Sukses

Hasil Singapore Open 2023: Langsung Tersingkir, Fajar/Rian Evaluasi Faktor Mental, Fisik, dan Percaya

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan melakukan evaluasi untuk segera bangkit usai tersingkir dari babak 32 besar Singapore Open 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus angkat koper lebih cepat di Singapore Open 2023. Kiprah pebulu tangkis ganda putra Indonesia itu sudah terhenti di babak 32 besar.

Fajar/Rian disingkirkan pasangan Inggris Ben Lane/Sean Vendy. Duet dengan akronim Fajri itu takluk dua game langsung 15-21 dan 18-21.

Fajar/Rian mengaku lawan bermain lebih baik dan lebih siap. "Mereka rupanya sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kami," kata Fajar usai laga Singapore Open 2023 di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Selasa (6/6/2023).

"Mereka main dengan defend yang kuat, baru balik serang. Sementara kami terburu-buru melakukan serangan dan kerap jadi bumerang."

"Lawan memang lebih siap. Apalagi di pertemuan terakhir, kami juga menang dan kalah. Lawan memang bermain lebih berani dan tanpa beban. Mereka sangat siap menyiapkan strategi. Saat kami lagi dapat poin, lawan break," ucap Fajar menambahkan.

Tersingkir di babak awal Singapore Open 2023 membuat Fajar/Rian ingin segera bangkit. "Kami tentu kecewa dengan kekalahan ini. Sebelumnya kami juga gagal di Malaysia Masters. Di dua turnamen ini performa kami kurang bagus," aku Rian.

"Untuk menghadapi kejuaraan selanjutnya, evaluasi kami harus meningkatkan faktor mental, fisik, dan juga rasa percaya. Selain itu, kami juga harus bisa main lebih enjoy lagi," tambahnya.

"Setelah kalah, evaluasi untuk bangkit adalah kami harus melakukan latihan yang lebih keras lagi agar hasil di next tournament bisa lebih baik. Saya ingin mengembalikan performa dulu, agar bisa lebih fresh dan bisa main lebih baik lagi," pungkas Fajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permainan Fajar/Rian Tidak Normal

Pelatih kepala ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengatakan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tidak bermain dalam performa terbaiknya.

"Permainan Fajar/Rian hari ini memang tidak normal. Performa kedua pemain di bawah form," katanya. "Touch-nya belum balik. Untuk Fajar memang ada kendala. Pinggangnya memang sudah tidak sakit lagi, tetapi gerakan tidak seperti biasanya. Gerakan sambungannya jadi agak lambat, tidak secepat dulu."

"Sementara Rian, di bahunya ada cedera. Belum pulih 100 persen. Belum bisa melakukan smash secara penuh. Masih ada ragu-ragu sehingga permainan tidak normal seperti biasa. Kualitas serangan terasa nanggung," ucap pelatih yang akrab disapa Herry IP itu menambahkan.

Herry IP menambahkan dia sudah bicara dengan Fajar/Rian tentang performa mereka. "Kami tentu tidak hal ini jadi berlarut-larut. Mereka mengakui segala kekurangannya. Kami pun harus bisa segera bisa bangkit dan mempersiapkan diri lebih baik lagi. Apalagi pekan depan ada Indonesia Open," ucap Herry IP.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan Singapore Open 2023

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Ben lane/Sean Vendy (Inggris) 15-21, 18-21

Supak Jomkoh/Kittinupong Kedrenlina (Thailand) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia) 21-16, 16-21, 16-21

Ganda Campuran

Mathias Thyrri/Amalie Magelund (Denmark) vs Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) 21-17, 21-19

Tunggal Putra

Jonatan Christie (Indonesia) vs Shi Yu Qi (China) 19-21, 12-21

Ganda Putri

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Indonesia) vs Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Indonesia) 17-21, 10-21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.