Sukses

PSSI Bisa Libatkan APPI untuk Maksimalkan Kinerja Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia

Mantan pemain Timnas Indonesia Firman Utina menilai APPI memiliki data pemain yang bisa jadi masukan buat Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia yang diresmikan ketua umum PSSI Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta Pembenahan sepak bola di Indonesia terus dilakukan secara konsisten oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Setelah membentuk Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia, Erick kembali mengaktifkan PT Garuda Sepakbola Indonesia.

Pertimbangan Ketua Umum PSSI untuk mengaktifkan kembali perseroan tersebut sejalan dengan upaya komersialisasi kegiatan tim nasional (timnas) Indonesia. Erick mengatakan, mayoritas kepemilikan saham PT Garuda Sepak Bola Indonesia (95%) dimiliki oleh PSSI.

Kemudian, sisanya dimiliki oleh yayasan yang baru dibentuk PSSI, yakni Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia.PT Garuda Sepak Bola Indonesia nantinya akan mengelola seluruh aset bisnis PSSI secara profesional, transparan, dan akuntabel.

Pengelolaan yang profesional, transparan, dan akuntabel perlu dilakukan untuk mendapat kepercayaan masyarakat, sponsor, serta partner-partner lain terhadap industi industri sepak bola tanah air, terutama yang berkaitan dengan kegiatan tim nasional.

Mantan pemain Timnas Indonesia Firman Utina mengapresiasi dan mendukung atas lahirnya Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia dan PT Garuda Sepakbola Indonesia. Dia menyarankan PSSI melibatkan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Soalnya, dia mengatakan APPI memiliki data yang lengkap pemain sepak bola di Indonesia. Termasuk data mengenai mantan pemain sepak bola yang sudah memiliki kehidupan ekonomi yang cukup mapan dan mantan pemain sepak bola yang perlu mendapatkan bantuan segera dari Yayasan.

“Sebagai mantan presiden Inter Milan, saya mengerti jika pak Erick banyak turun ke bawah untuk mendengar serta melihat mantan pemain sepak bola. Sehingga dia tau bagaimana mencarikan solusi terbaik untuk mantan pemain sepak bola. Sehingga Yayasan ini terbentuk. Agar kerja Yayasan efektif dan efisien kalau bisa dapat berkoordinasi dengan APPI," kata Firman Utina, mantan pemain timnas Indonesia era 2000-an ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Firman Utina Ingatkan Pesepak Bola Muda Kejar Prestasi

 

Firman mengatakan para pemain sepak bola yang saat ini aktif harus diberikan pemahaman mengenai jenjang karier pasca ia tak menjadi pemain bola. Pemain sepak bola yang berumur 30 tahun sudah dianggap tua.

Yayasan yang dibentuk PSSI, diharapkannya, bisa membuat pesepak bola yang masih aktif bisa mengerti jenjang karier mereka kelak.Selain itu, Yayasan ini diharapkan Firman dapat membantu mantan pemain timnas yang yang saat ini ekonominya sulit.

“Saya sering memberikan masukan ke pemain sepak bola muda bahwa yang saat dihargai bukan umurnya. Tetapi prestasi yang ditorehkan dalam bermain sepak bola. Prestasi akan mencapai puncak di umur 30 tahun. Oleh karena itu, adanya Yayasan dan badan usaha yang mengkapitalisasi timnas ini sangat positif. Ini menunjukkan perhatian dari ketua umum PSSI. Mudah-mudahan hadirnya Yayasan ini menjadi harapan baru buat pemain sepak bola Indonesia," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Yayasan PSSI Tak Hanya Memberi Bantuan Finansial

 

Lanjut Firman, tidak semua mantan pemain sepak bola perlu mendapatkan bantuan finansial dari Yayasan yang dibentuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Yayasan PSSI disebutnya bisa memberikan bantuan berupa Pendidikan atau sertifikasi bagi mantan pemain sepak bola yang ingin berkarier menjadi pelatih.

Dengan banyaknya pelatih diharapkan akan semakin banyak sekolah sepak bola di Indonesia yang bisa menciptakan bibit unggul.

“Banyak mantan pemain sepak bola Timnas tahun 80an yang ekonominya sulit. Bahkan ada yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Menurut saya langkah PSSI untuk memberikan kesetaraan atau lisensi bagi pelatih sepak bola merupakan langkah yang baik. Mungkin para mantan pemain timnas ini bisa diajak duduk bersama dengan Yayasan PSSI untuk diberikan sertifikasi pelatihan," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Pemain Muda Jangan Sampai Alami Star Syndrome

 

Sedangkan untuk pemain yang masih aktif menjadi timnas, Firman menilai Yayasan yang dibentuk ini dapat memberikan pelatihan finansial mengenai bagaimana cara mengatur keuangan. Yayasan juga bisa memberikan bantuan pelatihan berusaha bagi pemain sepak bola yang masih aktif di timnas.

Selain itu menurut Firman, Yayasan juga dapat memberikan pelatihan psikologi agar para pemain muda tak cepat mengalami star syndrome.

“Kita harus menjaga mereka agar dari star syndrome dini. Jangan sampai mereka merasa sudah memiliki sesuatu dan banyak lalu lupa kalau tak memiliki pensiun. Yayasan juga harus memberikan pemahaman kepada pemain muda bagaimana mengelola uang. Sehingga tugas Yayasan ini ada 2 yaitu memberikan pelatihan kepada yang muda dan memberikan bantuan kepada pemain yang sudah purna bakti di sepak bola," kata Firman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.