Sukses

Live Report Timnas Indonesia vs Argentina: Garuda Menantang Juara Dunia

Timnas Indonesia meladeni juara dunia Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada FIFA Matchday, Senin (19/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapat kesempatan sekali seumur hidup pada FIFA Matchday Juni 2023. Pasukan Shin Tae-yong bakal meladeni juara dunia Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pertandingan tersebut berlangsung Senin (19/6/2023). Indonesia dan Argentina melakoni laga kedua setelah bertanding beberapa hari sebelumnya.

Timnas Indonesia menghadapi Palestina dan bermain 0-0 di Gelora Bung Tomo, Rabu (14/6/2023). Sementara Argentina bersua Australia di Workers Stadium, Kamis (15/6/2023). 

Megabintang Lionel Messi tampil penuh di laga tersebut dan membawa timnya memimpin pada menit ke-2. German Pezzella lalu melengkapi kemenangan 2-0 Argentina pada menit ke-68. Baca berita selengkapnya di sini...

Jurnalis Tyc Sports Gaston Edul mengabarkan trio Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi tidak akan terbang bersama skuad Argentina ke Indonesia. Informasi lengkapnya di sini...

Tm Garuda menggelar latihan perdana untuk menghadapi Argentina di Lapangan A GBK, Kamis (15/6/2023). Pelatih Shin Tae-yong menitip pesan kepada anak suhnya agar tidak gugup dan menikmati pertandingan nanti.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini...

Gaston Edul, yang berada di China dan mendampingi Timnas Argentina, melaporkan pasukan Lionel Scaloni berlatih di Workers Stadium usai laga kontra Australia. 

"Namun, Messi, Di Maria, dan Otamendi sudah meninggalkan rombongan," tulis Edul di akun Twitter.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni menyatakan kepulangan Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi dari tugas membela negara melawan Indonesia adalah keputusannya. 

Scaloni menyebut ketiga pemain veteran itu tidak meminta dibebastugaskan dari laga FIFA Matchday di SUGBK, dan menilai mereka layak mendapat istirahat atas dedikasinya membela Argentina selama ini. 

Rombongan Timnas Argentina bakal menempuh perjalanan enam jam dari Beijing menuju Jakarta, Jumat (16/6/2023). La Albiceleste dilaporkan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 22.00 WIB. 

Timnas Argentina dalam perjalanan menuju Jakarta. Sejumlah pemain memberi kabar ini melalui akun media sosial masing-masing, di antaranya Emiliano Martinez, Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, dan Alejando Garnacho.

Timnas Argentina segera tiba di Jakarta. Aparat berseragam dengan mobil Gegana bersiap menyambut kedatangan mereka. Terdapat pula mobil rantis yang berjaga di sekitar area VIP. 

Mereka memberi penjagaan ketat dan tidak mengizinkan pihak mana pun mendekat. Awak media pun tak diperbolehkan untuk berada di sekitar area kedatangan.

Tidak ada tanda-tanda keramaian suporter yang menyambut pasukan Lionel Scaloni. Selengkapnya di sini...

Timnas Argentina mendarat di Jakarta, Jumat (16/6/2023) pukul 21.30 WIB. Mereka datang dari China menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA891.

Begitu pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, para pemain timnas Argentina langsung dijemput menggunakan bus di apron yang mendapat pengawalan ketat petugas kepolisian. Dari bandara, pemain timnnas Argentina langsung menuju hotel tempat menginap selama berada di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini... 

Timnas Argentina akan menggelar latihan di SUGBK, Sabtu (17/6/2023), setelah tiba di Jakarta semalam sebelumnya. Namun, sesi berlangsung tertutup dari media.

Keputusan diambil untuk menjaga fokus agar La Albiceleste tampil maksimal menghadapi Timnas Indonesia di tempat sama, Senin (19/6/2023).

Tanpa Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi, Argentina bakal mengandalkan 24 pemain saat menghadapi Timnas Indonesia, Senin (19/6/2023). Daftar selengkapnya bisa dilihat di sini...

Timnas Indonesia juga melakukan persiapan maksimal sebelum menantang Argentina. Pasukan Shin Tae-yong rencananya bakal menggelar latihan, Sabtu (17/6/2023) pukul 18.30 WIB.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku juga sedih Messi tak ikut bertanding melawan timnas Indonesia. Namun menurutnya masih banyak pemain hebat di tim Argentina yang datang ke Jakarta. Selengkapnya di sini...

Polda Metro Jaya mengerahkan 5.596 personel gabungan untuk mengamankan pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6/2023). Informasi selengkapnya klik di sini... 

H-1 sebelum pertandingan, Timnas Indonesia dan Argentina bakal melakukan persiapan terakhir, Minggu (18/6/2023). Tim Garuda dan La Albiceleste menjalani latihan terbuka pada malam hari. Sebelumnya perwakilan kedua kubu menggelar konferensi pers.

Penukaran tiket Indonesia vs Argentina berlangsung hingga Hari H. Sejumlah calo menawarkan tiket bagi calon penonton yang belum memiliki. Baca selengkapnya di sini... 

