Sukses

Top 3 Berita Bola: Timnas Indonesia U-22 Rebut Emas Sepak Bola SEA Games 2023, Kalahkan Thailand di Laga Banjir Kartu Merah

Indonesia mengakhiri penantian 32 tahun dengan merebut medali emas sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja. Pasukan Indra Sjafri mengalahkan Thailand 5-2 di final, Selasa (16/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mengakhiri penantian 32 tahun dengan merebut medali emas sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja. Pasukan Indra Sjafri mengalahkan Thailand 5-2 di final, Selasa (16/5/2023).

Euforia di balik prestasi tersebut menarik perhatian pembaca Kanal Bola Liputan6.com. Selain itu, ada pula kabar terbaru jelang semifinal Liga Champions Manchester City vs Real Madrid. Berikut top 3 berita bola hari ini.

1. Timnas Indonesia U-22 Juara Rebut Medali Emas Sepak Bola SEA Games 2023, Kalahkan Thailand di Laga Banjir Kartu Merah

Timnas Indonesia U-22 mengakhiri penantian 32 tahun untuk meraih medali emas sepak bola putra SEA Games. Pasukan Indra Sjafri menang 5-2 atas Thailand pada final SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Pertandingan harus berlangsung sampai perpanjangan waktu dan diwarnai hujan kartu merah.

Pada laga ini timnas Indonesia U-22 tak bisa menurunkan bek kiri Pratama Arhan yang diganjar kartu merah di semifinal. Posisi bek kiri dipercayakan Indra Sjafri kepada Haykal Alhafiz.

Timnas Indonesia langsung menekan Thailand di awal laga. Sebuah peluang didapat di awal melalui Marselino Ferdinan. Eks pemain Persebaya Surabaya itu melepaskan tendangan jarak jauh, sayangnya masih melambung.

Pada menit ketujuh kiper Indonesia Ernando Ari diganjar kartu kuning oleh wasit asal Oman akibat melanggar pemain Thailand. Untungnya hadiah tendangan bebas tak membuahkan gol.

Pada menit 17, bek tengah Komang Teguh Trisnanda hampir saja menjebol gawang Thailand lewat tembakan jarak jauh. Tendangan roketnya cuma tipis dari gawang Thailand.

Indonesia akhirnya bisa menjebol gawang Thailand pada menit 20 melalui sundulan Ramadhan Sananta yang menyambar umpan lemparan kedalam Alfaendra Dewangga. Bola membentur salah satu pemain Thailand yang berdiri di depan gawang.

Di menit 27, wasit asal Oman memberikan kartu kuning sekaligus kepada pemain Indonesia Komang Teguh dan Jonathan Khemdee akibat bersitegang saat situasi bola mati.

Indonesia kembali mendapat peluang di menit 34 lewat aksi individu Witan Sulaeman. Sayangnya tembakan rendah pemain Persija Jakarta itu masih bisa ditangkap oleh kiper Thailand.

Thailand mulai sering mengancam Indonesia di akhir babak pertama. Dua kali beruntun pemain Thailand melepaskan tembakan. Beruntung pertahanan Indonesia dengan balik bisa membloknya.

Beberapa detik sebelum turun minum, Indonesia mencetak gol lagi lewat gol indah Ramadhan Sananta. Umpan jauh Rizky Ridho menimbulkan kepanikan pertahanan Thailand. Sananta kemudian melepaskan tendangan spekulasi dari jarak jauh melewati kepala kiper Thailand. Indonesia unggul 2-0 sampai jeda babak pertama. Selengkapnya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semifinal Liga Champions

2. Jelang Semifinal Liga Champions, Manchester City Beruntung Real Madrid Kehilangan Pemain Penting

Manchester City akan meladeni Real Madrid pada semifinal leg kedua Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Rabu dini hari pukul 02.00 WIB (17/5/2023). Pada laga pertama pekan lalu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Jelang pertandingan, Manchester City punya keuntungan karena kekuatan Real Madrid dilaporkan sedang melemah. Pelatih Los Blancos Carlo Ancelotti tidak yakin apakah salah satu pemain 'penting' nya bisa tersedia pada laga itu.

City bermain imbang 1-1 dengan Real di Bernabeu pada leg pertama pertandingan semifinal Liga Champions pekan lalu. Vinicius Junior membawa Real unggul pada menit ke-36. Namun, Kevin de Bruyne menyamakan kedudukan setelah turun minum dengan tendangan kerasnya.

Hasil imbang berarti City harus mengalahkan tim asuhan Ancelotti di Etihad pada Rabu dini hari nanti menjaga harapan mereka memenangkan treble yang fantastis tetap hidup.

Salah satu pemain yang harus diwaspadai Real Madrid di leg kedua adalah penyerang City Erling Haaland. Namun, pemain bintang itu berhasil dimatikan bek tengah Real Antonio Rudiger. Selengkapnya di sini...

3 dari 3 halaman

Gol Kedua Indonesia di Final SEA Games 2023

3. Berawal dari Bola Fair Play, Ini Aturan Kenapa Gol Kedua Ramadhan Sananta di Final SEA Games 2023 Disahkan Wasit

Gol kedua Timnas Indonesia U-22 ke gawang Thailand pada pertandingan final SEA Games 2023 Kamboja menuai tanda tanya banyak pihak. Pasalnya, skor tercipta lewat skema bola fair play.

Bertanding di Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023), Indonesia berhasil memimpin 2-0 di babak pertama lewat dwi gol yang dicetak oleh Ramadhan Sananta.

Gol pertama lahir dari skema bola mati lemparan ke dalam yang dilakukaan Alfeandra Dewangga pada menit ke-20. Sementara gol kedua lahir bebera detik sebelum turun minum. Tendangan spekulasi yang dilepaskan Ramadhan berhasil mengecoh penjaga gawang Thailand yang meninggalkan sarangnya.

Namun belakangan, gol ini menimbulkan tanda tanya. Banyak yang menganggapnya kontroversial karena berawal dari bola fair play setelah Witan Sulaiman terjatuh. Wasit kemudian memberikan drop ball kepada Rizky Ridho yang kemudian mengirim bola kepada Ramadhan. Dua pemain Thailand sempat datang menghampiri, tapi bola yang disambar Ramadhan melambung menjebol gawang Thailand.

Tidak sedikit yang menganggap gol tersebut tidak sah. Benarkah demikian? Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini