Sukses

Hasil Thailand Open 2023: Takluk dari Wakil China, Sabar/Reza Kandas di Perempat Final

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani gagal merebut tiket ke babak semifinal Thailand Open 2023 usai ditaklukkan oleh wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang dengan rubber game 21-16, 15-21, 12-21 dalam duel babak perempat final pada Jumat (2/6/2023) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani gagal merebut tiket ke babak semifinal Thailand Open 2023.

Langkah mereka kandas di fase delapan besar usai ditaklukkan oleh wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang lewat pertarungan sengit tiga game 21-16, 15-21, 12-21 pada Jumat (2/6/2023) sore WIB.

Sabar/Reza sejatinya tampil cukup percaya diri di awal game pertama. Keduanya mampu bermain cerdik hingga berhasil unggul 6-2 atas wakil Tiongkok pada permulaan laga.

Liang/Wang mencoba mengejar ketertinggalan hingga mendekati interval. Mereka sanggup mengumpulkan tambahan empat angka berturut-turut, yang membuat kedua pasangan menjadi hanya berselisih dua poin di kedudukan 9-7.

Beruntung, situasi tersebut dapat segera dipatahkan oleh Sabar/Reza. Ganda putra Indonesia mampu mencatatkan skor dominan 11-7 di jeda set pembuka.

Wakil Merah Putih melesat selepas jeda. Mereka tak memberi terlalu banyak ruang bagi pasangan China untuk mengembangkan permainan.

Kesalahan demi kesalahan sendiri yang dilakukan oleh kubu Liang/Wang turut memberi keuntungan buat Sabar/Reza. Ganda putra Indonesia mengoleksi tambahan angka berturut-turut yang membuat mereka unggul separuh skor, 18-9, di pengujung game pertama.

Akan tetapi, Liang/Wang lagi-lagi berupaya bangkit mendekati poin-poin kritis. Sabar/Reza yang gantian melakukan unforced errors sempat memberi angin segar buat lawan. Beruntung situasi ini tak bertahan lama. Sabar/Reza berhasil mengunci kemenangan di set pembuka dengan 21-16 atas wakil China.

Dominasi duo Indonesia berlanjut di game kedua perempat final Thailand Open 2023. Sabar/Reza yang aktif melancarkan serangan kembali memimpin perolehan poin dengan 3-0. Malang wakil China kali ini tak butuh waktu lama untuk mengejar ketertinggalan. Dalam sekejap, Liang/Wang sudah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Persaingan sengit tersaji setelahnya. Ganda putra China memaksa wakil Tanah Air terlibat dalam drama kejar-kejaran skor. Sabar/Reza pun harus rela tertinggal 10-11 di interval set kedua lantaran shuttlecock yang mereka kembalikan melebar dari bidang permainan lawan.

Liang/Wang tampil agresif selepas jeda. Keduanya kerap melancarkan serangan yang sulit diantisipasi oleh duo Merah Putih. Sebaliknya, Sabar/Reza malah sering membuat kesalahan sendiri. Alhasil wakil Indonesia harus merelakan game kedua usai tertinggal 15-21.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Game Ketiga Sabar/Reza Melawan Wakil China

Duel panas kembali mewarnai jalannya game ketiga. Kedua pasangan langsung jual beli serangan dan terlibat skenario kejar-mengejar skor.

Wakil Indonesia tertinggal tiga angka dalam kedudukan 4-7. Liang/Wang yang seolah baru menemukan pola permainan terbaiknya berhasil memaksa Sabar/Reza tunduk 5-11 di interval game penentu.

Sabar/Reza berupaya mengembalikan dominasi yang sempat tercipta di game pembuka selepas jeda. Akan tetapi, sejumlah unforced errors yang dilakukan membuat wakil Indonesia kesulitan mendekati perolehan poin Liang/Wang.

Serangan demi serangan yang dilancarkan pasangan China juga gagal dikembalikan. Akhasil, Duo Tanah Air masih tertinggal enam poin di kedudukan 9-15.

Ganda putra Tiongkok tak butuh waktu lama untuk menuntaskan perlawanan. Dalam sekejap mereka berhasil memaksa Sabar/Reza berada di posisi minor sekaligus mengunci kemenangan dengan skor akhir 12-21.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Perempat Final Thailand Open 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-6: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei)

Lapangan 2

Pertandingan ke-5: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan)

Lapangan 3

Pertandingan ke-4: Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China); 21-16, 15-21, 12-21

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 12.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.