Sukses

Profil dan Prestasi Rahmat Hidayat, Tandem Baru Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya memutuskan untuk berpasangan dengan Rahmat Hidayat yang merupakan juniornya di Pelatnas Cipayung. Mengapa Kevin memilih juniornya tersebut sebagai tandem baru?

Liputan6.com, Jakarta - Kevin Sanjaya memutuskan untuk berpasangan dengan Rahmat Hidayat yang merupakan juniornya di Pelatnas Cipayung. Mengapa Kevin memilih juniornya tersebut sebagai tandem baru?

Mantan peringkat satu dunia ganda putra Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon dipecah sehubungan dengan performa mereka yang terus menurun. Marcus pun mengakui kinerjanya tidak sebaik sebelumnya akibat faktor usia dan cedera.

Akibatnya, pasangan berjuluk Minions itu gagal bersaing di turnamen level atas. Melihat hasil minor tersebut, Pelatnas PBSI memecah mereka dan mencari pasangan alternatif bagi Kevin, sembari menunggu Marcus menjalani operasi kaki hingga proses pemulihan.

Pelatih ganda putra Herry IP menceritakan, sebelum memilih Rahmat, Kevin terlebih dulu disodorkan dua nama pemain lain yang akan menjadi pasangannya. Salah satu kandidat adalah Daniel Edgar Marvino. Namun, komunikasi keduanya tidak baik.

Sementara dengan Rahmat, Kevin sudah punya kecocokan baik di pelatnas maupun di luar lapangan. Oleh karenanya, Herry yakin Rahmat bisa mengikuti gaya permainan Kevin di lapangan.

Apalagi Rahmat juga tampil mumpuni saat menggantikan Yeremia Rambitan untuk berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana. Yeremia tahun lalu mengalami cedera parah sehingga memaksanya absen beberapa waktu dari turnamen.

"Kalau Rahmat sendiri pernah saya coba sama Pram waktu Yere cedera di dua turnamen di Malang, dia bisa berhasil. Saya lihat si Rahmat ini adaptasinya bisa cepat," ujar Herry.

Berikut profil Rahmat Hidayat dan prestasinya sejauh ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahmat Hidayat Pemain Muda Berpotensi

Rahmat Hidayat lahir di Batam pada 17 Juni 2003. Dia berpasangan dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah sejak level junior.

Pasangan ini merebut satu gelar pada turnamen usia muda, yakni Dutch Junior 2020. Rahmat/Rayhan juga sempat masuk final German Junior 2020 dan Denmark Junior 2021.

Naik ke level utama, Rahmat/Rayhan mampu menjuarai Bahrain International dan Lithuanian International. Keduanya tercatat menempati peringkat 76 dunia BWF.

Di Pelatnas Cipayung, Rahmat masuk kategori pratama. Dia lalu sempat dipasangkan dengan Pramudya Kusumawardana ketika Yeremia Rambitan terkena cedera serius.

Bersama Pramudya, Rahmat memenangkan Malang Indonesia International 2022 dan Indonesia Masters 2022.

3 dari 3 halaman

Rahmat Hidayat Bakal Jalani Program Latihan Khusus

Untuk turnamen yang akan diikuti Kevin Sanjaya dan Rahmad Hidayat, Herry IP masih menghitung dan memilah-milah mana yang bakal diikuti.

"Untuk turnamen, saya masih menghitung poin dan memilah-milah dulu turnamen mana yang bisa mereka ikuti. Kita pilih enam bulan ke depan kurang lebih," paparnya.

Sembari menunggu itu, Rahmat Hidayat akan mendapat program latihan khusus agar bisa mengimbangi permainan pasangan barunya. "Yang pasti saya sebagai pelatih pasti memberikan program khusus buat Rahmat supaya bisa cover Kevin. Jadi karena Rahmat masih muda, fisiknya harus ditingkatkan, terutama tangannya agar bisa smes mendekati apa yang diharapkan Kevin," tutur Herry.

"Mungkin tidak bisa seperti Marcus, tapi ya seperti itu jadi yang diubah Rahmat, sedangkan Kevin kan sudah matang. Rahmat yang harus menyesuaikan dan dikasih latihan khusus," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.