Sukses

Dinilai Bek Tangguh, Manajer Arsenal Ingin William Saliba Dapat Kontrak Baru

Ada kekhawatiran bek tengah itu bisa meninggalkan Arsenal tanpa membuat satu pun penampilan untuk klub London Utara itu.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Arsenal Mikel Arteta berharap hubungan "super" klub dengan kubu William Saliba akan membantu mendorong kontrak baru untuk pemain berusia 22 tahun itu.

Saliba dibina The Gunners selama era Unai Emery hingga kemudian menandatangani kontrak senilai 27 juta pounds pada 2019, dan kabarnya akan dipinjamkan ke Saint-Etienne untuk musim mendatang.

Setelah kedatangan Arteta, Saliba dianggap belum siap untuk melangkah ke Liga Inggris. Hingga akhirnya menikmati enam bulan yang produktif di Nice setelah tampil sebentar untuk tim U-23 The Gunners.

Saliba kemudian menjalani masa pinjaman selama satu musim di Marseille diikuti. Penampilan bek tengah ini terus berkembang dan membantu Les Olympiens finis kedua dan memenangkan Pemain Muda Ligue 1 Tahun Ini.

Dengan Marseille yang berjuang mati-matian untuk menandatangani Saliba secara permanen, ada kekhawatiran bahwa bek tengah itu bisa meninggalkan Arsenal tanpa membuat satu pun penampilan untuk klub London Utara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kehilangan

Namun, kini manajemen Arteta di Saliba telah bekerja dengan sempurna, karena pemain berusia 22 tahun itu dianggap sebagai salah satu bek tengah terkemuka Liga Inggris sebelum mengalami cedera punggung pada bulan Maret.

Arsenal berisiko kehilangan Saliba dengan status bebas transfer musim panas ini, tetapi The Gunners baru-baru ini mengaktifkan opsi satu tahun dalam kontraknya hingga 2024 karena negosiasi berlanjut untuk pembaruan jangka panjang.

3 dari 5 halaman

Solusi

Dilaporkan tahun lalu bahwa rombongan bek tengah tidak puas dengan paket gaji yang ditawarkan, tetapi Arteta optimis bahwa pembicaraan pada akhirnya akan menghasilkan solusi yang positif.

"Kami ingin mempertahankan talenta terbaik kami. Terutama para pemain yang pantas mendapat pengakuan. Saya pikir dia luar biasa sejak dia kembali dari masa pinjamannya dan kami ingin menghadiahinya, itu sudah pasti. Kami akan menemukan momen yang tepat untuk lakukan itu," kata Arteta dalam konferensi pers pekan lalu.

"Jelas Edu dan dewan berada di atas setiap negosiasi mengenai kontrak baru dan sekarang kami melakukan segala yang kami bisa untuk melakukannya pada saat yang tepat pada waktu yang tepat. Komunikasi dan hubungan itu super. Ini tentang waktu, saya pikirkan. Tidak ada yang lain."

4 dari 5 halaman

Absen

Saliba telah menghasilkan tiga gol dan satu assist dalam 33 pertandingan untuk Arsenal selama musim 2022-23 dan memulai 27 pertandingan Liga Inggris berturut-turut sebelum memasuki ruang perawatan saat melawan Sporting Lisbon di Liga Europa.

Pemain internasional Prancis itu telah absen dalam delapan pertandingan terakhir The Gunners di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa dia bisa melewatkan sisa musim ini, tetapi Arteta tidak putus asa untuk kemungkinan kembali sebelum bulan habis.

Absennya Saliba bertepatan dengan hilangnya kendali Arsenal dalam perburuan gelar Liga Premier, karena mereka hanya memenangkan empat dari delapan pertandingan liga terakhir mereka sementara hanya menjaga satu clean sheet.

5 dari 5 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.