Sukses

Hasil Indonesia Open 2023: Anthony Ginting Sudah Maksimal

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen dari Denmark di final Indonesia Open 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Anthony Sinisuka Ginting gagal melanjutkan tren positifnya di partai final Indonesia Open 2023. Pebulu tangkis tunggal putra tuan rumah itu kalah dari wakil Denmark Viktor Axelsen.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/6), Anthony Ginting harus puas jadi runner up. Dia kalah 14-21 dan 13-21 dari pebulu tangkis nomor satu dunia itu dalam tempo 47 menit.

Anthony Ginting mengaku sudah memberikan permainan terbaik untuk melawan Viktor Axelsen. Tetapi, perlawanan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu belum menghasilkan kemenangan.

"Bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan hari ini tanpa mengalami cedera. Dua pekan terakhir yang tidak mudah untuk saya mengingat harus melakoni turnamen back to back," ujar Ginting setelah laga final Indonesia Open 2023.

"Sejauh ini saya puas dengan pencapaian ini. Tidak mudah dalam menghadapi turnamen back to back pertandingan dan bersyukur bisa melewati hal itu," imbuh runner up BWF World Tour Finals 2022 itu.

Kekalahan ini memutus tren positif Anthony Sinisuka Ginting yang pada sebelumnya menjadi juara di Singapore Open 2023. Saat itu di Singapore Indoor Arena, juara Hylo Open 2022 itu mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen dengan skor 21-16 dan 21-13.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Viktor Axelsen Manfaatkan Keunggulan Fisik

Di pertandingan kali ini, Anthony Sinisuka Ginting mengakui Viktor Axelsen memanfaatkan keunggulan fisiknya yang menjulang untuk menang. Juara Indonesia Masters 2020 itu terlihat kurang bisa mengantisipasi hal tersebut.

Anthony Ginting pun terlihat kewalahan pada pertengahan pertandingan. "Axelsen memanfaatkan tinggi badan dan jangkauan di laga ini. Saya melihat permainan saya juga sudah dibaca dan ke depannya saya akan terus berbenah untuk mencari celah kelemahan Axelsen," ujar juara Badminton Asia Championships (BAC) 2023 itu.

 

3 dari 4 halaman

Anthony Ginting Sudah Maksimal

Pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah mengungkapkan perjuangan Anthony Sinisuka Ginting sudah maksimal. Dia menilai permainan anak asuhnya sudah seusai dengan instruksinya.

Sayang, Viktor Axelsen lebih unggul dalam hal jangkauan. "Terima kasih atas dukungan buat Anthony Sinisuka Ginting yang sudah bermain hebat kali ini," kata Irwansyah.

"Kami sudah mencoba semaksimal mungkin di laga tadi dan ke depannya saya yakin kami bisa mengalahkan Viktor Axelsen,” ujar mantan pelatih Irlandia Utara itu.

Dengan hasil ini, Anthony Sinisuka Ginting menelan kekalahan ke-12 dari Viktor Axelsen sepanjang 16 pertemuan. Kemenangan terakhir Ginting melawan Axelsen tercipta di semifinal Indonesia Masters 2020 dengan skor 22-20 dan 21-11.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Final Indonesia Open 2023, Minggu 18 Juni 2023

Ganda Campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) 21-14, 21-11

Tunggal Putri: Carolina Marin (Spanyol) vs Chen Yu Fei (China) 18-21, 19-21

Ganda Putri: Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) 22-20,21-10

Ganda Putra: Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) 21-17, 21-18

Tunggal Putra: Viktor Axelsen (Denmark) vs Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) 21-14, 21-13

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.