Sukses

Argentina Bakal Beruji Coba Melawan Timnas Indonesia, Waktunya Balas Kekalahan di Piala Dunia U-20 1979?

Ternyata, kedua negara sudah pernah bertemu sebelumnya dalam ajang Piala Dunia U-20 dan Garuda Nusantara harus memperoleh hasil yang buruk dalam laga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Argentina dalam FIFA Matchday  di Jakarta pada 19 Juni 2023. Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) melalui situs resminya serta akun media sosial resmi Timnas Argentina.

Selain Indonesia, Argentina juga akan menyambangi China. Namun di Negeri Tirai Bambu, Albiceleste akan berhadapan dengan timnas Australia pada laga yang digelar 16 Juni 2023 mendatang. 

Kehadiran Argentina tentu disambut meriah oleh para pencinta sepak bola Indonesia. Sebab, pertemuan ini boleh dikatakan sebagai momen yang sangat langka, apalagi bila Albiceleste benar-benar mengajak Lionel Messi yang sebelumnya memimpin Tim Tango merebut gelar juara Piala Dunia 2022 di Qatar tahun lalu. 

Indonesia sebenarnya sudah pernah bertemu Argentina, tapi di level U-20. Momen ini tercipta pada Piala Dunia U-20 edisi 1979. Saat itu, Argentina diperkuat oleh sang legenda, Diego Maradona. 

Berlangsung di Jepang, Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Argentina, Polandia dan Yugoslavia. Dalam pertandingan fase grup hari pertama, skuad Garuda Muda saat itu langsung berhadapan dengan Negeri Tango yang kala itu diperkuat legenda sepak bola Diego Maradona muda.

Hasilnya Argentina menang meyakinkan dengan skor 5-0 melalui hattrick Ramon Diaz serta brace Maradona. Perjuangan Indonesia sendiri berakhir di fase grup di mana Garuda Muda berakhir di posisi juru kunci Grup B tanpa mencatatkan satu pun kemenangan dan satu pun gol, serta kebobolan 16 gol.

Dan Argentina berhasil melaju hingga babak final serta meraih gelar juara Piala Dunia U-20 pertama mereka usai menaklukan Uni Soviet.

Adapun pertemuan antara Argentina dengan Indonesia bulan depan akan menjadi pertemuan pertama kedua negara di timnas level senior.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konfirmasi

Sementara itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Timnas Argentina melalui akun Twitter resminya telah merilis pengumuman mengenai rencana kunjungan mereka ke Indonesia pada bulan Juni. Berikut isi cuitannya:

“#SeleccionMayor Asia Tour 2023. Pertandingan persahabatan yang terkonfirmasi: 15 Juni [Argentina] vs Australia di Beijing. 19 Juni vs Indonesia di Jakarta,” seperti dikutip dari akun Twitter @Argentina.

Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) juga merilis pengumuman serupa melalui situs resminya. Menurut AFA, jadwal dan stadion yang akan digunakan akan dikonfirmasi dalam beberapa hari ke depan.

3 dari 3 halaman

Tantangan Berat

Meski hanya pertandingan persahabatan, laga menghadapi Argentina memiliki tantangan berat untuk dimenangkan oleh anak asuh Shin Tae Yong. Pasalnya, skuad Negeri Tango dipenuhi pemain bintang seperti Lionel Messi, Emiliano Martinez, Paulo Dybala dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga merupakan skuad juara dunia.

Untuk memastikan skuad Garuda siap untuk menjalani FIFA Matchday, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengonfirmasi jika Timnas Indonesia akan segera menjalani pemusatan latihan (TC) pada 6 Juni nanti untuk memmpersiapkan tim jelang pertandingan melawan anak asuh Lionel Scaloni.

“Tadi sudah telepon lewat Jeje nama-nama pemain yang akan dipanggil di FIFA Matchday. Saya juga sudah lapor ke pak ketum sebagai Dirtek, nanti tanggal 6 akan ada rencana persiapan,” ujar Sjafri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.