Sukses

Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Presiden Jokowi: Selamat, Garuda Muda!

Presiden Jokowi mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand 5-2 pada laga final di Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 5-2 pada laga final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Sukses ini mengakhiri penanti 32 tahun meraih medali emas cabang sepak bola putra.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 disambut gembira oleh Presiden Joko Widodo. Melalui akun Twitter reseminya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada skuad asuhan Indra Sjafri.

"Pertandingan yang dramatis sepanjang 120 menit, diwarnai hujan kartu merah dan kuning, gol-gol indah bahkan sampai injury time," tulis Presiden Jokowi.

"Akhirnya Tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepak bola dari SEA Games 2023, akhir sebuah penantian selama 32 tahun. Selamat, Garuda Muda!" cuit Jokowi dalam cuitan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Thailand di final, Timnas Indonesia U-22 membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui Ramadhan Sananta yang menyundul umpan lemparan kedalam Alfaendra Dewangga. Bola membentur salah satu pemain Thailand yang berdiri di depan gawang.

Indonesia menggandakan skor pada menit ke-45+3 lewat sontekan Sananta. Skuad Garuda memimpin 2-0 pada babak pertama.

Thailand bisa memperkecil sko Thailand bisa memperkecil skor pada menit 64. Pemain pengganti Anan Yodsangwal mencetak gol melalui sundulan meneruskan sebuah umpan penjuru.

Saat pertandingan akan berakhir, Thailand menyamakan skor pada menit 90+7 lewat kelihaian pemain pengganti Yotsakon Burapha di kotak penalti. Tembakan kaki kanannya tak kuasa dibendung Ernando.

Skor 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

 

3 dari 3 halaman

Perpanjangan Waktu

Babak perpanjangan waktu baru dimulai, Timnas Indonesia U-22 kembali unggul melalui Irfan Jauhari. Kesalahan passing pemain Thailand diselesaikan dengan dingin oleh Irfan lewat tendangan lob.

Usai gol tercipta, terjadi keributan dahsyat di bangku cadangan yang melibatkan pemain Indonesia dan Thailand serta ofisial tim. Wasit pun memberikan kartu merah kepada Kiper Thailand Soponwit dan bek Indonesia Komang Teguh.

Dua ofisial dari Thailand dan Manajer Timnas Indonesia U-22 Sumardji juga diganjar kartu merah usai keributan tersebut.

Thailand semakin terpuruk karena Jonathan Khemdee juga diusir wasit karena melanggar keras pemain Indonesia. Unggul jumlah pemain, Indonesia mencetak gol keempat melalui tendangan keras Fajar.

Thailand kembali kehilangan satu pemainnya akibat Teerasak Poeiphimai mendapat kartu kuning kedua di menit 118. Indonesia kemudian mencetak gol kelima lewat pemain pengganti Beckham Putra.

Pertandingan pun berakhir 5-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.