Sukses

Sepak Bola SEA Games 2023: Fathur Rahman Jadi Top Skor Sementara, Indra Sjafri Kaget Lihat Hasil Eksperimennya di Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-22 meraih tiga kemenangan beruntun dan pada babak penyisihan grup SEA Games 2023 dan memastikan lolos ke babak semifinal.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengaku terkejut dengan performa anak asuhnya Fajar Fathur Rahman. Pemain berusia 20 tahun itu sanggup mengukuhkan posisi sebagai top skor sementara cabor sepak bola SEA Games 2023 Kamboja.

Sekadar informasi, skuad Garuda Nusantara sejauh ini berada di trek yang tepat dalam pertandingan grup A. Tim Merah Putih sukses memetik tiga kemenangan beruntun atas Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Fajar Fathur Rahman menjadi salah satu sosok krusial di balik performa apik Timnas Indonesia U-22. Pesepak bola yang terafiliasi dengan klub Liga 1 Borneo FC itu tercatat telah menyumbangkan total empat gol dari tiga pertandingan bersama Timnas Indonesia U-22.

Juru taktik tim Merah Putih, Indra Sjafri, sendiri mengaku takjub dengan moncernya performa Fajar. Apalagi pesepak bola kelahiran 29 Mei 2002 itu sebelumnya merupakan hasil eksperimen sang pelatih.

“Khusus Fajar, kalau tidak salah sampai hari ini dia top skor SEA Games 2023, dan surprise, saya bereksperimen menempatkan dia dari full-back kanan saya pindahkan ke winger,” ujar Indra pasca laga melawan Timor Leste, Minggu (7/5/2023) sore WIB.

“Hasilnya cukup surprise untuk saya, dan tentu terima kasih untuk Fajar. Saya minta jangan berpuas diri dan pergunakan chance ini untuk bisa lebih berkontribusi di semifinal dan final,” sambung juru taktik berusia 60 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontribusi Rekan-Rekan Setim

Walau begitu, Indra Sjafri menegaskan bahwa keberhasilan Fajar menjadi top skor sementara tak lepas dari kontribusi rekan-rekan setimnya.

Oleh karena itu, ia menilai penting bagi skuad Garuda Nusantara secara keseluruhan untuk meningkatkan performa jelang melakoni laga pemungkas dan semifinal SEA Games 2023.

“Sepak bola itu sebelas (pemain). Jadi saya senang lihat Fajar mencetak gol, tetapi Fajar mencetak gol karena temannya,” papar Indra.

“Yyang penting untuk Timnas Indonesia adalah bagaimana meningkatkan kualitas tim dan kita masih ada satu match lagi sebelum kita menuju semifinal.”

“Kita akan mencari pemain yang pas. Ada dua atau tiga posisi yang kami masih ingin cari siapa pemeran pas di situ,” tandas sang pelatih.

3 dari 4 halaman

Rotasi di Laga Pemungkas

Sebelumnya, Indra Sjafri juga mengeklaim pihaknya bakal melakukan rotasi menyeluruh pada Timnas Indonesia U-22 jelang melakoni laga pemungkas kontra tuan rumah Kamboja pada Rabu (10/5/2023) mendatang.

Hal ini dilakukan agar para pemain skuad Garuda Nusantara mendapat waktu istirahat yang cukup sebelum tampil di partai semifinal sepak bola SEA Games 2023.

“Juara itu harus dicapai secara bertahap. Kami menyusun periodisasi dalam tiga tahapan, yakni grup kita lalui dengan sukses, selanjutnya tinggal semifinal dan final. Secara bertahap periodisasinya harus pas,” tutur Indra, dilansir dari situs resmi PSSI.

“Kalau untuk pertandingan keempat, sudah pasti kita akan main dan rombak semua tim. Kami berharap ada istirahat selama satu minggu sebelum semifinal,” sambungnya pasca kemenangan atas Timor Leste, Minggu (7/5/2023) sore WIB.

4 dari 4 halaman

Daftar Top Skor Sementara SEA Games 2023

  1. Fajar Fathur Rahman (Indonesia): 4 gol
  2. Ramadhan Sananta (Indonesia): 3 gol
  3. Chou Sinti (Kamboja): 2 gol
  4. Marselino Ferdinan (Indonesia): 2 gol
  5. Thet Hein Soe (Myanmar): 2 gol
  6. Nguyen Van Tung (Vietnam): 2 gol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.