Sukses

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Minta PSSI Bangun Kompetisi Usia Muda yang Berkesinambungan

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkap harapannya untuk kepengurusan baru PSSI. Ia ingin agar federasi sepak bola Tanah Air di bawah kepemimpinan Erick Thohir dapat menyediakan kompetisi usia muda yang berkesinambungan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkap harapannya untuk kepengurusan baru PSSI. Ia ingin agar federasi sepak bola Tanah Air di bawah kepemimpinan Erick Thohir dapat menyediakan kompetisi usia muda yang berkesinambungan.

Sekadar informasi, para pesepak bola Indonesia U-16 baru saja menjalani rangkaian acara BRImo Future Garuda yang merupakan hasil kolaborasi PSSI dengan Bank BRI.

Sejumlah legenda sepak bola dunia, mulai dari Juan Sebastian Veron, Roberto Carlos, Eric Abidal, Marco Materazzi, hingga Giorgos Karagounis turut dihadirkan guna menambah kemeriahan acara tersebut.

Adapun Veron dan kawan-kawan diminta melakukan coaching clinic bagi penggawa muda Tanah Air sekaligus beradu taktik dalam fourfeo cup yang dihelat di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis (1/6/2023).

Bima Sakti, yang sempat berdiskusi dengan mantan pesepak bola legendaris itu mengeklaim Veron dan kawan-kawan mengapresiasi bakat milik talenta-talenta muda Indonesia. Hanya saja, mereka kompak menilai Tanah Air butuh kompetisi yang berkualitas.

Oleh karena itu, Bima Sakti berharap Erick Thohir bersama jajarannya di PSSI dapat terus berkomitmen untuk membangun kompetisi usia muda yang berkelanjutan. Hal ini diperlukan demi menempa performa pemain-pemain Indonesia.

“Hampir semua (pemain legenda yang datang) menyampaikan bahwa Indonesia tidak kekurangan bakat atau talenta. Cuma sekarang yang dibutuhkan adalah kompetisi,” papar Bima Sakti saat ditemui awak media di Stadion Madya, Kamis (1/6/2023) siang WIB.

“Jadi, kita berharap di kepengurusan baru ini, (PSSI) bisa membuat kompetisi usia muda yang berkesinambungan, yang waktunya panjang. Jadi mereka (para pemain) bisa ditempa di kompetisi,” sambung sosok yang pernah mengantar anak-anak asuhnya menjadi juara Piala AFF U-16 2022 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapat Juan Sebastian Veron soal Pemain Muda Indonesia

Sebelumnya, mantan pesepak bola asal Argentina Juan Sebastian Veron memang sudah menyampaikan sendiri pendapat serupa. Ia mengisyaratkan bahwa kualitas kompetisi menjadi salah satu aspek krusial dalam perkembangan para pemain muda.

Menurut Veron, Indonesia harus memiliki kompetisi yang bagus agar dapat diikuti oleh para penggawa. Hal itu pada gilirannya bakal membantu pesepak bola Merah Putih tampil bersaing dan mendapat kesempatan untuk menjajal persaingan di Eropa.

“Para pemain butuh kompetisi. Kalian harus punya kompetisi yang bagus. (Dengan begitu) mungkin mereka (para pemain) suatu saat nanti juga bisa merasakan kompetisi yang lebih baik di Eropa,” tuturnya saat ditemui awak media di Stadion Madya GBK, Kamis (1/6/2023).

3 dari 3 halaman

Pemain Muda Punya Waktu untuk Berkembang

Terlepas dari hal itu, Veron optimistis para pemain Indonesia U-16 yang ia temui di perhelatan BRImo Future Garuda masih memiliki banyak waktu untuk berkembang.

Mantan penggawa Manchester United (MU) dan Chelsea  pun berharap pemain-pemain muda Tanah Air nantinya juga mendapat kesempatan berlaga di ajang internasional bersama Timnas Indonesia.

“Meraka bagus, jadi mereka punya waktu yang panjang untuk berkembang. Mereka juga bisa berrmain di timnas suatu saat nanti,” katanya lagi saat ditemui di sela-sela fun match pada Kamis (1/6/2023) siang WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini