadi angka pertama. Skor kacamata 0-0 pun tak berubah sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Persik Kediri vs Borneo FC

Persik Kediri dan Borneo FC belum mampu memecah kebuntuan di babak kedua. Baik Macan Putih maupun Pesut Etam sama-sama kesulitan membobol jaring masing-masing.

Duo kesebelasan sejatinya sudah beberapa kali mendapat kesempatan emas hingga memasuki menit ke-70. Namun, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat tak satu pun gol sanggup dicetak oleh Persik Kediri dan Borneo FC.

Pesut Etam akhirnya pecah telur di menit ke-75. Matheus Pato berhasil menembus lini pertahanan Macan Putih sebelum melesakkan bola ke gawang kawalan Kurniawan Ajie. Kedudukan sementara berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Persik Kediri nyaris kalah di kandang sendiri kalau saja mereka gagal mencetak gol penyeimbang ke gawang Nadeo Argawinata di menit-menit akhir. Anderson menjadi bintang penyelamat Macan Putih setelah aksi saltonya membobol jaring Borneo sekaligus memastikan laga berakhir dengan skor imbang 1-1.

3 dari 4 halaman

Laga RANS Nusantara vs Persikabo 1973

Sementara itu di lapangan berbeda, Persikabo menciptakan keunggulan cepat atas RANS Nusantara FC. Adalah Nikola Kovacevic yang mampu mencatatkan namanya di menit ke-6 usai memanfaatkan umpan dari Roni Sugeng.

The Prestige Phoenix mencoba mengejar ketertinggalan setelahnya. Namun, upaya mereka belum cukup untuk menandingi skor Persikabo. Tak ada gol baru yang tercipta hingga mendekati turun minum. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan sampai jeda.

RANS Nusantara baru berhasil menjawab tantangan Persikabo pada menit ke-54 di babak kedua. Tendangan penalti Mitsuru Maruoka sukses menembus jaring Syahrul Trisna sekaligus mengubah kedudukan sementara menjadi imbang 1-1.

Duo kesebelasan kembali menemui jalan buntu setelahnya. Sejumlah pergantian yang dilakukan RANS Nusantara dan Persikabo tak serta-merta menciptakan perubahan signifikan.

Persikabo dipaksa bermain dengan 10 penggawa pada menit ke-75. Andy Setyo dipaksa keluar lebih cepat dari lapangan usai menerima kartu merah dari wasit.

RANS Nusantara kembali mendapat kesempatan emas tak lama berselang. Tim tuan rumah lagi-lagi diberi hadiah tendangan penalti. Mitsuru Maruoka yang dikirim lagi menjadi eksekutor pun ogah menyia-nyiakan peluang tersebut. Ia mencetak nama di papan skor untuk kedua kalinya sekaligus mengantar RANS berbalik unggul 2-1.

Drama kartu merah sempat mewarnai pengujung laga RANS Nusantara vs Persikabo. Kali ini giliran penggawa The Prestige Phoenix, Erwin Ramdani, yang diusir keluar lapangan. Kendati demikian, situasi itu tak mengubah kedudukan. Persikabo gagal mengejar ketertinggalan sehingga laga berakhir dengan 2-1 untuk keunggulan RANS Nusantara.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pekan Pembuka BRI Liga 1 2023/2024

Sabtu, 1 Juli 2023

Bali United vs PSS Sleman: 0-1

Persis Solo vs Persebaya Surabaya: 2-3

 

Minggu, 2 Juli 2023

Persib Bandung vs Madura United: 1-1 

Dewa United vs Arema FC: 1-0

Barito Putera vs Persita Tangerang: 2-0

 

Senin, 3 Juli 2023

Persik Kediri vs Borneo FC: 1-1

RANS Nusantara vs Persikabo 1973: 2-1

19.00 WIB: PSIS Semarang vs Bhayangkara FC

19.00 WIB: Persija Jakarta vs PSM Makassar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.