Sukses

UEFA Nations League 2023: Main dengan Spanyol, Gelandang Manchester City Rodri Kembali Jadi Inspirator

Spanyol berhasil kalahkan Italia dengan skor 2-1 pada semifinal UEFA Nations League yang berlangsung di stadion de Grolsch Veste. Spanyol akan jumpa Kroasia di laga final.

Liputan6.com, Enschede Gelandang Manchester City Rodri menjadi inspirator kemenangan 2-1 Spanyol atas Italia pada semifinal UEFA nations League di stadion de Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Jumat (16/1/2023). Berkat tembakan kerasnya yang memantul, Joselu bisa mencetak gol kemenangan bagi Spanyol.

Kuasai bola 61 persen, Spanyol dan Italia nyaris melanjutkan pertandingan ke perpanjangan waktu. Namun inisiatif Rodri yang melepas tendangan keras dan mengenai pemain Italia jadi pembuka jalan.

Bola muntah tiba di kaki Joselu. Inilah momen sang striker gaek Joselu mengeksekusi gol dengan baik.

Dua gol kemenangan Spanyol dicetak Yeremy Pino dan Joselu. Italia sempat menyamakan skor lewat Ciro Immobile namun gagal menambah gol.

Dengan hasil ini, Spanyol akan jumpa Kroasia di laga final. Sebelumnya, Kroasia kalahkan Belanda lewat perpanjangan waktu dengan skor 4-2 di stadion Feijnoord, Rotterdam pada Kamis (15/6/2023).

"Tim main sangat bagus. Kami mendominasi babak dua dan hanya membutuhkan gol," ujar Joselu seperti dikutip ESPN.

"Saya sendirian setelah tembakan Rodri. Ini jatuh ke kaki saya dan saya yakin tidak offside. Saya senang untuk gol saya karena kami lolos ke final dan berpeluang rebut trofi."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan Spanyol vs Italia di UEFA Nations League

 

Ini menjadi era baru bagi Spanyol dengan Luis de la Fuente. Eks Spanyol U-21 ini diangkat untuk gantikan Luis Enrique yang mundur setelah Spanyol gagal di 16 besar Piala Dunia 2022.

Tampil dengan kekuatan nyaris tak berubah dibandingkan Piala Dunia kecuali kehadiran Jesus Navas, Spanyol sudah unggul terlebih dahulu lewat Yeremy Pino di menit ke-3.

Gol ini disebabkan kecerobohan lini belakang Italia. Terlalu lama mengolah bola, Pino rebut bola dari Bonucci sebelum mengecoh kiper Italia Donnarumma lewat tembakan melengkungnya sehingga membuat skor jadi 1-0.

Italia mendapatkan penalti di menit ke-10 usai tembakan Zaniolo kenai tangan Le Normand. Immobile eksekusi penalti dengan baik di menit ke-11 sehingga skor 1-1. Skor ini juga sekaligus menandai akhir babak 1.

 

3 dari 4 halaman

Babak 2 Spanyol vs Italia di UEFA Nations League

 

 

Italia mengganti Bonucci dengan Mateo Darmian. Sedangkan Spanyol masukkan Marco Asensio untuk gantikan Rodrigo.

Jeremy Pino berpeluang tambah gol lewat tembakannya di menit ke-48. Namun Donnarumma bisa menepisnya sehingga membuat skor tetap 1-1.

Italia mencetak gol kemenangan lewat Joselu di menit ke-88. Berawal dari tembakan Rodri yang mengenai pertahanan, Joselu manfaatkan bola muntah sehingga membuat skor jadi 2-1.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk Spanyol tetap bertahan. Italia akan memperebutkan posisi ketiga melawan Belanda.

 

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Italia

 

SPANYOL (4-2-3-1): Unai Simon; Jesus Navas, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Rodrigo, Mikel Merino; Rodrigo Moreno, Gavi, Yeremy Pino; Alvaro Morata.

ITALIA (3-5-2): Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi; Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Jorginho, Davide Frattesi, Leonardo Spinazzola; Nicolo Zaniolo, Ciro Immobile.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.