Timnas Indonesia mendapat giliran pertama pada konferensi pers jelang pertandingan. Di sini pelatih Shin Tae-yong memberi pandangan terhadap makna duel kontra Argentina. Simak komentar lengkapnya di sini...

Pelatih Argentina Lionel Scaloni menjawab pertanyaan media Indonesia terkait keputusan memulangkan Lionel Messi. Dia menyebut langkah itu bukan karena meremehkan Tim Garuda. Baca penjelasan Scaloni di sini... 

Timnas Indonesia dan Argentina sudah menyelesaikan latihan resmi jelang pertandingan, Minggu (18/6/2023). Tidak seperti sehari sebelumnya, sesi kali ini terbuka bagi media.

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menyatakan Presiden RI Joko Widodo bakal menontong laga Indonesia vs Argentina langsung di SUGBK. "Sudah dipastikan, insyallah hadir," katanya.

"Sudah diatur terkait dengan keamanan. Sudah diarahkan. Maka kepada teman-teman suporter tolong datang lebih awal, jangan pas mulai pertandingan, baru mau datang. Bagi mereka yang sudah mempunyai gelang langsung masuk ke dalam stadion," sambung Zainudin Amali.

Hari yang ditunggu sudah tiba. Timnas Indonesia bakal melakoni laga bersejarah melawan juara dunia Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6/2023). Pertandingan dimulai pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia tidak mau muluk-muluk pada laga melawan Argentina. Hasil imbang menjadi target realistis pada duel FIFA Matchday nanti. Baca prediksi pertandingan selengkapnya di sini...

Meski pertandingan dimulai pukul 19.30 WIB, gerbang dan pintu SUGBK sudah dibuka masing-masng sejak 16.30 WIB dan 17.30 WIB. Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali meminta suporter yang memiliki tiket langsung masuk stadion.

Sekitar 60 ribu orang bakal menyaksikan langsung pertandingan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di SUGBK. Bagi yang tidak kebagian tiket, laga dapat ditonton melalui live streaming. Bagaimana cara mendapatkan link-nya? Klik di sini...

Presiden RI Joko Widodo tidak hanya menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Argentina. Dia juga bakal bertemu anak asuh Shin Tae-yong usai pertandingan. Baca informasi selengkapnya di sini...

Penonton laga Indonesia vs Argentina mulai berdatangan ke SUGBK. Banyak di antara mereka yang memakai jersey Tim Tango.

Suasana di lobi hotel Fairmont hingga pukul 17.30 WIB masih ramai suporter. Mereka menunggu kesempatan untuk menyapa para pemain Argentina yang akan tampil melawan Indonesia, malam ini kick off 19.30 WIB.

Tidak hanya dari Indonesia, sebagian pendukung yang menanti kemunculan Albiceleste berasal dari Argentina. Namun seperti halnya suporter lain, ketatnya pengamaman membuat mereka juga kesulitan mendekat ke tim pujaannya. 

Kedua tim sudah merilis starting XI. Indonesia menurunkan enam pemain naturalisasi. Sedangkan rotasi personel Argentina tidak sebanyak dugaan sebelumnya. Baca selengkapnya di sini...

Laga di SUGBK jadi pertemuan pertama sepanjang sejarah Indonesia dan Argentina. Tim Garuda jadi negara ke-82 yang dihadapi Tim Tango pada pentas internasional.

Mampukah Indonesia mengikuti jejak sejumlah negara yang memiliki rekor positif kontra Argentina? Baca di sini...

Peraih Golden Buzzer America's Got Talent  2023 Putri Ariani menyanyikan Rayuan Pulau Kelapa dan Berkibar Bendera Negeriku jelang pertandingan.

Cucu Presiden RI Joko Widodo, Jan Ethes, jadi maskot pertandingan. Dia bergandengan tangan dengan kiper Argentina Emiliano Martinez.

Peluit tanda kick-off ditiup. Kedua tim mengenakan seragam kebesaran, Indonesia merah dan Argentina biru-putih. Wasit asal Malaysia Muhammad Usaid bin Jamal memimpin pertandingan.

Sesuai prediksi, Argentina menguasai bola pada lima menit pertama. Namun, Tim Tango belum mampu menciptakan peluang berarti.

Tembakan pertama Argentina ke gawang Indonesia akhirnya hadir di menit ke-10. Namun, tandukan German Pezzella yang menjadi kapten masih melambung. Dari tendangan gawang, kiper Indonesia Ernando Ari melakukan kesalahan yang hampir berbuah gol. 

Nicolas Gonzalez memberi ujian pertama bagi Ernando Ari di menit ke-18. Namun, tendangannya masih bisa dihalau sang kiper dari Persebaya Surabaya. Skor masih 0-0.

Pemain Indonesia mengorbankan badan untuk meredam serangan Argentina. Bek Elkan Baggott sukses memblok tendangan Facundo Medina. 

Tidak lama kemudian, Indonesia sukses memanfaatkan kesalahan lini belakang Argentina. Rafael Struick mendapat ruang di kotak penalti. Namun, niatnya menggocek lawan bisa dihentikan.

Jordi Amat melakukan kesalahan dengan terlalu lama menguasi bola. Facundo Buonanotte tinggal memasukkan bola ke gawang, tapi bola dibuang Baggott.

Si kulit bundar jatuh ke kaki Julian Alvarez. Kali ini Ernando Ari yang melakukan penyelamatan.

Argentina melakukan kesalahan sehingga Indonesia mendapat tendangan penjuru di menit ke-34. Marc Klok yang mengambil mengarahkan langsung bola ke gawang.

Sayang sepakannya bisa dimentahkan bek Argentina.

Kesulitan menembus pertahanan Indonesia, Argentina mencoba lewat  tendangan jarak jauh. Usaha Leando Paredes pun gagal dihentikan Ernando Ari. Argentina unggul 1-0 di menit ke-38.

Argentina hampir memperbesar keunggulan. Julian Alvarez menemukan ruang di pertahanan Indonesia. Beruntung bagi tuan rumah, tendangannya masih melebar. 

Tambahan empat menit hadir di babak pertama. Argentina terus mengurung pertahanan Indonesia, tapi gagal mengubah skor. Justru Ivar Jenner yang memaksa penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez melakukan penyelamatan.

Tim Tango memimpin 1-0 di 45 menit awal.

Babak kedua dimulai. Hanya ada dua pergantian pemain di kubu Indonesia. Shayne Pattynama dan Dimas Drajad keluar, Pratama Arhan dan Dendy Sulistyawan masuk. 

Indonesia mendapat kesempatan dari dua situasi bola mati di lima menit pertama selepas jeda. Namun tidak ada yang membuahkan hasil. 

Tendangan bebas Marc Klok ditangkap Emiliano Martinez. Sedangkan umpan silang Pratama Arhan dari tendangan penjuru terlalu jauh.

Lemparan jarak jauh Pratama Arhan langsung membahayakan Argentina. Umpannya ditanduk Elkan Baggott. Sayang Emiliano Martinez masih sigap mementahkan bola.  

Tidak seperti Indonesia, Argentina memaksimalkan setiap situasi yang didapat. Tendangan penjuru Giovani Lo Celso disambut Cristian Romero untuk merobek gawang tuan rumah.

Tim Tango unggul 2-0 atas Indonesia di menit ke-55. 

Lemparan ke dalam Pratama Arhan kembali merepotkan. Kali ini Emiliano Martinez cuma bisa menepis bola. Si kulit bundar jatuh ke Rizky Ridho. Sayang tendangannya melebar.

Argentina lalu meakukan dua pergantian pemain. Alejandro Garnacho dan Marcos Acuna menggantikan Nicolas Gonzalez dan Facundo Medina.

Indonesia merespon dengan memasukkan Witan Sulaeman sebagai pengganti Rafael Struick. Tempo pertandingan kemudian berjalan melambat.

Namun, keseluruhan Argentina tetap mengontrol jalan laga dengan Indonesia sesekali coba melancarkan serangan balik.

Facundo Buonanotte melepas tembakan yang bisa ditangkap Ernando Ari. Dia lalu digantikan Lucas Ocampos.

Pratama Arhan kemudian mendapat dua kesempatan melepas senjata andalan lemparan ke dalam. Tapi tidak ada yang berbuah gol. Laga menyisakan 15 menit.

Argentina bermain sabar dan tidak ngotot memperbesar keunggulan. Gol justru hampir dihadiahkan Ernando Ari yang ruangnya ditutup Julian Alvarez.

Tim Tango lalu memasukkan tiga pemain baru. Thiago Almada, Guido Rodriguez, dan Giovanni Simeone bermain mengisi tempat Leandro Paredes, Exequiel Palacios, dan Julian Alvarez.

Yacob Sayuri mendapat waktu bermain di lima menit akhir. Dia menggantikan Ivar Jenner. Ofisial pertandingan memberi tambahan waktu lima menit.

Pada injury time, Alejandro Garnacho menguji refleks Ernando Ari. Laga berakhir dengan Argentina menang 2-0. 

Presiden RI Joko Widodo, Menpora Dito Ariotedjo, dan Ketua Umum PSSI turun ke lapangan untuk bersalaman dengan pemain dan berfoto bersama. Ibu Negara Iriana juga ambil bagian di acara foto tersebut. 

Pelatih Argentina Lionel Scaloni memuji kinerja Indonesia meski kalah 0-2. Dia memberi semangat agar Tim Garuda terus berkembang lagi. 

Baca komentar lengkap Scaloni pada jumpa pers usai pertandingan di sini...

Laga Indonesia vs Argentina sudah selesai. Pemain kedua tim kini menjalani kepentingan masing-masing. Penggawa Indonesia bersiap menghadapi Liga 1 yang bergulir bulan depan. 

Sedangkan pemain Argentina berlibur karena mayoritas tampil di Eropa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini