Sukses

Persija Jakarta Pertahankan 2 Bek Senior, Jadi Panutan Pemain Muda

Persija Jakarta memperpanjang kontrak dua bek senior Maman Abdurrahman dan Tony Sucipto. Keduanya dikontrak hingga akhir musim Liga Indonesia 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta resmi memperpanjang kontrak dua pemain seniornya, Maman Abdurahman (41) dan Tony Sucipto (37). Ini menjadi kabar mengejutkan karena mengingat usia kedua pemain sudah cukup tua untuk pemain profesional.

Maman Abdurrahman dan Tony dipastikan akan melanjutkan masa baktinya untuk Macan Kemayoran hingga akhir Liga Indonesia 2023/2024. Keduanya dinilai masih mampu berkontribusi di lapangan dalam mengarungi musim depan. Tak hanya itu, mereka diyakini memberikan dampak positif untuk pemain muda Persija.

Selain itu, loyalitas keduanya patut menjadi panutan. Bagi Maman, musim 2023/2024 menjadi musim ketujuhnya di Persija (sejak ISC A 2016). Sementara Tony bakal menjalani musim keenamnya (ISL 2010/2011 dan sejak Liga 1 2019).

Di musim terakhir mereka yang notabene usia sudah makin senior, Maman dan Tony masih mendapatkan tempat dalam strategi pelatih Persija Thomas Doll. Sepanjang musim 2022/2023 Maman bermain sebanyak 15 laga (8 starter) dan Tony 17 laga (3 starter).

Maman mengucapkan terima kasih karena manajemen Persija masih mempercayai dirinya untuk membela Tim Ibu Kota. Pemain kelahiran Jakarta, 12 Mei 1982, itu mengaku rencana jangka panjang Thomas Doll yang membuat dirinya yakin untuk memperpanjang kontrak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komentar Maman Abdurrahman

 

Maman sudah menjalani karier panjang di sepak bola di Indonesia. Dia sempat menjadi andalan Timnas Indonesia di era 2000-an dan juga main di Persib Bandung yang notabene rival abadi Persija.

“Alhamdulillah saya akan tetap bermain untuk Persija di musim selanjutnya. Banyak perkembangan dan perubahan yang dibawa Thomas Doll dari musim lalu,” ucap Maman.

“Melihat dari semua proses dan rencana pelatih membuat saya yakin untuk terus melanjutkan karier di Persija. Saya bangga bisa terus memberikan kontribusi kepada tim,” katanya melanjutkan.

 

3 dari 5 halaman

Maman dan Tony Beri Bimbingan untuk Pemain Muda

 

Maman pun mempunyai ambisi dalam satu tahun ke depan. Bukan soal sekadar memberikan yang terbaik di lapangan, tapi lebih dari itu.

"Saat ini saya dan Tony akan menjadi pembimbing pemain-pemain muda di sini (Persija). Saya berharap kehadiran kami bisa membantu mereka menjadi pemain berprestasi,” ujar Maman.

Di sisi lain, Tony pun mengungkapkan kegembiraanya karena masih dipercaya untuk bermain untuk Persija hingga musim depan.

"Alhamdulillah pelatih dan manajemen masih percaya sama saya untuk kompetisi di musim ini (2023/2024). Semoga saya bisa selalu berikan yang terbaik buat tim,” ucap gelandang kelahiran Surabaya, 12 Februari 1986 itu.

4 dari 5 halaman

Tuah Pemain Timnas Indonesia U-22

Sementara itu, Persija Jakarta menyumbangkan empat pemain di Timnas Indonesia U-22 yang juara dan rebut emas SEA Games 2023 cabor sepak bola. Ini membuat Macan Kemayoran bangga karena para pemain mereka memberi kontribusi

Witan Sulaeman, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, dan bek baru Persija, Rizky Ridho Ramadhani, bahu-membahu dengan pemain lain dalam membentuk skuad yang solid di SEA Games 2023. Keempat nama itu memiliki peran masing-masing di skuad besutan Indra Sjafri.

Presiden Persija, Mohamad Prapanca, mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-22, khususnya kepada Witan, Rio, Ferarri, dan Ridho. Dia berharap 4 pemain ini bisa transfer mental juara ke dalam skuad Persija.

"Persija mengucapkan terima kasih kepada Timnas Indonesia U-22 yang akhirnya mampu menghentikan dahaga 32 tahun Indonesia akan medali emas SEA Games," kata Prapanca seperti dikutip situs resmi klub

"Kami sangat bangga dengan perjuangan seluruh elemen di Timnas. Pencapaian ini tentu menjadi motivasi kepada semua orang yang terlibat di dalam sepak bola nasional bahwa Indonesia bisa jadi yang terbaik di level internasional,” kata Prapanca.

5 dari 5 halaman

Transfer Mental Juara ke Persija

Witan, Rio Fahmi, Muhammad Ferrari dan Rizky Ridho mendapatkan peran masing-masing di Timnas Indonesia U-22. Namun keempat pemain sama-sama berjuang maksimal demi emas SEA Games meski lalu ujian yang berat.

Semangat dan mental juara ini yang diharapkan bisa menular ke Persija Jakarta. Saat ini, Persija sudah memulai persiapan dengan melakukan tes fisik kepada pemain pada Senin (22/5/2023).

:Kami pun bersyukur bahwa Witan, Rio, Ferarri, dan Ridho, memiliki kontribusi yang besar bersama Timnas Indonesia U-22. Harapan kami semoga mereka tidak puas dengan pencapaian saat ini karena masih ada potensi dalam diri mereka yang harus terus dikembangkan," kata Muhamad Prapanca.

"Selain itu, semoga mental juara SEA Games bisa mereka transfer ke rekan-rekannya di Persija agar mentalitas kami semakin tangguh dalam mengarungi musim depan,” tuturnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.