Sukses

David de Gea Resmi Berstatus Agen Bebas Setelah Kontraknya di Manchester United Habis

David de Gea telah menjadi agen bebas untuk kali pertama dalam karier profesionalnya setelah kontrak kiper asal Spanyol itu di Manchester United berakhir Sabtu, 1 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah spekulasi seputar masa depan David de Gea di Manchester United dalam beberapa bulan terakhir. Namun, dia diperkirakan menandatangani kontrak baru sebelumm akhir Juni 2023.

Kiper asal Spanyol tersebut diyakini sudah mencapai kesepakatan dengan Manchester United mengenai kontrak baru. Kontrak itu akan membuatnya menerima pemotongan gaji yang cukup besar dari 375.000 poundsterling per minggu.

Namun, Setan Merah dikatakan telah menarik tawaran tersebut di saat-saat terakhir. Juara Liga Inggris 20 kali itu kemudian mengajukan tawaran baru yang akan semakin menurunkan paket gaji De Gea.

Kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan, ini berarti pemain yang telah lama membela Man Utd sekarang berstatus bebas agen. Dia dapat pindah ke klub lain, termasuk yang berasal dari Inggris.

Meski demikian, MU mengatakan pembicaraan dengan De Gea akan terus berlanjut. "Kontrak David De Gea akan habis tapi diskusi tetap terbuka dengan kiper yang sudah lama mengabdi ini," demikian bunyi sebuah pesan di situs resmi klub sebagai bagian dari pembaruan skuad.

David de Gea akan menikah akhir pekan ini. Sehingga bisa dipahami bahwa pembicaraan antara kedua belah pihak tidak akan dilanjutkan hingga awal pekan depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manchester United Lirik Kiper Inter Milan Andre Onana

Manchester United diduga tetap terbuka untuk merekrut kembali David de Gea. Tapi, spekulasi seputar kemungkinan kepindahan kiper Inter Milan Andre Onana ke Old Trafford semakin menguat pada bursa transfer kali ini.

CEO Inter Giuseppe Marotta telah mengonfirmasi ketertarikan MU kepada Onana. Pemain asal Kamerun tersebut dapat menjadi penjaga gawang nomor satu Man Utd untuk musim 2023-24.

"Manchester United telah menyatakan ketertarikannya kepada Onana, tetapi itu harus berujung pada sebuah penawaran atau tidak," kata Marotta kepada wartawan.

"Kemudian penilaian yang cermat dari kami dan sang pemain akan mengambil alih."

 

3 dari 3 halaman

David De Gea Raih Golden Glove, Tapi Dikritik

David de Gea pindah ke Old Trafford dari Atletico Madrid pada 2011 lalu. Dia telah membela Manchester United dalam 545 pertandingan dan mencatatkan 190 clean sheet dalam prosesnya.

Musim lalu, kiper asal Spanyol itu tampil dalam 58 kesempatan di seluruh kompetisi. Dia mencatatkan 25 clean sheet, termasuk 17 di Liga Inggris, yang membuatnya meraih Golden Glove.

Namun, De Gea juga dikritik karena beberapa kesalahan penting pada 2022-23, terutama saat melawan Sevilla di Liga Europa dan West Ham United di Liga Premier.

Ada juga tanda tanya seputar kecocokan De Gea untuk skuad racikan Erik ten Hag yang ingin bermain dari belakang. Sepertinya, dia akan mengadu nasib di tempat lain selama musim 2023-24.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Bursa Transfer

  • Berita Bola