Sukses

Erik ten Hag Diam-Diam Punya Rencana Mengejutkan untuk David de Gea

Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag diam-diam punya rencana mengejutkan untuk David de Gea. Ia konon berniat mengganti sang kiper, meski rumor yang beredar menyebut ia hendak memperpanjang kontrak De Gea di Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag diam-diam punya rencana mengejutkan untuk David de Gea. Juru taktik asal Belanda itu konon berniat mengganti sang kiper, meski rumor yang beredar menyebut ia sudah memaafkan blunder De Gea.

Seperti diketahui, eks penjaga gawang Atletico Madrid sempat membuat kesalahan memalukan saat timnya bertandang ke markas West Ham dalam laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pada Senin (8/5/2023) dini hari WIB.

De Gea gagal menyelamatkan bola yang dikirim dengan tendangan lemah dari luar kotak penalti oleh Sadi Benrahma pada menit ke-27. Akibatnya, Setan Merah batal meraup poin penuh dan harus terkunci di urutan empat klasemen sementara.

Kesalahan tersebut menjadi kali keempat David de Gea melakukan blunder yang merugikan timnya kala bertugas di bawah mistar gawang musim ini.

Setan Merah pun bisa saja mencari pengganti untuk kiper berusia 32 tahun, mengingat kontrak De Gea bakal habis pada pengujung kompetisi 2022/2023.

Namun, manajer Manchester United malah membuat pernyataan mengejutkan. Ia mengatakan dirinya ingin melihat De Gea memperpanjang masa tinggal di Old Trafford.

“Kami ingin dia bertahan, dan kami ingin dia memperpanjang kontraknya. Dia memiliki clean sheet terbanyak di Liga Premier. Kami tidak akan berada di posisi ini tanpa dia,” ujar Ten Hag selepas laga melawan West Ham, Senin (8/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tunjuk Kiper Nomor 1 Lain

Sejumlah pihak meyakini Erik ten Hag sudah memaafkan blunder yang dibuat David de Gea dalam sejumlah pertandingan. Hal itulah yang menjadi alasan sang pelatih ingin bekerja sama lagi dengan penjaga gawang asal Spanyol musim depan.

Namun, pendapat berseberangan justru disampaikan oleh Manchester Evening News yang dilansir dari Metro. Menurut mereka, Ten Hag bukannya maklum pada kelakukan De Gea.

Eks juru taktik Ajax hanya memilih diksi secara berhati-hati. Ia pun cukup cerdas dengan tidak sama sekali bahwa mengatakan dirinya ingin sang pemain tetap menjadi penjaga gawang nomor satu di Old Trafford.

Masih merujuk pada laporan yang sama, Erik ten Hag diam-diam malah disebut ingin mendatangkan kiper baru untuk bersaing dengan De Gea sebagai pilihan utama.

Sejauh ini, penjaga gawang Porto Diogo Costa masuk dalam radar Manchester United. Jordan Pickford juga berpotensi didekati Setan Merah apabila Everton terdegradasi dari kompetisi Premier League musim ini.

3 dari 4 halaman

David de Gea Jadi Sorotan

Sekadar informasi, De Gea memang langsung menjadi sorotan pasca kegagalannya di laga kontra West Ham. Performanya seolah menambah panjang daftar catatan buruk sang pemain sepanjang musim ini.

Pengamat sepak bola Peter Crouch bahkan menilai De Gea bakal kesulitan dalam proses negosiasi kontrak baru bersama MU. Pasalnya, ia membuat kesalahan fatal dalam laga besar, yang merusak harapan timnya untuk finis di zona aman Liga Champions.

“Jika dia (sedang berada) dalam (tahapan) negosiasi kontrak, membuat kesalahan seperti itu tidak akan pernah membantu,” ujar Crouch kepada BT Sport.

“Ia sudah menjadi penjaga gawang papan atas selama bertahun-tahun, tetapi saat ini, rasanya dia (telah) membuat kesalahan fatal dalam pertandingan besar,” sambung sosok yang pernah menjadi striker di Liverpool itu.

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan di Premier League

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.