Sukses

Menpora Pastikan Bonus untuk Peraih Medali ASEAN Para Games 2023 Naik

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Dito Ariotedjo menyebutkan besaran bonus yang akan diberikan kepada atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja meningkat. Ini kalau dibandingkan bonus pada penyelenggaraan kompetisi yang sama pada 2022 di Solo.

"Kalau bonus, sudah pasti ini naik dari ASEAN Para Games sebelumnya, ini sudah pasti naik karena mengikuti juga bonus dari SEA Games," kata Menpora Dito seperti dikutip antara.

Menpora menegaskan bahwa besaran bonus yang diberikan oleh pemerintah kepada atlet para games sama dengan bonus yang diperoleh atlet peraih medali di SEA Games 2023.

Mengutip data Kemenpora RI, bonus untuk atlet peraih medali emas pada pertandingan perorangan senilai Rp 525 juta, ganda atau pasangan Rp 420 juta, dan nomor beregu Rp 367,5 juta.

Untuk medali perak pada nomor perorangan sebesar Rp 315 juta, nomor ganda atau pasangan Rp 252 juta, dan beregu Rp 220,5 juta. Sementara bonus medali perunggu pada nomor perorangan Rp 157,5 juta, ganda atau pasangan Rp 126 juta, dan beregu Rp 105,5 juta.

Dito menyebut pemerintah sengaja memberikan bonus untuk atlet peraih medali di SEA Games 2023 beberapa hari lalu bertepatan dengan kompetisi ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. Tujuannya, kata Dito, untuk memacu semangat para atlet para games meraih medali di kompetisi olahraga disabilitas terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pesan Presiden Jokowi soal Pemanfaatan Bonus

 

Menpora juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo untuk para atlet yang menerima bonus agar memanfaatkannya dengan bijak, seperti berinvestasi untuk masa depan. Dito juga menyampaikan hal tersebut kepada atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Mengutip laman resmi ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Indonesia menduduki peringkat pertama klasemen perolehan medali dengan 148 emas, 132 perak, dan 87 perunggu.

ASEAN Para Games yang diselenggarakan sejak 3 Juni akan berakhir pada Jumat (9/6) dengan para-bulu tangkis sebagai cabang olahraga terakhir yang akan dipertandingkan.

Pada malam harinya, akan diadakan upacara penutupan untuk menandakan ajang olahraga penyandang disabilitas se-Asia Tenggara telah selesai.

 

3 dari 5 halaman

Menpora Bangga dengan Prestasi Indonesia di ASEAN Para Games 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora, Dito Ariotedjo sangat bangga dengan torehan atlet Indonesia yang kembali panen medali di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Dengan torehan 132 emas, 129 perak dan 79 perunggu, Indonesia untuk ketiga kali beruntun atau hattrick juara ASEAN Para Games.

Semua ini disebut Menpora tak mungkin terwujud tanpa kerja keras dan semangat yang ditunjuk atlet Indonesia.

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebanggaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu untuk ketiga kali secara beruntun," kata Menpora Dito seperti dikutip antara.

Dia mengatakan, capaian kontingen Indonesia di Kamboja semakin lengkap dengan deretan rekor yang dicetak pada sejumlah cabang olahraga, yaitu para-renang dan para-angkat berat.

"Lebih istimewa lagi, pada edisi kali ini merupakan perolehan medali terbanyak ketika tidak menjadi tuan rumah, ini merupakan sejarah. Bahkan untuk medali perak dan perunggu, kita yang terbanyak," jelasnya.

 

4 dari 5 halaman

Rebut Juara Umum ASEAN Para Games Berkat Kerja Keras Sejak Pelatnas

 

Chief de Mission Kontingen Indonesia Andi Herman menambahkan, hasil juara umum kali ini merupakan buah kerja keras yang dilakukan sejak pelatnas.

Dia menyebut tekad yang kuat untuk kembali mempertahankan juara umum membuat seluruh elemen, baik atlet hingga pelatih terinspirasi untuk mewujudkan harapan tersebut.

"Hasil yang menjadi kebanggaan bersama dan sejarah capaian pemecah rekor. Masih ada besok di hari terakhir dan kita punya peluang untuk membawa pulang 140 hingga 150 medali emas," kata Andi Herman.

 

5 dari 5 halaman

Presiden Jokowi Selalu Dukung Atlet Disabilitas

 

Sementara itu, Ketua Umum Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Senny Marbun mengapresiasi kepedulian pemerintah Indonesia termasuk Presiden Jokowi yang terus memberikan dukungan penuh kepada atlet disabilitas.

Dukungan itu menambah motivasi seluruh atlet untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, termasuk ASEAN Para Games.

"Terima kasih kepada bapak presiden dan pemerintah yang peduli kepada masyarakat difabel. Atlet kita semakin termotivasi untuk menambah medali emas. Indonesia harus kita harumkan," kata Senny Marbun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.