Sukses

Perjuangan Suporter Hadiri Konvoi Timnas Indonesia U-22, Ujian Sekolah dan Skripsi Bukan Halangan

Ribuan penggemar antusias menyambut parade juara Timnas Indonesia U-22 pada Jumat (19/5/2023). Kisah menarik pun dimilki suporter saat hendak bertemu langsung dengan penggawa Merah Putih. Contohnya ialah seorang fans cilik yang rela datang menemui Witan Sulaeman, meski tengah berada di pekan ujian.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 baru saja melaksanakan pawai juara dari Gedung Kemenpora menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (19/5/2023).

Acara ini menjadi bentuk perayaan sekaligus apresiasi atas keberhasilan Garuda Nusantara menyabet medali emas cabor sepak bola SEA Games 2023, usai mengalahkan Thailand di babak final pada Selasa (16/5/2023) lalu.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia memang sudah lama absen naik ke podium tertinggi ajang olahraga multi event se-Asia Tenggara. Adapun prestasi serupa terakhir didapat dalam SEA Games edisi 1991 di Filipina.

Tak heran jika ribuan penggemar nampak antusias menyaksikan parade juara Timnas Indonesia U-22 sejak Jumat (19/5/2023) pagi. Langkah ‘berani’ pun diambil suporter demi bertemu langsung dengan penggawa Merah Putih.

Contohnya dilakukan oleh seorang suporter cilik yang rela datang menemui Witan Sulaeman, meski tengah berada di pekan ujian.

Menurut penuturan sang ayah, Rizal Siran, putranya memang merupakan penggemar berat penggawa Persija itu. Ia sampai rela menemani sang anak melakukan perjalanan jauh dari BSD menuju Jakarta selepas ujian, agar bisa menyakiskan langsung Witan saat pawai.

“Anak saya ngefans dengan Witan, berusaha ketemu Witan. Alhamdulillah dimudahkan. (Dia) foto tadi (dengan Witan) sambil gemetar,” tutur Rizal saat ditemui awak media di SUGBK pasca konvoi Timnas Indonesia U-22, Jumat (19/5/2023) siang WIB.

“Saya dari BSD, jemput dia di sekolah. Hari ini kebetulan dia ujian, saya tunggu dia ujian dulu terus kemari. Anak saya juga senang main bola, anak saya sampai tidak bisa tidur. Ya semoga ini jadi motivasi buat dia,” tambah Rizal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Luangkan Waktu di Tengah Skripsi

Kisah menarik lain juga datang dari Imanuddin Azmi. Mahasiswa yang tengah duduk di semester delapan itu rela meluangkan waktunya di sela-sela keseharian menyusun skripsi demi menyaksikan pawai Timnas Indonesia U-22.

“(Saya) memang spesial (datang) buat merayakan kemenangan (Timnas Indonesia U-22) atas kejuaraan di SEA Games. (Selama) 32 tahun kita menanti emas di Indonesia,” tuturnya kala dijumpai di sekitar Masjid Al-Bila Kompleks GBK.

“Saya kebetulan mahasiswa semester 8 dan lagi nyusun skripsi. Teman-teman kampus saya pada datang, ya saya ikut memeriahkan.”

“Terharu rasanya. Tadi saya juga sempat boncengin reporter (dari salah satu media) untuk mengawal bus Timnas Indonesia, itu sebuah kenanganlah buat saya,” tandas dia.

3 dari 3 halaman

Kirab Juara SEA Games 2023

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-22 bukanlah satu-satunya cabor yang mengikuti pawai dari Kemenpora. Sejumlah cabang olahraga lain sebelumnya juga dilepas untuk mengikuti arak-arakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Gedung Kemenpora pada Jumat (19/5/2023) pagi WIB.

Timnas Indonesia U-22 justru tidak ikut dalam acara pembukaan akibat akses masuk telah diblok massa penggemar. Walau begitu, anak-anak asuh Indra Sjafri tetap bergabung dengan kendaraan pawai milik kontingen olahraga lain yang berangkat dari Kemenpora.

Adaoun Garuda Nusantara diarak dengan melewati Jalan Jenderal Sudirman Sudirman, turun ke Semanggi, hingga menuju Bundaran HI. Setelahnya, mereka kembali berkumpul untuk melaksanakan seremoni di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.