Sukses

PON 2024 Sudah Dekat, Sumbar Diminta Genjot Persiapan Atlet

KONI Sumbar baru saja resmi dilantik. Mereka diminta segera menyiapkan atlet untuk PON 2024 di Aceh dan Sumut.

Liputan6.com, Jakarta- Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat (Sumbar) resmi dilantik oleh ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman pada Jumat (23/6/2023) pagi WIB. KONI Sumbar kini dipimpin Ir Ronny Pahlawan.

Pelantikan KONI Sumbar dilaksanakan karena dinamika organisasi yang mengharuskan menggelar Musorprov dengan Ronny Pahlawan sebagai hasilnya.

Tugas berat sudah menanti kepengurusan baru KONI Sumbar. Mereka harus menyiapkan tim untuk ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara.

“Rangkaian perjalanan menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut sudah dimulai, babak kualifikasi sudah berjalan. Di Sumatera Barat sendiri, di Kota Sawahlunto akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Pacu Kuda (babak kualifikasi), KONI Provinsi Sumatera Barat harus berlari dalam mempersiapkan para atlet menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut,” tutup Ketum KONI Pusat.

KONI Sumbar harus mempersiapkan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) untuk berbagai kompetisi dan juga babak kualifikasi. Mereka harus bisa mengulangi prestasi di PON 2021 saat berada di urutan 15. Ketika itu Sumbar meraih 8 emas, 12 perak dan 18 perunggu.

“Kita harapkan di bawah kepengurusan Bapak Ronny Pahlawan beserta jajaran pengurus yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, prestasi atlet-atlet Sumatera Barat pada PON 2024 Aceh-Sumut ini tidak kalah dari keikutsertaannya pada PON XX/2021 Papua,” lanjut Marciano.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atlet Berprestasi dari Sumatera Barat

Sumbar juga memiliki atlet yang memperkuat Timnas Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja. Totalnya ada 3 atlet asal Sumatera Barat yang memperkuat kontingen Indonesia pada SEA Games Kamboja. Satu atlet, Randa Riandesta peraih medali emas gulat dan dua lainnya adalah Muhammad Afis yang memperkuat tim kriket serta Dzaki Fathullurahman dari cabor Kun Bokator.

Ketum KONI Sumatera Barat Ir. Rony Pahlawan menjelaskan bahwa dengan dilantiknya beliau beserta jajaran, dapat membawa angin segar bagi masyarakat olahraga Sumatera Barat. Banyak yang harus dipersiapkan KONI Sumbar, mulai babak kualifikasi yang mana diantaranya menjadi tuan rumah, persiapan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera dan juga Pekan Olahraga Bela Diri Nasional yang juga diselenggarakan tahun ini.

“Kami akan bekerja keras, berlari kencang karena waktu kami sudah sangat pendek,” tegas Ronny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.