Sukses

Indra Sjafri Jadi Pelatih Timnas Indonesia di Asian Games 2022 Huangzhou, Zainudin Amali: Tunggu Rapat Exco PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri berpotensi kembali diberi kepercayaan untuk menukangi skuad Merah Putih di Asian Games 2022 Hangzhou, usai mengantar Garuda Nusantara menyabet medali emas SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri berpotensi menukangi skuad Merah Putih di Asian Games 2022 Hangzhou, yang dijadwalkan bergulir pada September hingga Oktober mendatang. Hal ini menyusul wacana menurunkan lagi deretan pemain yang baru saja mendulang prestasi di SEA Games 2023 Kamboja.

Garuda Nusantara di bawah asuhan Indra Sjafri seperti diketahui berhasil mengakhiri masa paceklik emas Indonesia di cabang sepak bola SEA Games yang sudah berjalan 32 tahun. Tahun ini, Garuda Nusantara yang diperkuat pemain-pemain usia di bawah 22 tahun berhasil mengalahkan Thailand 5-2 di final.  

 

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali tak menampik bila Indra berpotensi melanjutkan kiprahnya di Asian Games 2022 Huangzhou. Hanya saja, menurutnya hal itu masih akan dibicarakan di rapat exco.  

Ia juga memastikan peran Shin Tae-yong di FIFA Matchday tidak akan terpengaruh oleh wacana tersebut.

"Ya kita lihat, kalau (di Asian Games 2022) tetap timnya ini, kemungkinan kita akan pertahankan Indra Sjafri,” tutur Amali saat ditemui awak media pasca solat Jumat di Masjid Al-Bina, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (19/5/2023) siang WIB.

"Kita akan rapatkan di Exco dulu mana yang akan kita (turunkan). Tapi (timnas) yang senior akan tetap (ditangani) Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday menghadapi Palestina dan mudah-mudahan ada (lawan) yang lainnya setelah itu,” tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembagian Tugas

Pendapat tak jauh berbeda disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia mengeklaim pihaknya memang sudah merancang pembagian tugas bagi Indra Sjafri dan Shin Tae-yong, mengingat Timnas Indonesia bakal melalui agenda yang cukup padat dalam waktu dekat.

"Jadi untuk Asian Games–kita kan juga ada kualifikasi Kejuaraan Dunia 2026 yang dimulai pada Oktober dan November, lalu kita mau training camp 3 minggu mulai 20 Desember untuk AFC Cup–Alhamdulillah saya punya 2 coach jagoan, nah kita bagi tugas, Coach Shin Tae-yong akan (urus) yang itu, Coach indra yang satunya,” tutur Erick.

"Dan saya sudah bicara ke mereka dari hati ke hati. Ya kita harus kompak, harus bersatu ya. Jangan sampai tim nasional kita ya dipuji terbang, nanti dikritik jatuh. Kita harus jaga itu, jadi kita benar-benar harus persiapkan,” tambah dia saat memberi keterangan kepada awak media selepas pawai Timnas Indonesia U-22 di SUGBK, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

3 dari 3 halaman

Siap Jalankan Perintah

Di sisi lain, Indra Sjafri juga sempat angkat bicara menanggapi potensi dirinya turun sebagai pelatih di Asian Games 2023. Ia mengaku siap menjalankan mandat apabila ditugaskan oleh PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air.

“Saya sesuai perintah saja. Yang jelas tugas saya di SEA Games sudah selesai dan sudah sesuai apa yang dibebankan oleh PSSI, oleh Pak Erick, yaitu medali emas. Tugas selanjutnya saya tunggu,” tuturnya di SUGBK, Jumat (19/4/2023) siang WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.