Sukses

Bima Sakti Dapat Kemudahan Cari Talenta untuk Piala Dunia U-17, Ada Garuda International Cup 2023

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Bima Sakti dipercaya menjadi arsitek timnas Indonesia U-17.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia baru saja dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan posisi Peru. Ajang bergengsi untuk pemain usia 17 tahun ke bawah ini rencananya akan berlangsung di tanah air pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Proses pencarian pemain untuk timnas Indonesia U-17 di bawah kendali pelatih Bima Sakti Tukiman akan lebih mudah. Karena beberapa bulan sebelum Piala Dunia U-17 2023 digelar, ada turnamen Garuda International Cup 2023 yang merupakan kompetisi untuk pemain U-17. GIC 2023 akan berlangsung di ASIOP Training Ground (ATG), Sentul, mulai 6 hingga 9 Juli 2023.

Ajang ini total akan diikuti tim-tim dari tujuh negara. Selain Indonesia, ada peserta dari Thailand, Jepang, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura hingga Filipina. Untuk kelompok usia 17 tahun peserta sembilan tim luar negeri dan tujuh tim Indonesia.

Kesembilan tim luar negeri yang ambil bagian di kategori U-17 adalah Melaka Sport School Malaysia, FC Katipunan Filipina, Central Visayas Filipina, Woodlands Warriors Singapura, Bangkok FC Academy Thailand, Fajar Selatan Malaysia, Apuesto Bueno FC A, Apuesto Bueno FC B Filipina, dan Bintang Gombak Malaysia.

Sementara tujuh tim Indonesia yang ikuti kelompok U-17 adalah Heijnes FS Papua, Safin Pati, ASIOP FS Merah, ASIOP Biru, Fatto Zapello, Ricky Nelson Academy, Diklat Merden.

"Garuda International Cup bisa menjadi salah satu wadah bagi para pencari bakat khususnya PSSI untuk memantau pemain-pemain terbaik dari turnamen ini. Terutama diharapkan dapat menjaringpemain seleksi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 asuhan Bima Sakti," ucap Steering Committee GIC 3 Novema Andryani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyemarakan Piala Dunia U-17

Ketua Panitia GIC 2023 Wahyu Budiarto berharap Garuda International Cup 3 bisa ikut menyemarakan suasana menjelang event akbar Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air.

"Kami pastikan tahun oni bakal lebih semarak karena diikuti tujuh negara setelah pada tahun sebelumnya dikuti tiga negara (GIC 1) dan lima negara (GIC 2). Jadi secara kuantitas persainganpastinya meningkat," ucap Wahyu.

"Lalu dari segi kualitas juga semakin baik karena dalam hal kepesertaan kali ini kami bukan hanya diikuti wakil Sulawesi atau Sumatera saja. Melainkan sekarang peserta domestiknya juga makin luas karena ada dari Jakarta, Papua, Batam, dan Kalimantan. Jadi hampir dari ujung ke ujung Indonesia kami ada perwakilannya," Wahyu menambahkan.

3 dari 3 halaman

Level U-12 di GIC 3

Mengusung tagline "The Season is Coming, Lets Have Fun", GIC 2023 juga akan memainkan turnamen untuk U-12. Kelompok usia 12 tahun akan dikuti 9 tim luar negeri dan tujuh tim dari Indonesia.

Sembilan tim luar yang ambil bagian yaitu Johor Darul Ta'zim (JDT) Malaysia, Woodlands Warriors Singapura, Brazilian FA Brunei Darussalam, Best FC Malaysia, AT Putrajaya Malaysia, Apuesto Bueno Filipina, NFDP Malaysia, Hijau Kuning Malaysia, dan wakil Jepang, Shonan Bellmare.

Sedangkan tujuh tim Indonesia yaitu ASIOP Merah, ASIOP Biru, DY FC Batam, Farmel FC, CS Private, Next Bali Generation, dan Nahusam FA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.