Sukses

Timnas Indonesia U-22 Rebut Emas SEA Games 2023, Bamsoet Tagih Janji Pemerintah Beri Penghargaan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia U-22 dalam mengakhiri penantian 32 tahun dengan merebut medali emas sepak bola SEA Games 2023. Dia pun meminta pemerintah memberi penghargaan atas capaian tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia U-22 dalam mengakhiri penantian 32 tahun dengan merebut medali emas sepak bola SEA Games 2023. Dia pun meminta pemerintah memberi penghargaan atas capaian tersebut.

Indonesia mengalahkan Thailand 5-2 pada final SEA Games di Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023). Ini adalah kesuksesan pertama Indonesia menempati podium tertinggi sejak Manila 1991.

"Mengapresiasi seluruh perjuangan, kerja keras, dan pengorbanan Timnas U-22, mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial yang telah membawa kemenangan bagi Indonesia dalam sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja," ungkap Bamsoet.

"MPR meminta pemerintah untuk dapat memberikan penghargaan terbaik kepada Timnas U-22 karena keberhasilannya meraih sejarah baru yang membawa Indonesia kembali meraih emas dalam laga sepak bola putra setelah 32 tahun lamanya," sambungnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Bamsoet juga berharap Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tidak lepas puas dengan capaian di Kamboja. Politisi Partai Golkar ini berharap emas SEA Games 2023 jadi momentum awal.

"Sebagai titik awal dari perjalanan sepak bola Indonesia untuk terus menggapai asa yang lebih tinggi," kata sosok yang juga menjabat Ketua Umum IMI tersebut.

Untuk itu, Bamsoet menagih komitmen pemerintah dalam mendorong dunia sepak bola Indonesia agar terus maju dan berprestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. "Sehingga diharapkan melalui support penuh pemerintah, dunia sepak bola mampu terus mengharumkan nama bangsa," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas U-22 Bakal Diarak di Jakarta

Keberhasilan timnas mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja mendapat apresiasi tinggi dari Tanah Air.

Exco PSSI Arya Sinulingga menyebut federasi sepak bola sudah menyiapkan acara arak-arakan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi Timnas Indonesia U-22 di kejuaraan multi event ASEAN.

“Maksud dan tujuan acara ini untuk menghormati seluruh pemain dan ofisial tim karena mereka sudah merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Ini medali emas yang sudah lama sekali ditunggu, yakni 32 tahun, setelah terakhir kita merebutnya di SEA Games Manila, Filipina, tahun 1991,” tutur Arya, dilansir dari situs PSSI.

“Setelah itu, (acara ini juga dimaksudkan) untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini mendukung perjuangan tim U-22 agar melihat dan bertemu pemain secara langsung,” sambung dia.

3 dari 4 halaman

Jadwal Parade Juara Timnas Indonesia U-22

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-22 akan mendarat di Tanah Air pada Kamis (18/5/2023) malam WIB. Acara perarakan pun diagendakan berlangsung keesokan harinya, yakni Jumat (19/5/2023) mulai pukul 08.00 WIB.

Rizky Ridho bersama kolega rencananya akan diarak mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, lalu menuju Jalan Sudirman ke Bundaran HI, hingga finis kembali di Gelora Bung Karno.

Arya memastikan pihaknya sudah meminta izin dari kepolisian untuk menggelar acara tersebut. Ia juga berharap proses perarakan Timnas Indonesia U-22 bisa berjalan tertib.

Adapun masyarakat yang hendak menyaksikan arak-arakan diizinkan berdiri di sepanjang jalan dari GBK, menuju Sudirman dan Bundaran HI, hingga bermuara lagi di GBK.

“Setelah arak-arakan ini berakhir, kita akan akhiri dengan solat Jumat di seputar Senayan,” tandas Arya, menjelaskan agenda Timnas Indonesia U-22.

4 dari 4 halaman

Bonus dari PSSI dan Pemerintah

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menggondol medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 juga akan membuat mereka dibanjiri bonus.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya sudah menyatakan bakal ada bonus yang diberikan apabila anak-anak asuh Indra Sjafri berhasil menuntaskan perlawanan Thailand.

Walau demikian, sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu belum mengungkap besaran bonus yang bakal diturunkan.

“Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu baru bicara bonus. Pasti ada tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu nanti malah nggak fokus,” kata Erick Thohir saat di kompleks Morodok Techo International Stadium, Phnom Penh, sebelum laga final.

Selain dari PSSI, Timnas Indonesia U-22 juga sudah dipastikan bakal mengantongi bonus dari pemerintah Indonesia. Pemberian bonus bagi peraih emas kejuaraan multi event selama ini memang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Besaran bonus untuk nomor perorangan dan beregu nantinya berbeda. Menpora Dito Ariotedjo konon telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk menaikkan besar bonus bagi peraih medali di SEA Games 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.