Sukses

Pep Guardiola Dukung Lionel Messi Pulang ke Barcelona, Ini Alasannya

Lionel Messi juga dikaitkan dengan Manchester City usai akhiri kontrak dengan PSG. Namun Pep Guardiola malah mendukung Barcelona untuk merekrutnya.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona menjadi salah satu klub yang dikaitkan dengan Lionel Messi di musim depan. Meski Barca mendapatkan saingan dari Al Hilal, Barcelona tetap menjadi klub yang ada di hati La Pulga.

Perpisahan Messi dengan Barcelona pada 2021 lalu juga tak layak. Barca terpaksa melepas Messi karena harus mematuhi Financial Fair Play di Liga Spanyol.

Selain klub Arab Saudi Al Hilal, Manchester City juga dikaitkan dengan pulangnya Messi. Meski begitu, pelatih Manchester City, Pep Guardiola malah memberi semangat bagi Barcelona untuk rekrut Messi.

Seperti dilansir ESPN, Messi disebutnya bakal melakukan hal yang tak mungkin agar bisa kembali ke Barcelona. Ini bakal dilakukan saat kontraknya dengan PSG berakhir di akhir musim nanti.

"Saya fans Barcelona, saya punya tiket nonton di Camp Nou. Saya hanya bisa berharap suatu hari kami bisa ucapkan selamat tinggal kepada dia seperti seharusnya. Dia pemain terhebat sepanjang masa," kata Guardiola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Messi Jadi Identitas Permainan Barcelona

 

Dalam seminggu terakhir, Messi memang kencang dikaitkan dengan Al Hilal. Kabarnya, klub Arab Saudi itu siap memberi kontrak 522 juta pounds atau Rp 9,7 triliun untuk Messi untuk durasi kontrak yang tidak disebutkan.

Agen Messi, Jorge Messi sudah membantah soal kontrak dengan Al Hilal. Kubu Messi baru umumkan soal masa depan Messi pada akhir musim nanti.

Guardiola mengatakan, Messi sudah menjadi identitas permainan Barca. Tak hanya jumlah gol, Messi juga menentukan segalanya di Barcelona.

"Di 12 tahun terakhir, Barcelona alami peningkatan prestasi yang tak mungkin diraih tanpa dia. Saya tak bicara soal jumlah gol tapi bagaimana keterlibatan dia di permainan, keindahan mainnya, efisiensi dan semuanya," kata Guardiola.

 

3 dari 4 halaman

Masa Indah Guardiola

 

Messi memberi Guardiola segalanya di Barcelona. Selama melatih Barca pada 2008-2012, Guardiola berhasil merebut tiga gelar Liga Spanyol dan dua gelar juara Liga Champions.

Setelah itu, Guardiola melanjutkan karier di Bayern Munchen dan Manchester city. Guardiola meyakini Presiden Barcelona, Joan Laporta mencoba untuk perbaiki situasi.

"Saya tak pernah berpikir ini akan berakhir seperti sekarang. Saya yakin Presiden Joan Laporta mencintai Leo. Sejak pergi, Laporta selalu bilang Messi pantas mendapatkan ucapan selamat tinggal yang layak," kata Guardiola.

 

4 dari 4 halaman

Messi Belum Beri Keputusan

 

Sementara itu, ayah Lionel Messi, Jorge Messi memastikan masa depan Messi belum jelas. Soalnya, Messi akan mengambil keputusan setelah menyelesaikan musim depan PSG.

"Jelas tak ada kontrak apapun dengan klub lain untuk musim depan. Keputusan tak akan diambil sebelum Messi selesaikan musim dengan PSG," kata Jorge.

"Saat musim berakhir, itu bakal jadi momen untuk menganalisa segalanya, untuk melihat opsi lain dan ambil keputusan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.