Sukses

Kronologi Indonesia Temukan Perenang Berbakat Felix Viktor Iberle yang Langsung Berjaya di SEA Games 2023

Felix Viktor tak cuma meraih emas di SEA Games 2023, tapi juga memecahkan rekor.

Liputan6.com, Jakarta- Salah satu permata yang muncul di SEA Games 2023 mengharumkan nama Indonesia adalah perenang muda Felix Viktor Iberle. Pemuda 17 tahun itu sukses merebut medali emas di nomor 50 meter gaya dada pada debutnya di SEA Games.

Tak sekadar meraih emas, Felix juga menorehkan catatan waktu yang fantastis. Berlaga di Modorok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamis (11/5/2023) pagi WIB, pada babak penyisihan Felix mencatatkan waktu 27,56 detik.

Catatan waktu tersebut membuat Felix memecahkan rekor SEA Games di nomor 50m Gaya Dada Putra. Felix mengalahkan rekor yang dipegang oleh atlet asal Singapura, Chien Yin Lionel Kho dengan 28,15 detik pada SEA Games Filipina 2019.

Dua kali catatan waktu Chien Yin dilewati Felix di SEA Games 2023. Saat final 50 meter gaya dada, Felix menorehkan waktu 27,70 detik.

Selain itu, Felix turut memecahkan rekor rekor nasional (rekornas) yang sebelumnya juga dimilikinya. Atlet berusia 17 tahun tersebut pernah mencatatkan waktu 27,60 detik di Malaysia Open pada Maret 2023 lalu.

Sosok Felix yang tampil memukau di SEA Games 2023 membuat pecinta olahraga Indonesia terkejut. Pasalnya sebelumnya tak pernah terdengar nama Felix Viktor Iberle di kancah renang nasional. Felix juga tak pernah terlihat di pelatnas renang jelang SEA Games 2023. Tiba-tiba Felix melesat di Kamboja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal 2023

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) ternyata memang baru mengandalkan Felix Viktor sejak tahun 2023 ini. Felix Viktor merupakan perenang keturunan Jerman yang bermukim di Malaysia.

"Felix Viktor ini ayahnya berasal dari Jerman, ibunya Indonesia dari Pontianak. Dia sejak awal memang memegang paspor Indonesia dan lahir di Bali," ujar Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PRSI Wisnu Wardhana usai penyambutan atlet renang Indonesia yang pulang ke tanah air oleh NOC Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (12/5/2023).

3 dari 3 halaman

10 Dunia FINA

Penemuan bakat Felix terjadi awal tahun 2023 ini. Felix tertarik membela Indonesia dan menghubungi PRSI. Keinginan Felix langsung direspons dengan baik oleh PRSI.

"Felix menghubungi kita dan langsung ditindaklanjuti kurang dari 24 jam. Felix menghubungi sekitar awal tahun ini. Mereka yang menghubungi kami," terang Wisnu.

Setelah melihat performa Felix, PRSI pun tak ragu memasukkannya ke tim SEA Games 2023. Hasilnya pun sangat luar biasa, emas langsung dipersembahkan Felix pada debutnya di ajang dua tahunan tersebut.

"(Penilaian) Renang mudah berdasarkan catatan waktu. Catatan waktu dia sudah unggul dan cukup bagus ya kita panggil. Dihitung dari pertandingan internasional seperti Malaysia Open. Juga ranking FINA. Dia peringkat 10 dunia," kata Wisnu menceritakan proses masuknya Felix di tim renang Indonesia.

Gerak cepat PRSI mengamankan Felix sangat tepat. Kini timnas Jerman mulai melirik Felix. "Sekarang timnas Jerman mencoba mengontaknya karena ayahnya orang Jerman," imbuh Wisnu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.