Sukses

6 Agenda Internasional yang Dilakoni Indra Sjafri dan Shin Tae-Yong dengan Timnas Indonesia

Indra Sjafri dan Shin Tae Yong berbagi tugas dalam menangani Timnas Indonesia. Dua pelatih sama-sama menjalani 3 agenda penting dengan Garuda.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah membagi tugas untuk dua pelatih terbaik di Indonesia saat ini, Indra Sjafri dan Shin Tae-Yong. Keberhasilan Indra Sjafri mengantarkan Timnas Indonesia U-22 menjadi juara cabor sepak bola SEA Games 2023 membuat dia dipermanenkan sebagai pelatih timnas.

Indra Sjafri sebelumnya merupakan direktur teknik PSSI. Karena keberhasilan Indonesia rebut emas, yang sudah ditunggu selama 32 tahun, pelatih asal Sumatera Barat ini pun dipercaya untuk menangani Timnas Indonesia U-23.

Sedangkan Shin Tae-Yong atau STY akan fokus di timnas senior. Rupanya pembagian tugas ini tak semata-mata karena keberhasilan Indra Sjafri.

Namun agenda Timnas Indonesia mulai Juni sampai Januari 2024 memang padat. Setidaknya, ada enam agenda internasional yang dijalani Indra Sjafri dan STY.

Uniknya, masing-masing pelatih sama-sama memiliki 3 agenda internasional. Apa saja enam agenda internasional yang dilakoni Indra Sjafri dan STYdengan Timnas Indonesia hingga 2024 nanti?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Dapat Lawan Ringan

 

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan hasil undian yang relatif "ringan" di kualifikasi Piala Asia U-23. Berdasarkan pengundian yang dilakukan di AFC House, Kamis (25/5/2023), Indonesia saat grup dengan China Taipei dan Turkmenistan.

Ya, Indonesia mendapatkan durian runtuh karena hanya melawan dua negara saja di kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung di Indonesia nanti. Status menjadi tuan rumah cukup membantu Indonesia dalam mendapatkan lawan mudah.

Hasil pengundian ini disambut gembira Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Dia pun berdoa Indonesia bisa lolos ke Piala Asia U-23.

"Alhamdulillah barusan selesai mengikuti drawing Kualifikasi Piala Asia U-23, di mana kita sebagai tuan rumah grup K.Alhamdulillah kita satu grup dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei," kata Indra Sjafri seperti dikutip twitter resmi PSSI.

"Setelah selesai drawing, dari hotel saya langsung ke Masjid Nabawi untuk sholat meminta Indonesia bisa lolos ke putaran final di Qatar tahun depan dan berprestasi di tingkat Asia nantinya."

Lalu Apa Saja agenda Timnas Indonesia di Tangan Indra Sjafri dan Shin Tae Yong? Simak di halaman berikutnya.

 

3 dari 4 halaman

Agenda Timnas Indonesia dengan Indra Sjafri

 

Indra Sjafri yang ditunjuk melatih Timnas Indonesia U-23 akan dihadapkan pada 3 agenda yaitu Piala AFF U-23, kualifikasi Piala Asia U-23 dan Asian Games 2023.

Piala AFF U-23 belum ditentukan waktu dan tanggalnya karena masih menunggu drawing yang digelar 29 Mei 2023. Sedangkan kualifikasi Piala Asia U-23 digelar 4-12 September 2023 dimana Indonesia jadi tuan rumah.

Sedangkan Asian Games Hangzhou digelar 23 September sampai 8 Oktober 2023. Indra Sjafri harus berbagi pemain dengan STY karena waktu yang berdekatan antara agenda Timnas Indonesia U-23 dengan senior.

 

4 dari 4 halaman

Agenda Timnas Indonesia dengan STY

 

STY pun tak kalah padatnya karena juga menghadapi 3 event internasional.Shin Tae-yong yang akan fokus ke Timnas Indonesia senior juga dinanti 3 ajang besar.

Ajang itu adalah FIFA Matchday 2023 pada 12-20 Juni dan juga 4-12 September. Lalu, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana pertandingannya akan digelar mulai tahun ini, di antaranya pada 12-17 Oktober dan juga 16-21 November 2023.

Ajang ketiga adalah Piala Asia 2023. Ajang itu akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar. Indonesia sendiri masuk Grup D di ajang itu sehingga akan bersua Jepang, Irak, dan Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.