Sukses

Sempat Pulih dari Covid-19, Mantan Pemilik AC Milan Silvio Berlusconi Meninggal Dunia di Usia 86 Tahun

Kabar duka menyelimuti kancah sepak bola Italia. Silvio Berlusconi yang sempat menjadi pemilik AC Milan dikabarkan meninggal dunia di usia 86 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka menyelimuti kancah sepak bola Italia. Silvio Berlusconi yang sempat menjadi pemilik AC Milan dikabarkan meninggal dunia di usia 86 tahun.

Menurut pernyataan Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani dalam Associated Press, Berlusconi memang sempat menjalani perawatan intensif akibat infeksi sejak awal April lalu.

Sosok yang juga pernah menjabat sebagai mantan Perdana Menteri Italia itu akhirnya mengembuskan napas terakhir di rumah sakit San Raffaele di Milan pada Senin (12/6/2023) pagi waktu setempat.

“(Berlusconi) dirawat di rumah sakit pada Rabu 5 April 2023. (Ia) dalam perawatan intensif karena masalah yang berkaitan dengan infeksi sebelumnya,” papar sang Menteri Luar Negeri Italia, seperti dilansir dari laporan Associated Press.

“Perdana Menteri (yang) tiga kali (menjabat) berusia 86 tahun itu berada di ICU di rumah sakit San Raffaele Milan, klinik tempat dia secara rutin menerima perawatan,” sambung Antonio Tajani dalam penjelasannya.

Sebagai informasi, Berlusconi sendiri memang tercatat telah mengalami sejumlah masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu yang paling signifikan, tetapi berhasil pulih ialah COVID-19 pada 2020 silam.

Di samping itu, mantan pemilik AC Milan juga diketahui sudah lama memakai alat pacu jantung. Ia pun pernah menjalani operasi untuk mengganti katup aorta pada 2016, bergulat dengan kanker prostat, hingga dirawat akibat infeksi saluran kemih pada Januari 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Silvio Berlusconi di Sepak Bola Italia

Tak hanya dikenal sebagai mantan perdana menteri dan taipan, nama Silvio Berlusconi juga cukup termasyhur lantaran pernah menjadi pemilik klub raksasa Serie A AC Milan.

Pria yang wafat di usia 86 tahun itu pertama kali membeli Rossoneri pada 1986. Di bawah kepemimpinannya, AC Milan boleh dikata cukup berjaya di kancah sepak bola.

Mereka berhasil menjadi juara Piala Champions musim 1988/1989, mengalahkan Barcelona di final Liga Champions 1993/1994, hingga memetik kemenangan besar 6-0 atas rival sekotanya Inter Milan di Serie A musim 2000/2001.

3 dari 3 halaman

Usai AC Milan, Silvio Berlusconi Menjadi Pemilik Monza

Pisah dari AC Milan, Silvio Berlusconi masih melanjutkan kiprah di kancah sepak bola Italia. Ia dikenal sebagai pemilik klub AC Monza.

Menariknya, di bawah kepemimpinan Berlusconi, kejadian penting kembali dialami oleh klub tersebut. Monza berhasil meraih tiket promosi ke Serie A pada 2022 lalu, yang membuatnya tampil di kasta tertinggi musim 2022/2023.

Kesempatan itu pun menjadi kali perdana Monza berlaga di Serie A. Mereka mendampingi Lecce dan Cremonese yang juga sama-sama meraih promosi tahun lalu.

Adapun Monza juga dipastikan masih akan bermain di kasta tertinggi Liga Italia 2023/2024. Pasalnya, mereka berhasil menjauhi zona degradasi dengan finis di peringkat 11 usai mengumpulkan total 52 poin dari 38 pertandingan musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.