Sukses

Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023, Indra Sjafri Sejajar dengan Anatoli Polosin dan Bertje Matulapelwa

Baru ada tiga pelatih yang mampu membawa medali emas untuk Indonesia di SEA Games. Salah satunya Indra Sjafri.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-22 mengakhiri penantian 32 tahun untuk merebut medali emas sepak bola putra SEA Games. Garuda Nusantara menjadi juara SEA Games 2023 setelah menang dramatis 5-2 atas Thailand pada laga final yang berlanjut sampai perpanjangan waktu, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Bertanding di National Olympic Stadium, Kamboja, Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta. Gol pertama dicetak lewat sundulan yang kemudian dibelokkan pemain Thailand. Kemudian Sananta mencetak gol indah lewat tendangan lambung dari jarak jauh di akhir babak pertama.

Di babak kedua Thailand bangkit. Dua pemain pengganti membuat Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha. Gol Yotsakon bahkan terjadi di detik akhir dimana tim Indonesia sudah sempat merayakan kemenangan karena mengira wasit sudah meniup peluit panjang.

Beruntung di perpanjangan waktu, Thailand melakukan blunder fatal di menit pertama sehingga Irfan Jauhari mampu mengembalikan keunggulan Indonesia. Setelah itu terjadi keributan yang membuat satu pemain Indonesia dan satu pemain Thailand diusir wasit.

Dua pemain Thailand lain kemudian menyusul menerima kartu merah. Timnas Indonesia U-22 mampu memanfaatkannya untuk mencetak dua gol lagi lewat Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra.

Keberhasilan timnas Indonesia merebut emas sepak bola SEA Games 2023 membuat pelatih Indra Sjafri masuk buku sejarah. Pria asal Sumatera Barat itu sejajar dengan Anatoli Polosin dan Bertje Matulapelwa. Hanya mereka bertiga pelatih yang bisa mempersembahkan emas di SEA Games untuk Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polosin

Bertje menjadi pelatih pertama yang membawa Indonesia juara di SEA Games pada 1987. Kemudian Polosin mengikutinya empat tahun kemudian. Tapi setelah itu Indonesia puasa 32 tahun.

Berbagai pelatih sudah berusaha merebut emas untuk Indonesia, tapi selalu gagal. Baru Indra Sjafri yang bisa mewujudkannya di tahun 2023 ini.

3 dari 3 halaman

Lengkapi Prestasi Indra Sjafri

Menjuarai SEA Games 2023 semakin melengkapi prestasi Indra Sjafri sebagai pelatih di level umur timnas Indonesia. Sebelumnya Indra Sjafri sukses juara Piala AFF U-19 dan U-22.

Di SEA Games sendiri, Indra Sjafri memperbaiki prestasinya di tahun 2019 lalu yang cuma bisa mendapatkan medali perak. Saat itu Indonesia kalah dari Vietnam 0-3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.