Sukses

Sejumlah Klub Liga 1 Bakal Mengungsi Selama Piala Dunia U-17? PSSI Belum Berani Kasih Kepastian

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menyatakan pihaknya belum bisa memberi kepastian terkait penggunaan stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 yang pelaksanaannya berbenturan dengan jadwal kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menyatakan pihaknya belum bisa memberi kepastian terkait penggunaan stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 jelang bergulirnya kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Sebagaimana diketahui, jadwal penyelenggaraan kedua ajang tersebut memang saling bersinggungan pada akhir tahun ini.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air diagendakan bergulir mulai 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024. Sementara Piala Dunia U-17 2023 bakal dilangsungkan di Indonesia pada 10 November  hingga 2 Desember mendatang.

Situasi ini lantas memunculkan kekhawatiran pada sejumlah klub Liga 1. Mereka terancam tidak bisa menggunakan kandang sendiri demi mengakomodasi berjalannya perhelatan sepak bola kelas dunia.

Kondisi tersebut juga sempat tercermin selama masa persiapan Piala Dunia U-20 2023 beberapa waktu lalu. Deretan klub Liga 1 terpaksa bermain di venue berbeda lantaran kandangnya harus dipersiapkan untuk menggelar ajang bergengsi FIFA.

Zainudin Amali selaku Wakil Ketua Umum PSSI belum bisa memberi jaminan terkait hal itu. Pasalnya, FIFA sendiri hingga kini memang belum menurunkan arahan mengenai stadion-stadion yang bakal dipakai di Piala Dunia U-17 2023.

“Kita baru saja diumumkan oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah. Baru sampai di situ, selanjutnya belum ada yang lainnya. Jadi mau mainnya di mana, seperti apa, ya kita menunggu FIFA lagi,” tutu Amali dalam konferensi pers peluncuran BRI Liga 1 2023/2024 di Taman Aviary BRI, Jakarta Selatan, Senin (26/6/2023).

“FIFA baru sebatas mengumumkan kita sebagai tuan rumah (Piala Dunia U-17) saja. Kemudian seperti apa selanjutnya, stadionnya di mana, itu nanti FIFA yang akan menentukan. Saya kira seperti itu, tidak ada hal yang perlu respons lebih, seperti pengumuman itu saja,” tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons PT LIB soal Penggunaan Stadion Jelang Piala Dunia U-17 2023

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus selaku operator kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 juga turut memberi tanggapan mengenai isu penggunaan stadion jelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023.

Dia menyadari bahwa dinamika sepak bola Tanah Air tidak hanya menyangkut kompetisi domestik semata. Untuk itu, pihaknya menegaskan masih perlu waktu melakukan pendalaman lebih lanjut terkait situasi ini.

Ia juga mengeklaim bakal menunggu arahan dan verifikasi FIFA terkait stadion-stadion yang berpotensi digunakan dalam ajang Piala Dunia U-17 2023.

“Yang pertama (terkait) masalah stadion, memang kita semua harus betul-betul menurunkan tensi bahwa gelaran sepak bola itu bukan semata-mata hanya kompetisi saja,” tutur Ferry di Taman Aviary BRI, Senin (26/6/2023).

“Jadi kita memang masih perlu melakukan pendalaman lebih lanjut. Yang utama tentunya direktif dari FIFA (dalam) kaitannya dengan verifikasi, persiapan, kemudian stadion-stadion mana yang akan ditunjuk.”

“Tentunya, ini tidak berhenti sampai di sini. Ssabar dulu, yang pasti gelaran Liga kita sampai dengan kick-off pertama, terus bergulir (pekan) kedua, ketiga, dan seterusnya (bisa berjalan),” tandas Dirut PT LIB.

3 dari 3 halaman

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Indonesia memang baru saja ditunjuk sebagai tuan rumah baru Piala Dunia U-17 2023.

Kesempatan ini didapat setelah Peru dinyatakan batal menjadi lokasi penyelenggaraan kompetisi akibat adanya ketidaksiapan infrastruktur.

FIFA selaku federasi sepak bola dunia lantas menunjuk Indonesia untuk menjadi pengganti Peru. Pengumuman terkait hal itu disampaikan oleh mereka melalui pernyataan yang dirilis pada Jumat (23/6/2023) lalu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun mengharapkan kerja sama serius dari pemerintah pusat dan daerah jelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. Hal ini diperlukan guna memastikan kesiapan Indonesia menghelat ajang sepak bola bergengsi tersebut.

“Saya melihat juga masalah kendala daripada pemerintah daerah dan pusat. Saya rasa kita harus bersepakat, kerja sama pemerintah pusat dan daerah itu satu. Tidak bisa terpisah-pisah,” ujar Erick dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.